Fakultas Bahasa dan Seni

Strive for Excellence

Jurusan

Bedah Buku “Manajemen Seni Rupa” Karangan Dr. Yahya, M.Pd.

Bekerjasama dengan Penerbit Prenada Kencana Grup, Universitas Negeri Padang (UNP) dalam penerbitan buku dari penulisan  buku ajar tahun 2016. Salah seorang yang terpilih dari Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Padang (UNP), yaitu Dr. Yahya, M.Pd., dosen Jurusan Seni Rupa FBS UNP dengan judul buku “Manajemen Seni Rupa”.

Setelah terbitkan, buku yang berjudul Manajemen Seni Rupa tersebut dibedah untuk penyempurnaan isi dan konten. Berkaitan dengan buku yang berbicara tentang Manajemen Seni Rupa, bedah buku mengundang 2 orang pembedah yaitu, Prof. Dr. Ardipal, M.Pd., dari Jurusan Seni, Drama, Tari, dan Musik (Sendratasik) dan Dr. Ramalis Hakim, M.Pd., dari Jurusan Seni Rupa. Bedah buku berlangsung di Ruang Sidang FBS UNP pukul 09.00 WIB. Senin, (22/5).

Dekan FBS UNP, Prof. Dr. M. Zaim, M.Hum., menyampaikan bahwa penerbitan buku ini merupakan kerjasama UNP dengan penerbit nasional. Diawali dari penulisan bahan ajar, kemudian diseleksi sehingga terpilihlah 7 orang dosen dari FBS UNP yang bahan ajar yang ditulis diterbitkan menjadi buku teks. “Program seperti ini sangat baik, sehingga banyak buku yang diterbitkan oleh dosen-dosen di perguruan tinggi, terlebih buku yang diterbitkan akan dipasarkan secara nasional”, jelas Prof. Dr. M. Zaim, M.Hum.

Dimoderatori oleh dosen Jurusan Seni Rupa, Drs. Syafwan, M.Si., bedah buku diwalai oleh penyampaian dari pembedah yang pertama yaitu Prof. Dr. Ardipal, M.Pd. Dalam temuan bedahannya Prof. Ardipal menyampaikan bahwa buku yang dikarang oleh Dr. Yahya, M.Pd., sudah baik untuk dijadikan referensi atau pegangan mahasiswa atau umum dalam pembelajaran manajemen seni rupa. “Untuk mengejar pasar dan keterpakaian yang lebih komunikatif, sebagai masukan perlu dikaitkan dengan hal-hal yang lebih dekat dengan pembaca, seperti mengaitkan manajemen dengan pertunjukan seni, sanggar seni, dan pendidika, termasuk anggaran pembiayaan dari manjemen tersebut”, ungkap Prof. Dr. Ardipal, M.Pd.Ditambahkan bedahan oleh pembedah kedua terkait Buku Manajemen Seni Rupa oleh Dr. Ramalis Hakim, M.Pd., yang mengatakan bahwa buku yang ditulis oleh Dr. Yahya, M.Pd., ini sudah baik. Ditulis dengan struktur yang sistematis dan jelas. Sehingga pembaca mudah memahami konsep dan prinsip yang dipaparkan oleh penulis. “Untuk lebih baiknya, masukan saya yaitu terkait judul buku ini terasa ada yang kurang. Judul buku ini akan lebih jelas apabila ditambahkan kata “Kegiatan”, sehingga judulnya menjadi “Manajemen Kegiatan Seni Rupa”, tutup Dr. Ramalis Hakim, M.Pd. (Jaya Nasa Perta)