Fakultas Bahasa dan Seni

Strive for Excellence

Selamat Datang di Website Resmi Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang

Pameran Seni Grafis HMJ Seni Rupa

Himpunan Mahasiswa Jurusan Seni Rupa FBS UNP mengadakan pameran karya seni grafis bertemakan Kembali Mencetak, berlangsung selama tiga hari Senin-Rabu (21-23/10) di Galeri FBS UNP. Fadlan Fahroji Ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan Seni Rupa menyampaikan tema Kembali Mencetak memiliki makna konotasi melakukan perbaikan melalui inovasi yang kreatif dari hasil karya-karya yang telah ada. Selain itu pameran ini juga diharapkan mampu memberikan semangat berkarya khususnya bagi mahasiswa seni rupa. Melalui pengadaan acara pameran ini mahasiswa seni rupa diberikan kesempatan untuk mengekspresikan kemampuannya di bidang seni rupa seperti seni grafis ini. "Tidak hanya untuk mahasiswa seni rupa, pameran karya seni grafis ini diharapkan mampu menarik perhatian dan meningkatkan apresiasi seni bagi mahasiswa secara umum," ungkapnya, Senin (21/10).

Seni grafis adalah cabang seni rupa yang proses pembuatan karyanya menggunakan teknik cetak, biasanya di atas kertas. Hal ini disampaikan Ketua Jurusan Seni Rupa, Dr. H. Yahya, M.Pd. Hasil seni grafis mampu menciptakan salinan karya yang sama dalam jumlah banyak, ini yang disebut dengan proses cetak. Cetakan diciptakan dari permukaan sebuah bahan, yang umum digunakan adalah plat logam, biasanya tembaga atau seng untuk etsa, batu digunakan untuk litografi, papan kayu untuk cukil kayu. Masih banyak lagi bahan lain yang digunakan dalam karya seni ini. "Tiap-tiap hasil cetakan biasanya dianggap sebagai karya seni orisinil, bukan sebuah salinan," ungkap Yahya, Senin (21/10).

Pembantu Dekan I, Prof. Dr. Ermanto, S.Pd., M. Hum., mengungkapkan apresiasi positif dan mengaku kagum dengan hasil karya seni grafis dalam pemeran tersebut. Ermanto menyampaikan pihak pimpinan fakultas akan selalu memberikan dukungan dan perhatian terhadap program kemahasiswaan yang memberikan dampak baik untuk peningkatan mutu pendidikan di FBS. Hal ini dibuktikan dengan pengadaan perbaikan sarana dan prasarana yang dibutuhkan dalam pelaksanaan kegiatan pameran tersebut seperti menciptakan galeri yang representasif. "FBS berupaya memberikan layanan terbaik untuk kebutuhan mahasiswa dan peningkatan mutu pendidikan," ungkap Ermanto, Senin (21/10). Berhubungan dengan seni, Ermanto memberikan pandangan melalui ungkapan dengan ilmu hidup akan terarah, dengan agama hidup akan terasa bermakna dan dengan seni hidup akan terasa indah. "Perlu keseimbangan dan keserasian antara ilmu, agama dan seni agar hidup lebih memiliki arti dalam diri seseorang, " ungkap Ermanto, Senin (21/10).

Manajemen Mutu

Pengunjung

Free counters!

FBS On:

Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang

Jln. Prof. Dr. Hamka Kampus UNP Air Tawar Padang, Sumatera Barat 25131
Homepage : http://unp.ac.id/
E-Mail : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
Telp/Fax : 0751-7053363