Fakultas Bahasa dan Seni

Strive for Excellence

Selamat Datang di Website Resmi Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang

Mahasiswa Bahasa dan Sastra Indonesia Rampungkan Empat Buletin

Sebagai hasil dari mata kuliah Praktik Jurnalistik, mahasiwa jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia TM 2011 telah merampungkan empat buletin. Empat bulletin tersebut diantaranya buletin Anteseden yang ditulis oleh mahaiswa Sastra Indonesia (Reguler); Buletin Krisan oleh mahasiswa Sastra Indonesia (Reguler Mandiri); Mercusuar dan Romansa oleh mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Reguler Mandiri B).

Rino Zulyadi, S.S., M.Pd. selaku dosen mata kuliah Praktik Jurnalitik mengatakan Praktik Jurnalistik merupakan lanjutan dari mata kuliah sebelumnya, yaitu Pengantar Ilmu Jurnalistik, Berita dan Fotografi dan mata kuliah Keredaksian. Dalam hal ini, mahasiswa diminta untuk mempraktikkan ilmu jurnalistik dalam bentuk buletin kampus.

Proses pembuatan buletin sudah dimulai sejak minggu awal perkuliahan. Mahasiswa membentuk tim keredaksian dan memilih laporan utama yang akan dibahas, menyunting, dan menerbitkannya. Tak hanya itu, guna memberikan tambahan ilmu jurnalistik, Rino menghadirkan pemateri seperti citizen jurnalism dan penyiar radio. “Kelas disulap menjadi ruang redaksi,” jelas Rino.

Dari empat buletin yang dihasilkan, Rino mengaku puas dengan karya mahasiswanya. “Terlebih respon dari dosen lain pun bagus, jadi mengapa tidak dilanjutkan?” tambah Rino. Tak hanya itu, Rino mengaku bangga melihat mahasiswa yang antusias selama merampung tabloid mereka. “Alhamdulillah, setelah mempelajari mata kuliah ini saya mendengar banyak mahasiswa yang akhirnya mendalami bidang jurnalistik.”

Rino berharap, setelah menyelesaikan mata kuliah praktik jurnalistik ini minat mahasiswa terhadap jurnalistik tetap berlanjut dan menghasilkan tulisan-tulisan berkualitas. “Semoga kita tidak lagi bertemu dikelas, namun kita bertemu pada saat meliput berita,” tutup Rino.

Novi Yenti Pemimpin Redaksi buletin Anteseden menyatakan  antusias dalam pengerjaan buletinnya. Menurutnya, dengan adanya pembuatan buletin terebut, tugas yang diberikan tidak hanya sebatas teori saja. “Dengan adanya praktik akan mempermudah pemahaman mahasiswa. “Saya rasa dengan mata kuliah ini saya dan kawan-kawan bisa belajar bagaimana menjadi wartawan.” Ungkapnya.

Risti mahasiswa jurusan Teknik Sipil mengapresiasi buletin yang ditulis oleh mahasiswa jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia. Menurutnya, tulisan-tulisan yang ada cukup informatif dan menarik. Meskipun begitu, Risti menilai masih terdapat beberapa kekurangan dalam penulisannya. “Saya kagum dengan hasil yang ada, namun ada beberapa tulisan yang tidak up to date lagi,” tutur Risti. Tiara

Manajemen Mutu

Pengunjung

Free counters!

FBS On:

Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang
Jln. Prof. Dr. Hamka Kampus UNP Air Tawar Padang, Sumatera Barat - 25131
E-Mail : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
Telp/Fax : 0751-7053363