ZI

Zona Integritas

Berdasarkan Permenpan No.52 Tahun 2012 Tentang Pedoman Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Dari Korupsi Dan Wilayah Birokrasi Bersih Dan Melayani Di Lingkungan Instansi Pemerintah.

Zona Integritas (ZI) adalah predikat yang diberikan kepada instansi pemerintah yang pimpinan dan jajarannya mempunyai komitmen untuk mewujudkan Wilayah Bebas Korupsi (WBK)/Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) melalui reformasi birokrasi, khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) adalah predikat yang diberikan kepada suatu unit kerja yang memenuhi sebagian besar manajemen perubahan, penataan tatalaksana, penataan sistem manajemen SDM, penguatan pengawasan, dan penguatan akuntabilitas kinerja.

Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) adalah predikat yang diberikan kepada suatu unit kerja yang memenuhi sebagian besar manajemen perubahan, penataan tatalaksana, penataan sistem manajemen SDM, penguatan pengawasan, penguatan akuntabilitas kinerja, dan penguatan kualitas pelayanan publik.

Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang (FBS UNP) sebagai unit kerja dari Universitas Negeri Padang di bawah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, turut melaksanakan pembangunan Zona Integritas, menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

Untuk mewujudkan hal tersebut FBS UNP telah melakukan sosialisasi awal pada 31 Desember 2021 sebagai persiapan pembangunan FBS UNP sebagai Zona Integritas sesuai dengan SK Rektor UNP No. 733/UN35/KP/2021 tentang Penetapan Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang sebagai Fakultas Zona Integritas untuk Mendapatkan Predikat WBK/WBBM.

Sosialisasi bagi para pimpinan FBS UNP ini menghadirkan Ketua Tim Reformasi Birokrasi UNP, Prof. Dr. M. Zaim, M.Hum. dan Wakil Dekan I FMIPA, Alizar, S.Pd., M.Si., Ph.D. sebagai fakultas yang telah dinilai sebagai Fakultas Zona Integritas 2021 di UNP.

Video