Jurusan

Filter
  • Jurusan Basindoda Gelar Festival Sastra Mursal Esten

    Mewadahi dan mengapresiasi dan mengekspresi seni bahasa dan sastra mahasiswa sekaligus peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-88 yang bertepatan jatuh pada hari ini, Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah (Basindoda), jurusan Basindoda menggelar acara festival sastra. Acara ini dinamai Festival Sastra Mursal Esten. Festival Sastra Mursal Esten ini diikuti oleh sekitar 120 orang mahasiswa yang meliputi mahasiswa UNP, yang mengikuti 8 cabang perlombaan. Dekan Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Univeritas Negeri Padang (UNP), Prof. Dr. M. Zaim, M.Hum., membuka secara resmi Festival Sastra Mursal Esten tahun 2016 pukul 09.00 WIB di Ruang Teater Tertutup Mursal Esten FBS UNP, Jumat (28./10).

  • Pusat kajian Humaniora FBS UNP Gelar Diskusi Sastra

    Setelah menyelenggarakan Pemberian Anugerah Sastra A.A. Navis beberapa bulan lalu, Pusat Kajian Humaniora Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Padang (UNP) menggelar diskusi sastra dan bincang buku. Diskusi sastra dan bincang buku kali ini mengulas karya Iyut Fitra pada buku kumpulan Puisinya yang berjudul Jalan ke Baromban. Tampil sebagai pembedah yaitu Prof. Dr. Hasanuddin WS., M.Hum., dan Dr. Ivan Adilla, M.Hum., dengan moderator Drs. Hermawan, M.Hum. Tampak hadir Dekan FBS UNP, Prof. Dr. M. Zaim, M.Hum., Wakil Dekan I dan III FBS, Ketua Pusat Kajian Humaniora, Ketua Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah, Dosen, Sastrawan, Budayawan, dan mahasiswa memenuhi Ruang Teater tertutup Mursal Esten FBS UNP, Selasa (25/10).

  • Gubernur Sumbar Membuka Acara ISLA-5 FBS UNP

    Setalah sukses mengusung tema "Promoting Local Wisdom and Enhancing Better Learning on Language, Art, and Culture" pada pelaksanaan ISLA- 4 tahun kemarin, kembali Fakultas Bahasa dan Seni mengusung tema "Positioning Technology and Theories in Studies and Pedagogical Application of Language, Art, and Culture" pada ISLA-5 tahun 2016 ini. Kegiatan ISLA-5 ini juga merupakan serangkaian kegiatan Dies Natalis UNP ke-62. "Pelaksanaan bulan Oktober kegiatan seminar ini dilatarbelakangi oleh perayaan bulan bahasa, terdapatnya hari peringatan sumpah pemuda", jelas Indrayuda, M.Pd., Ph.D., selaku ketua pelaksana ISLA-5.

  • Penutupan LKMM Tingkat Dasar FBS UNP tahun 2016

    Setelah mengikuti kegiatan outbond dari pagi sampai siang, peserta Laltihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa (LKMM) Tingkat Dasar Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Padang (UNP) menutup serangkaian acara LKMM tahun 2016. Mewakli Dekan FBS UNP, Wakil Dekan III FBS UNP, Drs. Esy Maestro, M.Sn., menutup secara resmi serangkaian acara LKMM Tingkat Dasar FBS UNP tahun 2016. Penutupan dilaksanakan setelah peserta LKMM sudah selesai mengemasi barang-barang bawaannya sekitar pukul 15.00 WIB di bagian area depan Mifan Water Park Padang Panjang, Minggu (16/10).

  • Keseruan Outbond LKMM Fakultas Bahasa dan Seni

    Setelah lebih kurang 2 hari mendengarkan penyampaian materi, Minggu pagi di Lapangan Luas yang terletak di bagian ujung area Mifan Water Park Padang Panjang peserta Latihan Keterampilan Mahasiswa (LKMM) Tingkat Dasar Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) UNP, dimuatkan kegiatan outbond. Kegiatan outbond yang bertujuan menguatkan pada wujud silaturahmi dan kekompakan serta uji mental tampak dari permainan low impact dan hight impact yang dipandu oleh tim outbond yang profesional. (Minggu, 16/10).

  • LKMM Wadah bagi Mahasiswa Memulai Persiapan Berorganisasi

    Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa (LKMM) Tingkat Dasar kembali dilaksanakan oleh Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) UNP. Kegiatan yang dilaksanakan selama tiga hari mulai tanggal 14 sampai dengan 16 Oktober 2016 berlangsung di Mifan Water Park Padang Panjang diikuti oleh 100 orang peserta yang berasal dari Mahasiswa Bidikmisi tahun masuk 2016 dan ditambah dengan Mahasiswa Bidikmisi tahun masuk 2015.

  • ISLA-5; FBS Konsisten Selenggarakan Seminar Internasioanl Bahasa dan Seni

    Konsisten menyelenggarakan seminar internasional semenjak tahun 2012, Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) sudah mengagendakan seminar yang bertaraf internasional tersebut menjadi kegiatan tahunan dari Kampus Selatan tersebut. Hal ini dijelaskan oleh Dekan FBS UNP, Prof. Dr. M. Zaim, M.Hum., dalam jumpa pers kemarin. “Sejak tahun 2012 FBS mencoba melaksanakan seminar internasional dengan mengusung tema yang sesuai dengan isu-isu yang berkaitan dengan persoalan bahasa dan seni untuk dibicarakan secara bersama. Tahun ini ISLA-5 mengusung tema "Positioning Technology and Theories in Studies and Pedagogical Aplication of Language, Art, and Cultur". Tema ini akan mendiskusikan bagaimana mengajarkan pembelajaran bahasa dan seni dengan era kemajuan teknologi. "Sebagai fakultas yang membidangi ilmu bahasa dan seni, kami akan siap melaksanakan perkembangan kajian ilmu pengetahuan baik dalam bentuk kegiatan akademik dan non-akademik. Tentunya hal ini perlu dukungan dari Rektor untuk mewujudkan cita-cita UNP menuju menuju world class university" jelas Prof. M. Zaim.

  • Dekan Buka Kegiatan Krida Maba FBS 2016

    Setelah mengikuti lima minggu perkuliahan, Dekan Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) UNP, Prof. Dr. M. Zaim, M.Hum., membuka kegiatan Krida mahasiswa baru (maba) tahun masuk (TM) 2016. Pembukaan kegiatan yang bertemakan "Melalui kegiatan krida kita tingkatkan kualitas dan kreativitas mahasiswa" dilaksanakan di Medan nan Balinduang FBS UNP, Sabtu (24/9). Selain Dekan, tampak hadir juga Wakil Dekan I, Wakil Dekan II, Ketua Jurusan Sendratasik, Sekretaris Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris, dalam acara pembukaan.

  • FBS UNP; Tetap Laksanakan Wirid Bulanan dalam Pembenahan Diri

    "Tidak ada manusia yang sempuran", begitulah ungkapan yang sering kita dengarkan bahwa manusia sebagai makhluk ciptaan Allah tidak ada yang sempurna. Seperti juga yang kita tahu lanjutan dari kata yang biasa kita dengarkan tersebut bahwa manusia pada fitrahnya memiliki sifat khilaf dan kadang lupa.

  • ISLA-4, Fakultas Bahasa dan Seni UNP

    International Seminar on language and Arts (ISLA) sudah menjadi kegiatan rutinitas tahunan di Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Padang (UNP), semenjak dimulai tahun 2012 lalu. ISLA ke-4 tahun 2015 ini, dilaksanakan dengan mengusung tema “Promoting Local Wisdom and Enhancing Better Learning on Language, Art, and Culture” atau mempromosikan kearifan lokal dan meningkatkan pembelajaran bahasa, seni, dan budaya kea rah yang lebih baik. Dilaksanakan selama dua hari, Jumat-Sabtu (23-24/10) di  Pangeran Beach Hotel Padang.

  • Menduniakan Bahasa Melalui Syarahan Mabbim

    Sebagai upaya menduniakan bahasa Indonesia Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) UNP mengadakan Syarahan Mabbim. Kegiatan ini juga bertepatan dengan bulan bahasa yang jatuh pada bulan Oktober.

    Untuk meningkatkan kerjasama FBS UNP dengan Badan Bahasa, diadakan Majelis Bahasa Brunei Darussalam-Indonesia-Malaysia (Syarahan Mabbim) di Teater Tertutup FBS, Senin (19/10). Kegiatan ini diikuti oleh Petinggi FBS, Dosen Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Unand dan FBS UNP, Mahasiswa Unand dan UNP, Guru Bahasa Indonesia di Kota Padang, dan Siswa-siswi SMA di Kota Padang. Tema pada kegiatan tersebut “Menduniakan Bahasa Indonesia/Melayu melalui Industri Hiburan/Industri Kreatif”.

  • Berita Duka

    Berita Duka

     

    Inna Lillahi wa inna ilaihi raji’un

    Telah berpulang ke Rahmatullah

    Drs. Sunaryo

  • Pengumuman Wisudawan/wati Predikat Kelulusan "Dengan Pujian" Periode 103 (6 Juni 2015) dan 104 (12 September 2015)

    Diberitahukan kepada seluruh wisudawan/wati Periode 103 (6 Juni 2015) dan Periode 104 (12 September 2015) yang memiliki IPK 3,51 - 4,00, predikat kelulusan "Dengan Pujian" seperti daftar terlampir di bawah ini:

    1. "Dengan Pujian" Periode 103 (6 Juni 2015)
    2. "Dengan Pujian" Periode 104 (12 September 2015)

    Selengkapnya...

  • Pengukuhan Ketua Forum FBSI tahun 2015

    Dari Berdasarkan hasil rapat koordinasi pemilihan kepengurusan forum FBS Indonesia yang dihadiri oleh Dekan dari 14 Fakultas FBS dari Lembaga pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK)  se-Indonesia, yang dilaksanakan di Auditorium Pangeran Beach Padang, Senin-Selasa (27-28/4). Terpilihlah pengurus Forum FBSI yaitu Prof. Dr. M. Zaim, M.Hum., (Dekan FBS UNP) sebagai ketua, Prof. Dr. Putu Kerti Nitiasih, M.A., (Dekan FBS Undiksa) sebagai Sekjen, Prof. Dr. Nyoman Adi Jaya Putra, M.A., (PD I FBS Undiksa) Wakil Sekjen I , dan Wakil Sekjend II dijabat oleh Prof. Dr. Ermanto M. Hum., (WD I FBS UNP).

  • Sharring tentang Penilaian Kegiatan Ekstrakulikuler

    Dari Dalam rangka meningkatkan kerjasama dan menjalin hubungan silaturahmi antar kedua jurusan, Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia (Basindo) Universitas Muhamadiah Surakarta (UMS) melakukan kunjungan dengan Jurusan Basindo Universitas Negeri Padang (UNP). Pihak Jurusan Basindo UNP menjamu kedatangan pihak Jurusan Basindo UMS di Ruang Bung Hatta The Hills Hotel Bukittinggi, Minggu (27/9).

  • Rutinitas Wirid Pengajian Fakultas Bahasa dan Seni

    Dari Dalam rangka meningkatkan pemahaman keislaman dosen, karyawan/i, serta mahasiswa/i, FBS UNP kembali mengadakan pengajian rutin bulanan yang dilaksanakan di mushalla Amanah FBS pada Jumat, (2/10). Pengajian kali ini bertajuk “Surah Al Fatihah”. Penceramah yang hadir yaitu Ustad Devi Dasmal M.Ag.

  • Kegiatan Krida FBS ke-5

    Kegiatan krida Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) UNP, memasuki kegiatan minggu ke-5. Seperti biasanya peserta krida berkumpul tepat pukul 7 di Medan nan Balinduang, FBS.  Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pembinaan, pengembangan potensi bakat dan minat bagi mahasiswa baru Sabtu, (03/10).

  • BEM FBS: “Membangkitkan Jiwa Kewirausahaan bagi Generasi Bangsa”

    Dari Menghadapi dunia usaha dan bisnis bahwa lulusan sarjana pendidikan tidak musti harus menjadi guru saja, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) UNP menggelar acara Seminar Nasional dan Bedah Buku, Ruang Teater Tertutup FBS, Rabu, (30/9). Acara ini bertemakan “Membangkitkan Jiwa Kewirausahaan bagi Generasi Bangsa: Mahasiswa itu Berani Berbicara dan Berpikir”, diikuti 130 orang yang berasal dari jurusan yang berbeda-beda di UNP.

  • Meriahnya Penutupan Acara Forum FBS Indonesia 2015

    Setelah berlangsung selama dua hari dimulai tanggal 27-29 September 2015 di Auditorium Bung Hatta The Hill Hotel Bukittinggi, acara Forum FBS Indonesia (FBSI) 2015 ditutup secara resmi oleh Ketua Forum FBSI terpilih yaitu Prof. Dr. M. Zaim, M. Hum., dekan FBS UNP. Penutupan berlangsung meriah dan dilaksanakan di Ngarai Sianok Restauran The Hills Hotel, pukul 19.00 wib Senin (28/9).

  • FBS UNP menjadi Tuan Rumah Acara Forum FBS Indonesia 2015

    Forum Fakutas Bahasa dan Seni Indonesia (FBSI) merupakan acara pertemuan Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) perguruan tinggi Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) atau eks Institut Keguruan Ilmu Pendidikan (IKIP). Acara forum FBSI tahun 2015 ini dijamu oleh FBS UNP, dilaksanakan pada 27-29 September 2015 di Auditorium Bung Hatta The Hill Hotel Bukittinggi. Menjadi tuan rumah tahun ini ditetapkan pada Forum FBSI tahun 2013 yang dilaksanakan oleh Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang bertepatan di Batu Malang.

  • Pertunjukan Randai Hari Bela Negara

    Jum’at (24/10), Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Padang bertempat di Medan Nan Balinduang mengadakan pertunjukan yang bertajuk Randai Hari Bela Negara. Acara tersebut diangkatkan oleh Ismet Fanany selaku penulis naskah Randai Hari Bela Negara beserta dosen dan mahasiswa Jurusan Sendratasik dan Bahasa Indonesia. Acara yang dimulai pukul 20.00 WIB itu dihadiri oleh Dr. Ardipal, M.Pd. (Pembantu Rektor IV), Prof. Dr. M. Zaim, M.Hum. (Dekan), Drs. Esy Mayestro, M.Sn. (Pembantu Dekan III), Ismet Fanany, Mayor Inf. Arief Hidayat (perwakilan dari Korem 032), Drs. Wimbrayardi, M.Sn., Novrizal, M.Pd. dan beberapa orang dosen selingkungan FBS lainnya.

  • FBS UNP Gelar Workshop Film Making

    Sukses dengan pelatihan jurnalistik, FBS UNP kembali menggelar pelatihan program kreatif mahasiswa melalui multimedia (workshop filmmaking) bagi mahasiswa bidikmisi FBS UNP. Kegiatan tersebut digelar di ruang teater tertutup FBS UNP  pada Sabtu, (25/10) dan diikuti oleh 148 mahasiswa bidikmisi.

  • FBS Menerima Kunjungan Akademik dari UIN Syarif Hidayatullah

    Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Padang (UNP) menerima kunjungan akademik dari Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Negeri Jakarta (UIN) Syarif Hidayatullah, Jakarta. Pertemuan digelar di ruang sidang FBS UNP pukul 11.00 WIB - 13.00 WIB.

  • Lima Dosen FBS UNP jadi Pemakalah di Semirata Serang

    Lima dosen Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Padang (UNP) menjadi pemakalah dalam Seminar dan Rapar Tahunan (SEMIRATA) bidang bahasa, sastra, seni dan budaya. Lima dosen FBS UNP tersebut, diantaranya Prof. Dr. Ermanto, S. Pd., M. Hum., Prof. Dr. Hasanuddin, M. Hum., Dr. Ngusman Abdul Manaf, M. Hum., Prof. Dr. Jufrizal, M. Hum. dan Dr. Zul Amri, M. Ed.

  • FBS UNP Sukses Gelar ISLA-3

    Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Padang (UNP) kembali menggelar acara International Seminar Language and Art (ISLA) yang ke-3. Acara digelar di Pangeran Beach Hotel selama dua hari, Jum’at-Sabtu (17-18/10). ISLA kali ini mengusung tema “Character Building through Language, Culture, Art, and Their Leirning”.

  • Penutupan Krida FBS 2014: Mahasiswa Sajikan Kreativitas

    Kegiatan Krida Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang akhirnya ditutup pada Minggu, (12/10). Acara penutupan tersebut diawali dengan suguhan tari pasambahan yang diperankan langsung oleh mahasiswa baru peserta krida 2014.  Drs. Esy Mayestro, M.Sn. selaku Pembantu Dekan (PD) III dan Zulfadhli, S.S., M.A. selaku sekretaris Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah tampak menghadiri acara penutupan krida di Medan Nan Balinduang tersebut.

  • Korem 032 Bekali Mahasiswa Tentang Wawasan Kebangsaan

    Mahasiswa baru Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Padang (UNP) Sabtu, (11/10) mengikuti acara pembekalan wawasan kebangsaan yang diberikan oleh Komando Resort Militer (Korem) 032. Pelaksanaan acara tersebut merupakan kerjasama antara pihak Korem 032 dan UNP. Acara pembekalan wawasan kebangsaan tersebut akan diberikan secara bergantian kepada semua fakultas yang dimulai pada Sabtu lalu.

  • FBS UNP Gelar ISLA 3

    BAHASA DAN SENI
    MEMANUSIAKAN MANUSIA

    SINGGALANG, 09 Oktober 2014

  • UNP Kembali Gelar Isla 3

    UNP Kembali Gelar Isla 3

    Padang Ekspres
    Kamis, 09 Oktober 2014

  • Jadwal Ujian Tengah Semester Juli-Desember 2014

    Diberitahukan kepada seluruh Dosen dan Mahasiswa di lingkungan Universitas Negeri Padang bahwa sehubungan dengan surat Pembantu Rektor I Universitas Negeri Padang No. 1312/UN35/AK/2014 tanggal 1 Oktober 2014, Ujian Tengah Semester Juli-Desember 2014 dilaksanakan tanggal 20 s.d. 25 Oktober 2014.

    Selengkapnya...

  • HMJ Sendratasik: Festival Perkusi se-Sumatera

    Mengangkatkan tema, "Spirit Kreativitas Musik Perkusi Tradisi Nusantara," Himpunan Mahasiswa Jurusan Sendratasik FBS UNP menyelenggarakan festival perkusi tingkat SLTP dan SLTA se-Sumatera. Festival perkusi ini dibuka secara resmi oleh Pembatu Rektor II UNP, Dr. Ali Zamar, M.Pd., Kons., dalam sambutan Ali Zamar menyampaikan bahawa acara festival merupakan ajang kompetisi untuk mengekspresikan potensi, bakat dan minat pecinta seni khususnya seni perkusi bagi siswa setingkat SLTP da SLTA se-Sumatera. "Melalui festival ini diharapkan mampu mengasah diri untuk peduli dengan seni dan meningkatkan penghayatan kepada estetika," ungkap Ali, di Medan Nan Balindung FBS UNP, Senin (21/10).

  • Pameran Seni Grafis HMJ Seni Rupa

    Himpunan Mahasiswa Jurusan Seni Rupa FBS UNP mengadakan pameran karya seni grafis bertemakan Kembali Mencetak, berlangsung selama tiga hari Senin-Rabu (21-23/10) di Galeri FBS UNP. Fadlan Fahroji Ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan Seni Rupa menyampaikan tema Kembali Mencetak memiliki makna konotasi melakukan perbaikan melalui inovasi yang kreatif dari hasil karya-karya yang telah ada. Selain itu pameran ini juga diharapkan mampu memberikan semangat berkarya khususnya bagi mahasiswa seni rupa. Melalui pengadaan acara pameran ini mahasiswa seni rupa diberikan kesempatan untuk mengekspresikan kemampuannya di bidang seni rupa seperti seni grafis ini. "Tidak hanya untuk mahasiswa seni rupa, pameran karya seni grafis ini diharapkan mampu menarik perhatian dan meningkatkan apresiasi seni bagi mahasiswa secara umum," ungkapnya, Senin (21/10).

  • FBS Adakan Pelatihan Proposal Pengabdian Masyarakat

    Fakultas Bahasa dan Seni UNP mengadakan pelatihan Kiat Memilih Topik dan Menyusun Proposal Pengabdian Masyarakat Tingkat Nasional di Ruang Sidang FBS, Sabtu (19/10). Pelatihan ini dihadiri oleh seluruh dosen FBS UNP dan menghadirkan Drs. Edi Kurniadi, M.Pd., Dosen Seni Rupa dari Universitas Sebelas Maret (USM) Surakarta sebagai pembicara dalam pelatihan tersebut. Menurut Edi pengabdian masyarakat merupakan suatu upaya untuk memberdayakan masyarakat yang disesuaikan dengan latar belakang keilmuan agar terciptanya masyarakat mandiri melalui pembinaan life skill untuk masyarakat. Misalnya seorang dosen dengan latar belakang keilmuan seni rupa dapat memberdayakan kemampuan tersebut di masyarakat dengan kegiatan yang kreatif dan produktif.

  • Libur/Cuti Bersama Idul Adha 1434 H

    Berdasarkan surat Rektor UNP No. 1998/UN35/KP/2013 tanggal 8 Oktober 2013 tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2013, dengan ini diinformasikan kepada semua staf pengajar, staf administrasi, mahasiswa dan masyarakat umum bahwa perkuliahan dan pelayanan administrasi di Universitas Negeri Padang pada tanggal 14 Oktober 2013 diliburkan.

  • Seminar Internasional Bahasa dan Seni

    isla2International Seminar on Languanges and Arts (ISLA) ke-2 bertemakan "Empowing Theories and Pedagogikal Application Languages and Arts," kembali dilaksanakan Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang pada Senin-Minggu (5-6/10) di Pangeran Beach Hotel. Seminar internasional bahasa dan seni ini dibuka secara resmi oleh Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Prof. Dr. Musliar Kasim, M.Sc., dan sekaligus menjadi pembicara kunci dalam seminar tersebut. Musliar memaparkan tentang pembelajaran berbasis teks dalam menyiapkan generasi emas indonesia. Salah satu karakteristik generasi emas Indonesia menurut Musliar yaitu mampu berkomunikasi dengan baik. "Kepiawaan berbahasa menjadi modal utama untuk berkomunikasi dengan baik," ungkap Musliar, Sabtu (5/10).