ICLA 6 FBS UNP, bertemakan Innovation in Languages and Art

Tahun ini, Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Padang (UNP) mengadakan International Conference on Languages and Arts yang ke enam (ICLA -6) mengusung tema  “Innovation in Languages and Arts “.  Kamis – Jumat (18-19/10). Mengundang 6 orang pemakalah utama antara lain Angelika Kubanek (Technische Universitat Braunschweig, Germany), Datin Rahmah Bujang (university of Malaya, Malaysia), Emi Emilia (Univesitas Pendidikan Indonesia, Indonesia), Heldi (Universitas Negeri Padang, Indonesia), John Yandell (University College London, England), dan Jonathan Newton (Victoria University of Wellington, New Zealand).

International conference ini dibuka oleh Gubernur Sumatera Barat, Prof. Dr. Irwan Prayitno, S.Psi., M.Sc. Dalam sambutannya yang selalu berciri khas dengan pantun, Pak Irwan Prayitno mengapresiasi sekali terselenggaranya seminar internasional yang diselenggarakan oleh Fakultas Bahasa dan Seni dari tahun ke tahun.  Lebih lanjut Pak Irwan menyampaikan bahwa untuk sebuah kemajuan dan perubahan yang lebih baik, kita harus tiada henti untuk berinovasi. Terselenggaranya seminar ini merupakan wujud kepedulian untuk sebuah perubahan yang lebih baik. “Harapannya setelah konferensi ini dilaksanakan tidak hanya bermuara pada publikasi ilmiah di jurnal atau di buku saja, hasil penelitian yang diseminarkan pada konferensi ini, agar untuk dapat ditindaklanjuti dengan mengaplikasinya di kehidupan sehari-hari”, harap Gubernur Sumbar

Turut hadir juga yang Rektor UNP yang diwakili oleh Wakil Rektor I Prof. Dr. Yunia Wardi, M.Si., Wakil Rektor III Prof. Dr. Ardipal, M.Pd., Dekan selingkungan UNP, dan Direktur Pascasarjana UNP pada acara ICLA-6 ini. Wakil Rektor I UNP, Prof. Dr. Yunia Wardi, M.Si., menyampaikan terselenggaranya seminar internasional bahasa dan seni ini sesuai dengan visi dan misi UNP saat ini yaitu menuju research university. “Keluaran dari kegiatan ini, tentunya akan menambah jumlah publikasi ilmiah dari hasil penelitian yang diseminarkan, hal itu berarti, ICLA memberikan kontribusi untuk membantu tercapainya visi dan misi UNP”, jelas WR I UNP.

Lebih kurang sebanyak 200 orang peserta hadir dalam seminar ini. Sebanyak 113 makalah tampil dipresentasikan untuk pemakalah pendamping.  Ketua Panitia ICLA-6, Prof. Atmazaki menyampaikan ada sebanyak 70 makalah yang akan terindeks di Thomson Reuters, dan dipublikasikan di Atlantis Press. (Jaya Nasa Perta)