Jurusan

Filter
  • FBS Lepaskan 31% Wisudwan/I Lulus dengan Predikat Comloude

    Dari Upacara penyerahan ijazah Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) periode ke-104 ini melepaskan 425 wisudwan/i. Dari 425 wisudwan/I, 131 orang diantaranya lulus dengan predikat coumlode,artinya jika dipersetasekan sekitar 315. Pemuncak wisudwan dengan Indeks Prestasi Komulatif (IPK) tertinggi diraih oleh Ahmadi Hasan, S.Pd., lulusan jurusan Bahasa dan Sastra Indoensia dengan IPK 3,86.

  • Pembekalan Kewirausahaan: Siap Sukses Terjun Ke Dunia Kerja

    Pembekalan Kewirausahaan Fakultas Bahasa dan Seni (FBS)  Universitas Negeri Padang (UNP) merupakan kegiatan rutinitas yang diadakan sebelum calon wisudawan/i melaksanakan upacara penyerahan ijazah. Kegiatan ini yang diikuti oleh 425 calon wisudawan/i FBS UNP dilaksanakan di Ruang Teater Tertutup FBS UNP, Kamis (10/9).

  • Pelatihan Kedisiplinan Krida Maba FBS

    Dari Melatih disiplin mahasiswa baru (maba) 2015 Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) UNP dengan pelatihan baris berbaris yang dipandu langsung  oleh Resimen Mahasiswa (menwa) UNP, itulah yang dilakukan oleh pihak fakultas. Pelatihan baris-berbaris ini dilaksanakan di lapangan parkir dan Medan nan Balinduang FBS, Minggu (6/9). Pelatihan baris-berbaris untuk maba ini merupakan bentuk usaha yang dilakukan fakultas dalam mewujudkan terbentuknya sikap dan kepribadian Hal ini sesuai dengan sasaran dalam kegiatan krida yaitu suatu kegiatan ekstrakurikuler untuk melengkapi kegiatan kurikuler guna membentuk sikap dan kepribadian mahasiswa dengan melaksanakan program penalaran ilmiah, bakat, minat dan kemampuan, kesejahteraan mahasiswa, kepedulian sosial, serta organisasi kemahasiswaan. Dimulai pukul 07.15 wib, kegiatan yang merupakan pembinaan kedispilinan ini akan dilaksanakan setiap pagi pertemuan krida di FBS.

  • Kuliah Umum Penelitian Pembelajaran Bahasa

    Mengawali tahun ajaran baru semester Juli-Agustus 2015, dalam rangka persiapan menjadi fakultas terkemuka se-Asia Tenggara 2020, Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) UNP kembali menggelar kuliah umumuntuk mahasiswa. Kuliah umum kali ini mengusung tema “Kiat Memilih Topik dan Melaksanakan Penelitian dalam Pembelajaran Bahasa”. Kuliah umum ini merupakan bentuk orientasi mahasiswa baru program magister FBS UNP, baik program studi pendidikan bahasa Indonesia ataupun program studi pendidikan bahasa Inggris.

  • Penyerahan Ijazah Peride ke-101: FBS Lepas 515 Wisudawan

    Acara penyerahan ijazah wisudawan dan wisudawati periode 101 berjalan dengan lancar. Acara dilangsungkan di Medan nanBalinduang FBS UNP, Sabtu 27 September 2014. Acara dihadiri oleh Dekan, Pembantu Dekan, Ketua Jurusan, Sekretaris Jurusan, Ketua Prodi, Ketua Iluni, dan staf lainnya selingkungan FBS UNP. Acara dibuka dengan pembacaan ayat suci Alquran oleh Meri Ramadhani.

  • Pelatihan Kewirausahaan FBS UNP

    Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Padang  (UNP ) menyelenggarakan pelatihan kewirausahaan, Jum’at  (26/9). Acara bertempatkan di ruang Teater Tertutup FBS UNP dan dihadiri 515 calon wisudawan FBS UNP. Acara ini merupakan agenda rutin yang digelar sejak tahun 2012 dengan mengundang pemateri yang merupakan alumni FBS UNP. Acara ini bertujuan untuk memfasilitasi dan memberikan wawasan serta pengetahuan perihal pengelolaan dan pengembangan maupun pengembangan kemampuan kewirausahaan bagi calon wisudawan-wisudawati yang telah melepas masa studinya di FBS UNP.

  • FBS UNP Gelar PKM II

    Untuk kedua kalinya, Fakultas Bahasa dan Seni  (FBS) Universitas Negeri Padang (UNP) menggelar acara sosialisasi Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), Rabu (24/9).  Acara ini bertempatkan di ruang Teater Tertutup FBS UNP dan menghadirkan 8 anggota PPIPM (Pusat Pengembangan Ilmiah dan Penelitian Mahasiswa) UNP.

  • Dies Natalis UNP ke 60: FBS Juara II Bulutangkis

    Pertandingan Bulutangkis beregu putra antar-fakultas/lembaga se-lingkungan Universitas Negeri Padang kembali digelar dalam rangkaian kegiatan Dies Natalis UNP ke-60. Sebanyak sembilan tim fakultas/lembaga turut ambil bagian dalam pertandingan yang dilaksanakan di GOR PPSP UNP itu. Kesembilan tim itu adalah FBS, FIP, FIS, FE, FMIPA, KPTU dan FIK yang menurunkan tiga tim.

  • Mahasiswa FBS UNP Tampil di Ajang PEKSIMINAS XII Palangka Raya

    Pekan Seni Mahasiswa Indonesia Nasional (PEKSIMINAS) XII kembali digelar di Palangka Raya Provinsi Kalimantan Tengah. Ajang yang diselenggarakan sekali dua tahun ini diikuti oleh seluruh provinsi di Indonesia, termasuk Provinsi Sumatera Barat (Sumbar). Pelaksanaan acara tersebut berlangsung dari tanggal 13-19 September yang lalu. Adapun tangkai seni yang dilombakan pada PEKSIMINAS XII tahun 2014 ini adalah Seni Tari, Vokal Grup, Nyanyi Pop, Keroncong, Seriosa, Dangdut, Baca Puisi, Monolog, Seni Lukis, Desain Poster, Fotografi, Penulisan Cerpen, Penulisan Lakon, Penulisan Puisi, dan Momik Strip.

  • Minggu ke-4 dan 5 Krida: Persiapan Penampilan Akhir

    Memasuki minggu ke-4 dan 5 kegiatan krida FBS dilanjutkan dengan kegiatan persiapan penampilan akhir masing-masing bidang krida. Kegiatan krida minggu ke-4 dilaksanakan hanya satu kali saja yaitu pertemuan ke-6 pada hari Sabtu, (13/9). Selanjutnya,  pada minggu ke-5 kegiatan krida kembali dilaksanakan dua kali yaitu pertemuan ke-7 dan 8 pada hari Sabtu dan Minggu, (20-21/9). Setelah kegiatan krida pada minggu ke-5, semua peserta krida diinstruksikan untuk melakukan latihan secara mandiri dengan waktu yang tidak dijadwalkan. Latihan tersebut  langsung dibimbing oleh koordinator dan panitia krida di bidangnya masing-masing.

  • FBS UNP Gelar Sosialisasi Kegiatan PKM

    Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Padang (UNP) menggelar sosialisasi kegiatan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) lima bidang, di antaranya PKMK-P, PKM-T, PKM-KC, PKM-K, PKM-M. Acara dihelat pada Sabtu, (13/9) di teater tertutup. Acara diikuti oleh 156 mahasiswa selingkungan FBS UNP. Kegiatan ini merupakan langkah FBS UNP dalam memberikan pencerahan bagi mahasiswa yang akan mengajukan proposal PKM ke Ditjen Pendidikan Tinggi (Dikti).

  • Pengumuman Bagi Wisudawan/wati Periode ke-101

    PENGUMUMAN

    Diberitahukan kepada calon Wisudawan/ti Periode ke-101 (27 September 2014) Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang untuk hadir pada:

  • PD III FBS UNP Kumpulkan Mahasiswa Peraih Bidikmisi

    Bertempatkan di teater tertutup FBS UNP, Pembantu Dekan III (PD III) Drs. Esy Maestro, M.Sn. mengumpulkan mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi selingkungan FBS UNP, Sabtu (6/9). Dalam acara tersebut, Esy Mestro mengajak mahasiswa peraih beasiswa bidikmisi kembali menjalankan kewajiban sebagaimana yang tertera dalam surat pernyataan. “Peraih beasiswa bidikmisi berhak menerima bantuan biaya pendidikan oleh pemerintah, tapi jangan lupa bahwa peraih beasiswa bidikmisi juga memiliki kewajiban yang harus dijalankan. Ini yang seringkali diabaikan,” ungkap Essy Maestro.

  • Minggu ke-3 Krida: Praktik dan Bedah Karya

    Minggu ke-3, Sabtu (9/6) pelaksanaan krida FBS dimulai dengan melaksanakan senam pagi bersama di Medan Nan balindung yang dipandu oleh Nitha salah seorang panitia krida. Kemudian, pukul 08.15 WIB semua peserta krida FBS berjalan menuju lapangan sepak bola di depan rektorat untuk melaksanakan upacara memperingati ulang tahun Universitas Negeri Padang dengan tema, “Dengan Semangat Dies Natalis UNP ke-60, Kita Bangun Kampus Religius dan Berkarakter Menuju Universitas Unggulan pada Tahun 2020”. Pertemuan ke-5 krida pada hari Sabtu memang dikhususkan untuk mengikuti acara tersebut dan berlaku untuk semua fakultas.

  • Minggu ke-2 Krida: Menggali Bakat Maba

    Setelah dilakukan pembukaan krida Fakultas Bahasa dan Seni tanggal 23 September yang lalu oleh dekan Prof. Dr. M. Zaim, M.Hum., sekarang pelaksanaan krida telah memasuki minggu ke-2 yaitu pertemuan ke-2 & 3. Pertemuan minggu lalu acaranya yaitu pembukaan dan pendaftaran krida saja. Sedangkan, dalam minggu ini kegiatan krida adalah kegiatan pertama dimana semua maba melakukan aktivitas di bidangnya masing-masing. Oleh karena itu, pertemuan ke-2 & 3 ini lebih difokuskan untuk menggali bakat mahasiswa baru di bidang kridanya masing-masing.

  • Semirata BKS PTN: Dekan FBS UNP Menjadi Ketua

    Seminar dan Rapat Tahunan Badan Kerja Sama Perguruan Tinggi Negeri (Semirata BKS PTN) wilayah barat tahun ini dilaksanakan di Universitas Tanjung Pura, Pontianak pada tanggal 10-11 September 2013. Dekan Fakultas Bahasa dan Seni UNP, Prof. Dr. M. Zaim, M.Hum., Pembantu Dekan I, Prof. Dr. Ermanto, S.Pd, M.Hum., dan Pembantu Dekan III FBS, Drs. Esy Maestro, M.Sn., serta ketua jurusan, seketaris jurusan, ketua prodi selingkungan FBS UNP menghadiri acara tersebut. Sebagai ketua rombongan FBS UNP, M. Zaim menyampaikan BKS PTN wilayah barat ini merupakan suatu badan yang anggotanya meliputi semua Fakultas Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya setiap universitas di Indonesia. Bentuk kerja sama antar Fakultas Bahasa, Sastra Seni dan Budaya ini khususnya di bidang akademik.

  • Wisuda FBS Periode ke-98

    wisuda98Pelaksanaan wisuda di Fakultas Bahasa dan Seni UNP periode ke-98 berlangsung hikmat di Medan Nan Balindung FBS UNP, Sabtu (21/9). Lantunan ayat suci Al-quran dengan suara merdu qoriah, menyejukan hati siapa saja yang mendengarnya. Kemudian, nyanyian lagu kebangsaan Indonesia Raya membangkitkan semangat nasionalisme, mengukuh kecintaan kepada Tanah Air Indonesia. Senyum renyai terpancar dari wajah wisudawan, orang tua dan sanak keluarga yang ikut serta menghadiri momen bahagia itu. Tak luput rasa bangga dari dosen dan segenap keluarga besar FBS UNP kepada wisudawan yang kini telah menyelesaikan studinya di FBS UNP. Wisuda FBS periode ke-98 ini meluluskan 427 wisudawan diantaranya 204 dari Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah, 103 dari Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris, 49 dari jurusan Seni Rupa, dan 71 Jurusan Seni Drama Tari dan Musik.

  • Pelatihan Kewirausahaan FBS UNP

    kew98Pelatihan kewirausahaan bagi wisudawan periode ke-98 Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang kembali dilaksanakan di Medan Nan Balindung FBS. Pelatihan kewirausahaan ini menghadirkan Yul Darmadi S.Pd., alumni Jurusan Seni Rupa UNP angkatan 1988. Darmadi menjadi salah satu alumni UNP yang kini telah meraih kesuksesannya melalui wirausaha. Keberadaannya mampu menginspirasi banyak orang, khususnya peserta yang mengikuti pelatihan tersebut. Hal ini diakui Jefry Aditiya, salah seorang wisudawan FBS UNP Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia. Ia mengku kagum dengan keberhasilan yang diraih oleh sang inspirator tersebut. "Keberadaannya mampu memotivasi dan menginspirasi," ungkap Jefry, Jumat, (20/9).

  • Wisuda FBS - UNP Periode 98

    Pelaksanaan wisuda periode 98 dilaksanakan pada Sabtu, 21 September 2013. sebanyak 426 orang wisudawan/ti diwisuda pada saat tersebut.

    Rincian jumlah wisudawan berdasarkan program studi sebagaimana tabel berikut.

  • Beasiswa Bank Indonesia Tahun 2013

    Diberitahukan kepada mahasiswa penerima beasiswa Bank Indonesia tahun 2013 berikut ini:

  • Beasiswa Bank BCA Finance 2013

    Bagi mahasiswa Universitas Negeri Padang yang ingin mendapatkan beasiswa BCA Finance 2013, agar mengikuti ketentuan, prosedur, dan melengkapi persyaratan sebagai berikut:

  • Wisuda FBS UNP Periode 95 Tanggal 29 September 2012

    Pelaksanaan wisuda periode 95 dilaksanakan pada Sabtu, 29 September 2012. sebanyak 395 orang diwisudawan/wisudawati diwisuda pada saat tersebut.

    Rincian jumlah wisudawan berdasarkan program studi sebagaimana tabel berikut.