Fakultas Bahasa dan Seni

Strive for Excellence

Kebijakan dan Sasaran Mutu

Kebijakan dan Sasaran Mutu
Implementasi ISO 9001:2008
FBS UNP 2013

 

Kebijakan Mutu
 
"Menghasilkan lulusan yang bermutu dan memberi kepuasan kepada pelanggan dan pemangku kepentingan dengan menerapkan secara konsisten persyaratan ISO 9001:2008 dan peraturan perundang-undangan yang berlaku melalui peningkatan mutu layanan secara terus-menerus".
 
1. Pelanggan yang dimaksud di sini terdiri atas Internal Customer (mahasiswa, dosen, dan pegawai), dan External Customer (sekolah, dunia usaha, dunia industri).
2. Kebijakan Mutu di atas dibangun melalui Komitmen, Keunggulan, Kebersamaan, Kerja Keras, Kerja Cerdas, Kerja Tuntas, dan Kerja Ikhlas.
  a. Komitmen
    Komitmen kami adalah selalu memberi pelayanan terbaik bagi kepuasan pelanggan (Customer Sertisfaction) dengan bekerja secara taat asas.
  b. Keunggulan
    Untuk merealisasikan kepuasan pelanggan, kami akan selalu berusaha menciptakan keunggulan dalam segala aspek dengan meningkatkan profesionalisme dan produktivitas melalui peningkatan mutu secara berkelanjutan (Sustainable Quality Improvement) dan memberdayakan seluruh sumber daya yang kami miliki.
  c. Kebersamaan
    Untuk menciptakan Keunggulan, Profesionalisme dan Produktivitas, kami akan selalu membangun kebersamaan sebagai tim kerja yang kokoh, solid, dan saling mendukung serta terbuka.
  d. Kerja Keras
    Kami menyadari bahwa untuk meraih keunggulan, kami akan selalu bekerja keras agar dapat memberi layanan terbaik kepada para pelanggan. Oleh karena itu, kami akan selalu meningkatkan profesionalisme dan peningkatan mutu secara berkelanjutan.
  e. Kerja Cerdas
    Kami menyadari bahwa kebutuhan pelanggan kami akan selalu berubah sesuai dengan perkembangan dan kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan. Oleh karenanya kami akan selalu mengikuti perkembangan dan kemajuan tersebut  dengan bekerja secara cerdas dan tanggap sesuai dengan perubahan kebutuhan pelanggan.
  f. Kerja Tuntas
    Kami menyadari bahwa untuk memberi kepuasan kepada para pelanggan, maka setiap pekerjaan dan kepercayaan yang diberikan kepada kami harus kami kerjakan secara utuh, menyeluruh dan bermutu. Oleh karenanya kami akan selalu bekerja secara tuntas dan terpadu.
  g. Kerja Ikhlas
    Kami menyadari bahwa tugas dan tanggung jawab yang diberikan kepada kami adalah amanah dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, oleh karenanya kami selalu bekerja secara ikhlas dan dalam suasana kegembiraan.
   
Sasaran Mutu
   
Untuk mendukung pelaksanaan Kebijakan Mutu di FBS UNP, Pimpinan Manajemen telah menetapkan target/sasaran mutu FBS UNP untuk tahun 2013 sebagai berikut.
1. Kepuasan Pelanggan
  a. Tingkat kepuasan mahasiswa dalam aspek proses pembelajaran, pengembangan profesionalisme, dan akademis lainnya pada setiap semester minimal 70%.
  b. Tingkat kepuasan mahasiswa dalam aspek pembinaan minat dan bakat pada setiap semester minimal 70%.
  c. Tingkat kepuasan pelanggan eksternal (DUDI) dalam aspek Kompetensi keahlian alumni, sikap, komunikasi, kerjasama, kemandirian, kreativitas, diukur setelah alumni bekerja 1 tahun pada DUDI, sebesar min 70%.
  d. Tingkat Kepuasan pelanggan eksternal (Sekolah) dalam aspek Kompetensi profesional, kompetensi pedagogik, kompetensi sosial, dan kompetensi kepribadian, sebesar minimal 70%.
2. Perkuliahan
  a. Perkuliahan dilengkapi dengan silabus, kontrak perkuliahan, SAP, dan bahan ajar (handout, panduan praktikum) setiap semester minimal 80%.
  b. Tingkat kehadiran dosen di ruang kuliah setiap semester minimal 80%.
  c. Tingkat kehadiran mahasiswa di ruang kuliah setiap semester minimal 80%.
3. Penelitian, Buku, dan Tulisan Ilmiah
  a. Dihasilkan 35 judul penelitian dan karya seni yang diselesaikan oleh Dosen FBS UNP tahun 2013.
  b. Dihasilkan 10 judul buku baru (ber-ISBN) yang ditulis oleh Dosen FBS UNP tahun 2013.
  c. Dihasilkan 20 judul tulisan ilmiah yang diterbitkan oleh Jurnal Ilmiah (ber-ISSN) atau Prosiding (ber-ISBN) tahun 2013.
  d. Dihasilkan 10 judul makalah yang disajikan dalam seminar tingkat daerah, nasional, internasional tahun 2013.
4. Pengabdian kepada Masyarakat
  Dihasilkan 15 kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang melibatkan 50 dosen tahun 2013.
5. Manajemen
  Mempertahankan sistem manajemen mutu ISO 9001:2008 pada tahun 2013.
6. Kemahasiswaan dan Alumni
  a. Indek Prestasi Komulatif (IPK) rata-rata mhs S1 3,00 dan mhs. D3 2,75.
  b. Indeks Prestasi (IP) rata-rata setiap semester minimal 2,25 untuk mahasiswa S1, dan minimal 2,00 untuk D3.
  c. Tingkat produktivitas lulusan minimal 18%.
  d. Minimal 50% mahasiswa mempunyai masa studi: S1 = 8 semester, D3 = 6 semester.
  e. Tingkat keterserapan lulusan memperoleh pekerjaan pertama kurang dari 1 tahun minimal 10%.
7. Pengembangan SDM
  a. Jumlah Dosen berkualifikasi tertinggi S2 menjadi 68% pada akhir tahun 2013
  b. Jumlah Dosen berkualifikasi S3 menjadi 24% pada akhir tahun 2013
  c. Jumlah Guru besar menjadi menjadi 12% pada akhir tahun 2013
  d. Jumlah Dosen yang memperoleh Sertifikat Pendidik 60% pada akhir tahun 2013.

FBS UNP

Jln. Prof. Dr. Hamka Kampus UNP Air Tawar Padang, Sumatera Barat - 25131
E-Mail : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
Homepage : http://fbs.unp.ac.id
Telp : 0751-7053363
Fax : 0751-7053363