Mahasiswa Bidikmisi Ikuti LKMM Tingkat Dasar FBS UNP

100 orang Mahasiswa penerima bantuan biaya pendidikan Bidikmisi tahun masuk 2017 Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Padang (UNP) mengikuti Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa (LKMM) Tingkat Dasar tahun 2017. Kegiatan pembinaan mahasiswa bidikmisi ini berlangsung selama 3 hari dari taggal 10 s.d. 12, Jumat s.d. Sabtu November 2017 yang diselenggarakan di Imelda Hotel-Waterpark-Convention Ulu Gadut Padang.

Kegiatan dibuka oleh Wakil Dekan II FBS UNP, Dr. Yahya, M.Pd. Jumat (10/11) pukul 14.30 WIB. Dalam sambutannya, Wakil Dekan II menyampaikan bahwa kegiatan LKMM merupakan bentuk kegiatan pembinaan kepada mahasiswa penerima beasiswa Bidikmisi dalam meningkatkan softskill dalam manajemen mahasiswa. Lebih lanjut Wakil Dekan II juga menyampaikan bahwa LKMM adalah bekal kepada peserta untuk mengelola sebuah organisasi, organisasi yang lebih kecil yaitu diri sendiri. “Semoga setelah dari kegiatan ini mahasiswa yang mendapatkan pelatihan keterampilan manajemen mahasiswa bisa menjadi mahasiswa yang disiplin, bertanggungjawab, dan teratur”, harap Wakil Dekan II.

Selama kegiatan peserta dimuatkan materi yang mengacu pada pengembangan skill keterampilan manajemen mahasiswa yang disampaikan oleh pemateri dari dalam dan luar UNP. Seperti materi Perumusan gagasan awal disampaikan oleh Prof. Dr. Ermanto, S.Pd., M.Hum., materi Penjabaran rencana kerja dan kepanitiaan disampaikan oleh Dendi Adi Saputra, M.T., materi Administrasi disampaikan oleh Dr. Yahya, M.Pd., materi Pengendalian motivasi disampaikan oleh Muhamad Zuhrizul, S.E., Ak., materi Pengembangan program kerja disampaikan oleh Dr. Ngusman, M.Hum.  dan materi Pengenalan Universitas dan Fakultas Bidang Pengembangan Kemahasiswaan Peran dan Fungsi Lembaga Kemahasiswaan di Perguruan Tinggi disampaikan oleh Drs. Esy Maestro, M.Sn.

Senada dengan itu penutupan kegiatan yang dilangsungkan pada hari Minggu (12/11), setalah kegiatan out bond, Wakil Dekan III juga mengutarakan harapan yang sama kepada mahasiswa yang mengikuti pelatihan ini. Drs. Esy Maestro, M.Sn., mengharapkan “kepada 100 peserta yang mendapatkan pelatihan ini akan menjadi pribadi yang teratur dan disiplin dalam mengelola dan mengatur dirinya sebagai mahasiswa di kampus. Sehingga dengan keteraturan tersebut bisa menjadi contoh bagi mahasiswa yang lain di lingkungan kampus”, harap Wakil Dekan III.

Kemudian Wakil Dekan III juga mengucapkan selamat kepada peserta yang sudah selesai mengikuti kegiatan LKMM Tingkat Dasar ini. Ucapan terima kasih juga patut disampaikan kepada pimpinan fakultas, dan juga panitia penyelenggara kegiatan ini. (Jaya Nasa Perta)