Jurusan

Selenggarakan Workshop: Pentingnya Mixed-Method Research dalam Research Zaman Now

Kampus Selatan(15/11). Kegiatan workshop program studi pendidikan (prodi) Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Padang (UNP) bagi mahasiswa S2, S3, dan para dosen kembali digelar. Kegiatan yang bertema “Workshop Mixed-Method Research” dilaksanakan di teater tertutup Mursal Esten.

Ketua Prodi Peogram Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Prof. Dr. Syahrul R., M.Pd., menyampaikan pentingnya gaya penelitian campuran pada era keilmiahan saat sekarang ini. Untuk itulah kami selalu mengadakan pelatihan dan workshop bagi mahasiswa dan dosen demi menunjang wawasan mixed method research, yang pada waktu lalu kami mengundang Prof. Sugiono.

Kegiatan dengan tujuan bedah metodologi penelitian ini dihadiri dan diikuti oleh sejumlah mahasiswa program studi Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia S1, mahasiswa S2, mahasiswa S3, dan dosen dari program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Kegiatan Workshop Mixed-Method ini diisi oleh tiga profesor dan dosen dari UTM Malaysia sebagai narasumber, yaitu Prof. Madya Dr. Abdul Rahim Bin Hamdan, Prof. Dr. Mohamed Najib Bin Abdul Ghafar, Prof. Madya Dr. Ahmad Johari Bin Sihes, dan Pensyarah dari UTM Malaysia.

Prof. Dr. Syahrul R., M.Pd., selaku ketua program studi Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia sekaligus ketua pelaksana, menjelaskan “Kegiatan workshop ini dilaksanakan dengan tujuan memudahkan para mahasiswa untuk memahami dan menambah pengetahuan tentang metode penelitian. Selain itu, bagi para dosen kegiatan ini membantu proses pembelajaran terhadap para mahasiswa, termasuk mahasiswa S1 yang saat ini sedang mengikuti mata kuliah Metodologi Penelitian.”

Prof. Syahrul melanjutkan, Workshop ini diisi oleh pemateri yang berasal dari Negeri Jiran, Malaysia. Sengaja kita menghadirkan pemateri dari negara tetangga dengan tujuan wawasan dan pengetahuan mengenai metode dalam penelitian bisa lebih banyak memiliki referensi dan pengembangannya. (Syahrul Hamdani)