Fakultas Bahasa dan Seni

Strive for Excellence

Sejarah Ringkas Fakultas Bahasa dan Seni

Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) adalah salah satu fakultas di Universitas Negeri Padang (UNP). Dalam sejarah perkembangannya, UNP adalah hasil konversi IKIP Padang menjadi universitas, yang pada mulanya bernama Perguruan Tinggi Pendidikan Guru (PTPG). Semenjak didirikan pada tanggal 1 September 1954, UNP telah mengalami banyak perubahan. Perubahan ini dapat diklasifikasikan dalam lima periode, yaitu periode PTPG Batusangkar, FKIP Universitas Andalas Bukittinggi di Batusangkar, Periode FKIP Universitas Andalas Padang, periode IKIP Jakarta Cabang Padang, periode IKIP Padang, dan periode UNP.

1. Periode PTPG Batusangkar (1954 - 1956)
  PTPG Batusangkar mulai berdiri dengan enam jurusan, yaitu Jurusan Bahasa Indonesia, Jurusan Sejarah, Jurusan Bahasa Inggris, Jurusan Ekonomi, Jurusan Ilmu Pasti, dan Jurusan Biologi. Tetapi banyak mahasiswa angkatan pertama pindah ke PTPG Bandung dan ke PTPG Malang karena perkuliahan belum berjalan menurut semestinya. Karena itu, jurusan yang semula berjumlah enam berkurang menjadi empat jurusan yang masih ada mahasiswasnya, yakni Jurusan Bahasa Indonesia, Jurusan Sejarah, Jurusan Ekonomi, dan Jurusan Matematika.
2. Periode FKIP Uiversitas Andalas (UNAND) Bukittinggi di Batusangkar (1956 - 1958)
  Pada tahun 1956 PTPG di seluruh Indonesia diintegrasikan ke universitas setempat. Walaupun pengintegrasian itu merupakan perubahan status, bagi PTPG Batusangkar yang diintegrasikan ke dalam Universitas Andalas Bukittinggi, kebijakan itu hampir tidak mempengaruhi program-program sebelumnya.
3. Periode FKIP UNAND Padang (1958 - 1964)
  Setelah mengalami kemacetan hingga awal 1958 sebagai akibat pergolakan daerah, FKIP Unand diaktifkan kembali pada tanggal 10 Juni 1958 dan pada tanggal 1 September dalam tahun yang sama kedudukannya dipindahlan dari Batusangkar ke Padang. Sesudah tahun 1958, FKIP Unand berkembang lebih mantap. Pada tahun 1961, semua kursus B1 diseluruh Sumatra Barat diintegrasikan ke dalam FKIP, yaitu kursus-kursus B1 Bahasa Inggris dan kursus B1 Sejarah di Bukittinggi dan kursus-kursus B1 Bahasa Indonesia, Ilmu pasti, Perniagaan, dan Pendidiakan Jasmani di Padang. Perkembangan seterusnya terjadi dengan dibukanya beberapa jurusan yang baru, yaitu Jurusan Pembimbingan Pendidkan, Jurusan Ilmu Hayat, Jurusan Pendididkan Sosial, dan Jurusan Seni Rupa.
4. Periode IKIP Jakarta Cabang Padang (1964 - 1965)
  Pada tahun 1964, FKIP Unand Padang terlepas dari Universitas Andalas dan menjadi IKIP Jakarta Cabang Padang. Dengan mengorganisasikan jurusan-jurusan yang ada, muncullah empat fakultas, yaitu Fakultsa Ilmu Pendidikan (FIP), Fakultas Keguruan Ilmu Eksakta (FKIE), Fakultas Keguruan Ilmu Sosial (FKPS), dan Fakultas Keguruan Sastra Seni (FKSS).
5. Periode IKIP Padang sebagai Lembaga yang berdiri sendiri (1965 - 1999)
  Terhitung mulai tanggal 7 Agustus 1965, dengan Keputusan Mentri Pendidikan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan (PTIP) Nomor 351/1965, IKIP Padang berstatus sebagai IKIP yang berdiri sendiri. Institut ini terdiri dari lima fakultas yang mempunyai 14 jurusan, yaitu (a) FIP dengan Jurusan Ilmu Mendidik dan Jurusan Pendidikan Sosial, (b) FKPS dengan Jurusan Sejarah/Antropologi, Jurusan Ekonomi/Koperasi, dan Jurusan Civics/Hukum, (c) FKIE dengan Jurusan Ilmu Pasti, Jurusan Ilmu Hayat, Jurusan Ilmu Alam, dan Jurusan Ilmu Kimia, (d)FKSS dengan Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris, dan Jurusan Seni Rupa, dan (e) FKT dengan Jurusan Mesin, Jurusan Sipil, dan Jurusan Arsitektur. Pada bulan Mei 1966, seluruh kegiatan IKIP Padang dipindahkan ke Air Tawar.
  Dengan Keputusan Mendikbud tanggal 14 Maret 1983, ditetapkan nama-nama fakultas dalam IKIP secara nasional, yakni Fakultas Ilmu Pendidiakn (FIP), Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni (FPBS), Fakultas Pendidkan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FPMIPA), Fakultas Pendidian Ilmu Pengetahuan Sosial (FPIPS), Fakultas Pendidikan Olah Raga Kesehatan (FPOK), dan Fakultas Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (FPTK).
6. Periode Universitas Negeri Padang (UNP) (1999 - sekarang)
  Perubahan IKIP padang menjadi Universitas negeri Padang ditetapkan dengan Kepres Nomor 93 tahun 1999 tanggal 24 agustus 1999. Sebelumnya, berdasarkan Surat Keputusan Di Rektorat Jendral Pendidkan Tinggi Depdikbud Nomor 1499/D/1996 tanggal 20 juni 1996, Dirjen Dikti menyetujui pemberian tugas yang lebih luas kepada IKIP Padang untuk menyelelnggarakn program-program studi nonkependidikan, disamping tetap menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan tenaga kependidikan. Sejak tahun akademik 1997/1998, IKIP Padang telah mulai menyelenggarakan berbagai program studi nonkependidikan sebagai perluasan mandat yang diberikan pemerintah, melalui surat keputusan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Depdikbud No. 1884/D/I/1997 tanggal 1 Agustus 1997, dengan membuka program studi: 1) Bahasa dan Sastra Indonesia, 2) Bahasa dan Sastra Inggris, 3) Matematika, 4) Biologi, 5) Fisika, dan 6) Kimia untuk jenjang program S1. Dengan demikian, UNP tidak hanya menyiapkan peserta didik untuk menjadi tenaga kependidikan tetapi juga menyiapkan tenaga akademik dan profesional dibidang nonkependidikan tertentu.
  Dengan berubahnya IKIP Padang menjadi UNP maka terjadi perubahan nama-nama fakultas menjadi Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), Fakultas Ilmu Sosial (FIS), Fakultas Bahasa Sastra dan Seni (FBSS), Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Fakultas Teknik (FT) Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK), dan tahun 2005 melalui persetujuan DIKTI No. 2816/D/T/2004/tanggal 22 Juli 2004 dan Surat Keputusan Rektor No. 05/J.41/KP/2005 tanggal 2 Januari 2005. Bertambah satu fakultas lagi yaitu Fakultas Ekonomi (FE). Pada tahun 2011 Fakultas Bahasa Sastra dan Seni (FBSS) berubah nama menjadi Fakultas Bahas dan Seni (FBS).

FBS UNP

Jln. Prof. Dr. Hamka Kampus UNP Air Tawar Padang, Sumatera Barat - 25131
E-Mail : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
Homepage : http://fbs.unp.ac.id
Telp : 0751-7053363
Fax : 0751-7053363