Fakultas Bahasa dan Seni

Strive for Excellence

Selamat Datang di Website Resmi Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang

Staf Pengajar FBS-UNP Gelar Kegiatan Pengabdian Masyarakat

Sebagai wujud pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, staf FBS-UNP menggelar acara pengabdian kepada masyarakat, Sabtu—Minggu (13—13/7) di Gedung PWI Sumbar, Padang. Acara yang bertajuk “IbM Wartawan Sumbar untuk Peningkatan Penerapan Bahasa Indonesia Ragam Jurnalistik” diikuti oleh 20 peserta dari berbagai media massa cetak di Sumatera Barat, diantaranya wartawan Harian Haluan, Harian Singgalang, Harian Koran Padang, Harian Post Metro, Padang TV, Metro Andalas, Antara Sumbar, Serambi Pos, Baki News, Semangat, Berita Sumbar, Bin News, RRI Padang, dan TVRI Sumbar.

Acara dibuka oleh Dekan FBS-UNP yang dalam hal ini diwakili oleh PD I FBS-UNP sekaligus ketua pelaksana acara, Prof. Dr. Ermanto, S.Pd. M.Hum. Turut hadir ketua PWI Sumbar, Ir. H. Basril Basyar dan Ketua IJTI Rino Zulyadi, S.S., M.Pd. Dalam sambutannya, Basril Basyar menyatakan acara pengabdian kepada masyarakat, sangat bermanfaat dan berharap agar peserta mengikuti pelatihan dengan serius. “Selama ini banyak wartawan yang menganggap sepele permasalahan bahasa jurnalistik. Padahal dapat merusak kredibilitas koran,” tutur Basril Basyar.

Menurut Ermanto, acara ini dilatarbelakangi oleh banyaknya kesalahan aspek kebahasaan pada media massa cetak di Sumatera Barat. Hal ini disebabkan oleh kurangnya kualitas penguasaan bahasa Indonesia. “Padahal salah satu indikator penentu kualitas para wartawan adalah pengetahuan kebahasaan dan penerapannya,” jelas Ermanto.

Acara diisi dengan penyajian materi yang disampaikan oleh pemakalah, diantaranya Prof. Dr. Ermanto, S.Pd., M.Hum. dengan judul makalah “Bahasa Indonesia Ragam Jurnalistik”; Ir. H. Basril Basyar, M.M. dengan judul “UU No. 40 Tahun 1999 dan Kode Etik Jurnalistik PWI”; Zulfadly, S.S., M.A. dengan judul “Penerapan EYD Tulisan Jurnalistik”; Rino Zulyadi, S.S., M.Pd. dengan judul “Diksi dan Kosa Kata Jurnalistik”; dan Drs. Jufri, M.Pd. dengan judul makalah “Penerapan Bahasa Indonesia Ragam Jurnalistik”. Selain penyampaian materi, terdapat pula beberapa tes kemampuan, diantaranya pretest, latihan terstruktur, postes, berupa latihan penguasaan EYD, dan penulisan berita.

Mauren Pratiwi, salah satu peserta pelatihan menyatakan antusiasmenya. Diakuinya, materi yang disajikan oleh pemakalah merupakan konsep dasar yang harus diketahui oleh setiap wartawan. “Selain penggunaan bahasa, saya juga mendapatkan informasi mengenai kode etik jurnalistik. Dengan begitu saya menjadi paham tentang hak dan kewajiban wartawan”.

Ermanto berharap dengan diadakannya acara tersebut dapat meningkatkan pengetahuan wartawan mengenai kebahasaan dan penerapan bahasa yang baik dan benar dalam karya jurnalistik yang dihasilkan. Lebih lanjut, Ermanto berharap diadakannya acara pengabdian pada masyarakat merupakan langkah awal dalam menjalin hubungan baik antara pihak kampus dengan wartawan. “Insyaallah, pelatihan ini akan secara rutin kami adakan,” tutup Ermanto.  Tiara

Manajemen Mutu

Pengunjung

Free counters!

FBS On:

Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang

Jln. Prof. Dr. Hamka Kampus UNP Air Tawar Padang, Sumatera Barat 25131
Homepage : http://unp.ac.id/
E-Mail : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
Telp/Fax : 0751-7053363