Diklat Mata Kuliah Apresiasi Drama, Bekali Mahasiwa untuk Dunia Pemntasan

Kampus Selatan (05/04). Acara Diklat mata kuliah Apresiasi Drama mahasiswa program studi (prodi) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2015 dan Telaah Drama mahasiswa prodi Sastra Indonesia 2016 kembali digelar. Diklat ini merupakan kali kedua dilaksanakan setelah dilaksanakan pada bulan lalu di Pendopo Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Padang (UNP), Minggu (31/3).

Kegiatan ini dilaksanakan sekaligus dalam memperingati Hari Teater Dunia, Hari Puisi Sedunia, dan Hari Film se-Nusantara. Kegiatan yang dibuka secara langsung oleh Wakil Dekan I FBS UNP, Prof. Ermanto, S.Pd., M.Hum., yang mewakili Dekan. Dalam pembukaannya, Wakil Dekan I  menyampaikan apresiasi kepada mahasiswa jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah, terkhususnya kepada para dosen pengampu mata kuliah Drs. Adria Catri Thamsin, M.Pd., Muhammad Ismail Nst., M.Pd., dan Zalmasri, M.Pd., atas kontribusi dan binaanya terhadap kelancaran proses perkuliahan Apresiasi dan Telaah Drama.

Dalam sambutannya, Ermanto mengungkapkan kekagumannya terhadap jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah, karena dalam beberapa tahun terakhir mampu menghasilkan karya teater dan karya film. Apalagi, pada tahun ini salah satu dari dua film yang diangkat merupakan adaptasi karyanya sendiri dari novel keduanya yang berjudul Sansai.

Pada kesempatan tersebut, Wakil Dekan 1 Fakultas Bahasa dan Seni juga menyampaikan harapannya kepada mahasiswa agar dikemudian hari lahir para kreator film dan teater yang berasal dari Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang.

Sementara itu, dalam acara Diklat tersebut, Zalmasri selaku pengampu kegiatan memberikan wejangan kepada para mahasiswa jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia berupa wawasan dan pengembangan ilmu teater. Masih dalam kesempatan yang sama, Zalmasri turut menghadirkan salah satu tokoh kreator film Sumbar, Bryan Fadli Fahmi untuk menambah wawasan dan pengetahuan mahasiswa mengenai dunia perfilman.

Adapun tahun ini untuk pementasan drama, naskah-naskah yang diangkatkan pada, ada enam naskah drama yang dipentaskan, yaitu Sobrat, Kiblat Tanah Negeri, Sidang Susila, Pelangi, Perguruan, dan Senja dan Dua Kelelawar. Dan dari film ada dua cerpen yang diangkatkan yaitu Sansai karya Prof. Ermanto, M.Hum. dan Rumah untuk Kemenakan yang diangkat dai cerpen Iyut Fitra. (Syahrul Hamdani)