Laksanakan Magang di Luar Negeri, Dua Mahasiswa Pendidikan Bahasa Jepang Bertolak ke Jepang

This image has an empty alt attribute; its file name is whatsapp-image-2022-08-04-at-22.15.36.jpegPadang, fbs.unp.ac.id - Sebagai bagian kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), dua mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang berangkat ke Jepang untuk Program Magang. Adalah Ahmad Rafi Albarik dan Muhammad Nabiel Raihan yang akan langsung tinggal di negeri Sakura mempelajari bahasa dan budaya Jepang di samping magang. Kegiatan ini merupakan kerja sama antara Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang FBS UNP dan LPK Hikari.

Saat ini ada 2 mahasiswa yang kita lepas secara resmi untuk berangkat ke Jepang pada tanggal 8 Agustus 2022 mendatang, ujar Wakil Dekan I FBS, Dr. Havid Ardi, S.Pd., M.Hum. didampingi Wakil Dekan III, Indrayuda, S.Pd., M.Pd., Ph.D. saat pelepasan kedua mahasiswa secara resmi. Mereka akan magang di Hotel Green Plaza, Danau Tojo, Prefektur Hyogo mulai 20 Juli 2022 nanti sebagai kegiatan MBKM. Dr. Havid berpesan agar mahasiswa yang akan berangkat menjaga nama baik UNP dan nama baik diri selama di Jepang. Tunjukkan profesionalisme selama magang nanti.

Wakil Dekan I juga menambahkan bahwa Program Magang Mandiri yang dilaksanakan Program Studi ini bertujuan untuk memberi pilihan pengalaman belajar kepada mahasiswa secara langsung di lapangan sesuai semangat Merdeka Belajar. Mahasiswa dapat memilih mata kuliah dalam kampus, di kampus lain luar UNP, atau di luar kampus baik dalam maupun di luar negeri. UNP sebagai Kampus Merdeka membuka berbagai peluang kepada mahasiswa dalam memilih pengetahuan, keterampilan, dan kompetensi yang diperlukan di masa mendatang.

Lebih lanjut, Koordinator Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang, Meira Anggia Putri, M.Pd. menyebutkan bahwa diantara mahasiswa yang berangkat Ahmad Rafi Albarik BP 2019 (19180053) dan Muhammad Nabiel Raihan BP 2020 (20180033). Setelah melalui seleksi, kedua mahasiswa ini lolos kemampuan bahasa yang disyaratkan di Jepang, ujar Kaprodi yang akrab disapa bu Anggi. Disebutkan juga bahwa masih ada mahasiswa yang akan berangkat setelah dua mahasiswa ini yang akan ditempatkan di lokasi yang berbeda.

Menurut Kepala Departemen, Desvalini Anwar, S.S., M.Hum. Ph.D. yang didampingi Sekretaris Departemen, Dr. Muhd. Al-Hafizh, S.S., M.A. dalam kegiatan magang ini mahasiswa juga akan memperoleh penghasilan selama di Jepang nanti. Mahasiwa akan melaksanakan magang selama dua semester terhitung tanggal 20 Juli 2022 s.d 30 Juni 2023, Ujar bu Eva.

Sementara, Dekan FBS UNP, Prof. Dr. Ermanto, S.Pd., M.Hum. dalam kesempatan terpisah menyampaikan apresiasi kepada koordinator Prodi Pendidikan Bahasa Jepang yang bekerjasama dengan LPK Hikari. "Semoga kegiatan ini memberi manfaat kepada mahasiswa dengan memberi pengalaman langsung tinggal di negara sakura dan belajar langsung di sana," harapnya. Dekan FBS tersebut juga berpesan, "Jaga nama baik almamater, jadilah duta UNP di Jepang", tutup Prof. Dr. Ermanto.

 

Video