Jurusan

Filter
  • Sendratasik FBS UNP Selenggarakan Seminar Jurusan

    Menyandang mandat pengembangan ilmu pendidikan seni, drama, tari dan musik menyongsong Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) tahun 2016 Jurusan Seni, Drama, Tari, dan Musik (Sendrtasik) Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Padang (UNP) menggelar Seminar Jurusan Sendratasik. Seminar jurusan kali ini mengusung tema Penguatan Pengetahuan dan Keterampilan Tenaga Pendidik dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Jumat (25/11).

  • Tahun 2016, Bertambah 3 Orang Guru Besar di FBS UNP

    Tahun 2016 menjadi tahun yang berkah bagi Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Padang (UNP), sebanyak 3 orang guru besar dikukuhkan di tahun ini. Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) ditetapkan menyandang gelar profesor terhitung tahun 2016 ini. Tiga orang dosen tersebut yaitu Dr. Ardipal, M.Pd., Dr. Yasnur Asri, M.Pd., dan Dra. Yenni Rozimela, M.Pd. Dengan bertambahnya 3 orang guru besar di FBS UNP, di tahun 2016 guru besar di FBS UNP berjumlah 14 orang.

  • Telah Berpulang ke Rahmatullah Drs. Ismanadi Uska, M.Pd. dan Prof. Drs. Mohd. Ansyar, Ph.D.

    Innalilahi Wainnailaihirajiun, berita duka menyelimuti civitas akademika Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Padang (UNP) di bulan Oktober. Hari Senin tanggal 7 November telah meninggal dunia, salah seorang staf pengajar Jurusan Seni Rupa yaitu Bapak Drs. Ismanadi Uska, M.Pd., di Rumah Sakit Yos Sudarso pukul 14.00 WIB. Meninggalnya Bapak Ismanadi Uska, dosen Jurusan Seni Rupa diusianya ke-63 tahun. Dalam riwayat pendidikannya, Bapak Ismanadi Uska sudah mengabdi sebagai Guru PPSP IKIP Padang dari Maret 1980 sampai 4 Juni 1992, dan mengabdi sebagai dosen Jurusan Seni Rupa dari 5 Juni 1992 sampai tutup usia di tahun 2016.

  • FBS UNP Selenggarakan Seminar Mahasiswa

    Meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam menyongsong World Class University dan Masayarakat Ekonomi ASEAN, Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Padang (UNP) menyelenggarakan Seminar Mahasiswa tahun 2016. Seminar yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa menjadi pemakalah ini merupakan salah satu tujuan terlaksanannya acara ini. Hal ini sejalan dengan pernyataan Wakil Dekan III, Drs. Esy Maestero, M.Sn., dalam sambutannya menyampaikan bahwa pada dasarnya seminar mahasiswa yang dilaksanakan ini merupakan bentuk apresiasi dari pihak pimpinan fakultas kepada mahasiswa untuk memberikan kesempatan bagi mahasiswa yang ingin tampil mempresentasikan pemikiran atau idenya dalam sebuah diskusi ilmiah bersama mahasiswa lainnya.

  • Wirid Bulanan FBS UNP Bersama Ustad Sofyan Hadi

    Sepertisetiap bulannya, di awal minggu setiap bulan Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Padang (UNP) selalu mengadakan wirid bulanan dengan mendatangkan penceramah agama. Bulan November, wirid bulanan diisi oleh Ustad. Sofyan Hadi. Wirid bulanan berlansgung di Mushalla Amanah FBS UNP, dengan diikuti oleh seluruh civitas akademika baik tenaga pendidikan, tenaga kependidikan, dan mahasiswa. Jumat (18/11)

  • Pengumuman Bagi Mahasiswa Bidikmisi

    PENGUMUMAN

    Diberitahukan kepada Mahasiswa Penerima Beasiswa Bidikmisi yang telah menyelesaikan masa studinya empat tahun atau kurang untuk jenjang program sarjana (S1) dan menyelesaikan masa studinya tiga tahun atau kurang untuk jenjang program diploma (D3), agar mengajukan berkas bantuan dana wisuda ke Subbag. Akademik dan Kemahasiswaan FBS UNP.

  • Observasi Lapangan, Kegiatan Penutupan Kegiatan Training Motivasi

    Setelah berakhir materi yang disampaikan oleh Dekan Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Padang (UNP), Prof. Dr. M. Zaim, M.Hum., secara resmi sekitar pukul 21.30 WIB Dekan menutup kegiatan Training Motivasi Mahasiswa FBS UNP tahun 2016. Penutupan berlangsung di Aula Kampus IV Universitas Negeri Padang Cabang Bukittinggi. Sabtu (12/11).

  • FBS UNP Selenggarakan Kegiatan Training Motivasi

    Setelah menyelenggarakan kegiatan Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa (LKMM) bulan lalu, bulan November Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Padang (UNP) menyelengarakan kegiatan Training Motivasi. Kegiatan training motivasi diselenggarakan selama 3 hari mulai tanggal 11 - 13 November 2016 di Aula Kampus IV Universitas Negeri Padang Cabang Bukittinggi. Terdaftar sebanyak 100 orang peserta kegiatan training motivasi yang merupakan mahasiswa tahun masuk 2016 dan 2015. Jumat (11/11).

  • Jurusan Seni Rupa Selenggarakan Pameran Tunggal Achyar Sikumbang

    Mengapresiasi dosen yang sekaligus sebagai praktisi seni khususnya seni rupa, Jurusan Seni Rupa Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Padang (UNP) menyelenggarakan Pameran Tunggal Ackyar Sikumbang. Pameran Tunggal Achyar Sikumbang dihadiri oleh Kepala Taman Budaya Sumbar, Dekan FBS UNP, Wakil Dekan II dan III FBS UNP, Ketua PWI Sumbar, Ketua Jurusan, Dosen, Guru, Seniman, Budayawan, dan Sahabat-sahabat seperjuangan Achyar Sikumbang. Acara pembukaan yang bertempatkan di Lobi Gedung FBS UNP, dan pameran berlangsung di Ruang Galeri Adrin Kahar FBS UNP dimulai pukul 10.00 WIB, Senin (7/11).

  • Pembukaan LKMM Tingkat Dasar FBS Tahun 2015

    Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) UNP kembali mengadakan kegiatan Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa  (KMM) Tingkat dasar tahun 2015. Kegiatan ini diikuti oleh 130 orang peserta yang terdiri dari perwakilan jurusan masing-masing dan perwakilan organisasi mahasiswa (Ormawa) selingkungan FBS, BPMF, BEMF, HMJ Bahasa dan Sastra Indonesia, HMJ Bahasa dan Sastra Inggris, HMJ Sendratasik, dan HMJ Seni Rupa. Kegiatan dilaksanakan di Kampus INS Kayutanam selama 3 hari dimulai dari Jumat-Minggu, 20-22 November 2015.

  • Menuju Kesejahteraan Kualifikasi Outcome Pendidik yang Profesional; Jurusan Sendratasik Gelar Seminar Nasional

    Sebagai bentuk kesadaran dan kepedulian pada pendidikan khususnya di bidang ilmu seni drama, tari, dan musik, Jurusan seni drama, tari, dan musik (Sendratasik) Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) UNP menggelar Seminar Nasional. Seminar nasional yang bertemakan “Pemberdayaan peran pendidikan seni dan budaya menuju kesejahteraan kualifikasi outcome pendidik yang profesional” ini laksanakan di Ruang Teater Tertutup FBS UNP, Sabtu (14/11).  Acara yang penyebutannya disingkat dengan Seminas Send 15 ini diikuti oleh 250 orang peserta yang terdiri dari mahasiswa S1, mahasiswa S2, guru, dan pegiat seni se Sumatera Barat.

  • Training Motivasi bagi Bidik Misi

    Penambahan kata 'maha' didepan kata 'siswa' merupakan suatu kebanggaan sekaligus tanggung jawab yang diperoleh putra-putri terpilih bangsa ini. Oleh sebab FBS UNP mengadakan Training motivasi kepada mahasiswa Bidik misi tahun 2015. Kegiatan ini berlangsung selama 3 hari di Gedung KPKN, Bukittinggi.

  • Penutupan Krida 2015: Kreatif dan Meriah

    Penutupan krida mahasiswa baru 2015 FBS UNP berlangsung meriah setelah dilaksanalkan selama 8 kali pertemuan. Acara penutupan dimulai dengan tari pasambahan perwakilan dari Krida Tari, di Medan nan Balinduang, Minggu (25/10).

  • BEM FBS UNP, Tularkan Keterampilan Bahasa Jurnalistik

    Setelah dilantik tanggal 21 September lalu, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Padang (UNP) menggelar acara seminar yang bertemakan Seminar Bahasa Jurnalistik (Sebaju). Acara yang diikuti oleh 250 orang ini diikuti oleh mahasiswa UNP dan mahasiswa di luar UNP seperti mahasiswa UPI Padang dan STKIP PGRI. Minggu (1/11).

  • Jadwal Pelayanan Administrasi Akademik Semester Januari - Juni 2015

    Sehubungan dengan akan berakhirnya kegiatan administrasi dan perkuliahan untuk semester Juli - Desember 2014 dan akan memasuki semester Januari - Juni 2015, maka untuk mengakomodir dan demi kelancaran pelayanan administrasi danakademik. Maka, kami menerbitkan jadwal pelayanan untuk semester Januari - Juni 2015.

    Selengkapnya...

  • Peringati Hari Pahlawan Jurusan Sendratasik Gelar Pertunjukan Perkusi Tingkat Nasional

    Jurusan Seni Drama Tari dan Musik (Sendratasik) Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Padang (UNP) menggelar pertunjukan alat musik perkusi dengan tema “Cross Culture Percussion West Sumatera”, pada Senin malam 10 November 2014. Pertunjukan tersebut digelar dalam rangka memperingati Hari Pahlawan. Acara pertunjukan itu dibuka oleh Pembantu Rektor IV Dr. Ardipal, M.Pd. dan dihadiri oleh Prof. Dr. M. Zaim, M.Hum. (Dekan), Prof. Dr. Ermanto, S.Pd., M.Hum. (Pembantu Dekan I), Drs. Esy Mayestro, M.Sn. (Pembantu Dekan III), dan beberapa dosen selingkungan FBS serta beberapa dosen pembimbing dari Universitas Negeri Medan (UNIMED) dan Universitas Sumatera Utara (USU).

  • Pameran Drawing Room HMJ Seni Rupa

    Himpunan Mahasiswa Jurusan Seni Rupa (HMJ Seni Rupa) Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) menggelar acara pameran bertajuk Drawing Roomyang dihelat di Medan Nan Balinduang3-5 November 2014 yang lalu. Acara tersebut dibuka secara langsung oleh Ketua Jurusan Seni Rupa yaitu Dr. Yahya, M.Pd. dan dihadiri oleh beberapa dosen Jurusan Seni Rupa.

  • Daftar Penelitian Dosen Fakultas Bahasa dan Seni UNP 2013/2014

    DAFTAR PENELITIAN DOSEN
    FAKULTAS BAHASA DAN SENI UNP
    2013/2014

     

    No. Judul Penelitian Peneliti
    1 Kajian Tindak Tutur Etnis Minangkabau dan Tionghoa (Cina) di Kota Padang: Upaya Penciptaan Saling Paham untuk Pencegahan Konflik dan Disintegrasi Bangsa Prof. Dr. Ermanto, S.Pd., M.Hum.
    Dra. Emidar, M.Pd.
    2 Sistem Afiksasi pada Adjektiva, Numeralia, dan Kata Tugas Bahasa Indonesia Berdasarkan Teori Morfologi Derivasi dan Infleksi Prof. Dr. Ermanto, S.Pd., M.Hum.
    3 Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Teks Sastra Anak pada Cerita Anak Terbitan Harian Kompas Prof. Dr. Hasanuddin WS., M.Hum.
    4 Penerapan Kurikulum Berbasis Kompetensi pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris dan Keterkaitannya dengan Ujian Nasional di SMA Kabupaten Solok Sumatera Barat Prof. Dr. Hermawati Syarif, M.Hum.
    Dr. Desmawati Radjab, M.Pd.
    5 Latar Kebahasaan dan Pola Interferensi Grammatikal Bahasa Ibu dalam Bahasa Inggris Mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris Prof. Dr. Hermawati Syarif, M.Hum.
    Delvi Wahyuni, S.S., M.A.
    6 Keakusatifan dan Keergatifan Bahasa Minangkabau: Telaah Tipologi Linguistik dan Budaya Berbahasa Prof. Dr. Jufrizal, M.Hum.
    Drs. Jufri, M.Pd.
    Dr. Zul Amri, M.Ed.
    7 Bahasa dan Budaya Minangkabau: dari Tipologi Gramatikal ke Budaya Berbahasa Penuturnya Prof. Dr. Jufrizal, M.Hum.
    Prof. Dr. M. Zaim, M.Hum.
    Havid Ardi, S.Pd., M.Hum.
    8 Reflective Teaching Through Self-Reflection and Peer Comments to Improve The Teaching Skills of The Study Program The Universitas Negeri Padang Dra. Yenni Rozimela, M.Ed., Ph.D.
    Dra. Aryuliva Adnan, M.Pd.
    Drs. Zainudin Amir, M.Pd.
    9 Model Pembelajaran Mata Kuliah Functional Grammar Berbasis Genre: Penelitian dan Pengembangan di Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Inggris Universitas Negeri Padang Dr. Refnaldi, S.Pd., M.Litt.
    10 Pengembangan Model Pembelajaran Semantics and Pragmatics Berbasis Multimedia: Penelitian dan Pengembangan di Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Inggris Universitas Negeri Padang Prof. Dr. Mukhaiyar, M.Pd.
    Dr. Refnaldi, S.Pd., M.Litt.
    Muhammad Al-Hafizh, S.S., M.A.
    11 Pergeseran Sistem Pembentukan Kata Bahasa Indonesia: Kajian Morfologi dan Sosiolinguistik Prof. Dr. M. Zaim, M.Hum.
    Rusdi Noor Rosa, S.S., M.Hum.
  • Pelatihan Kewirausahaan: Sukses di Usia Muda

    Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Padang (UNP) sukses menyelenggarakan Pelatihan Kewirausahaan bagi Mahasiswa, Sabtu (1/11). Acara yang dilaksanakan di teater tertutup FBS UNP diikuti oleh 180 mahasiswa FBS UNP. Kegiatan dibuka oleh Pembantu Dekan II FBS UNP, Dr. Ramalis Hakim, M.Pd. Dalam sambutannya, Ramalis Hakim menyatakan pelatihan kewirausahaan ini bertujuan untuk membentuk jiwa-jiwa wirausaha bagi generasi muda yang berpendidikan. “Pimpinan FBS mengajak mahasiswa untuk menjadi wirausaha, dan mampu menciptakan lapangan pekerjaan untuk mensejahterakan diri sendiri, lingkungan nya serta bagi bangsa Indonesia pada umumnya serta menciptakan pengusaha yang berwawasan global dalam era perdagangan bebas.”

  • Bedah Novel Penari Kampus Karya Nang

    Bedah Novel kedua berjudul Penari Kampus karya Dra. Syahlinar Udin Syamsyudin alias Nang setelah 'Mengurai Rindu' diangkatkan oleh jurusan Seni Drama Tari dan Musik (Sendratasik) bertempat di Teater Tertutup Fakultas Bahasa dan Seni (FBS), Universitas Negeri Padang Rabu (27/11). Acara ini dibuka secara resmi oleh Pembantu Dekan I FBS, Prof. Dr. Ermanto, S.Pd. M. Hum., dan dihadiri sivitas akademika selingkungan FBS khusunya jurusan Sendratasik. Bedah buku ini bertujuan untuk memperkenalkan karya tulis salah satu pensiunan dosen Sendratasik. Novel Penari Kampus menggambarkan tentang pandangan masyarakat terhadap sosok mahasiswa dengan jurusan tari di kampus.