Tuntaskan Monev Pembelajaran, GPM FBS UNP Gelar Workshop

Padang, fbs.unp.ac.id - Untuk melaksanakan proses penjaminan mutu pembelajaran di Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang (FBS UNP), Gugus Penjaminan Mutu (GPM) FBS UNP laksanakan workshop hasil monev periode III pada 6-7 November 2021 di Ruang Sidang FBS UNP. Kegiatan ini dibuka Wakil Dekan I FBS UNP, Dr. Havid Ardi, S.Pd., M.Hum. yang langsung memantau hasil monitoring dan evaluasi pembelajaran yang dilaporkan tim GPM dan Unit Penjaminan Mutu (UPM) Prodi di lingkungan FBS UNP.

Dalam sambutannya, Wakil Dekan I FBS UNP menyampaikan ucapan terima kasih atas kerja keras tim UPM dan GPM dalam mengawal kualitas pembelajaran di FBS UNP. Ia juga berharap nantinya laporan dari UPM dan GPM ini dapat disampaikan dalam bentuk cetak dan soft karena akan menjadi bukti pelaksanaan proses Perencanaan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pengendalian, Peningkatan (PPEPP) yang akan menghasilkan kaizen atau continuous quality improvement mutu Pendidikan Tinggi di FBS.

Hasil monev ini akan menjadi bagian dari evaluasi dalam akreditasi masing-masing program studi nantinya. Wadek I juga meminta nantinya sekretariat GPM yang berada di Gedung baru FBS lantai 1 dapat dimanfaatkan dalam koordinasi kegiatan penjaminan mutu di FBS. Ruang ini berada di depan ruang Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Sementara Ketua GPM FBS UNP, Zulfadhli, S.S., M.A. dalam laporan evaluasinya menyampaikan masih ada proses pembelajaran daring yang belum maksimal karena kendala teknis. Ia juga menyampaikan bahwa di FBS telah terlaksana perkuliahan luring atau tatap muka langsung di kampus dengan pemenuhan standar prokes. Ia juga menyampaikan beberapa dosen belum mengisi presensi di portal akademik.

Selain laporan, dalam diskusi Ketua UPM Prodi S2, Dr. Amril Amir, M.Pd. juga menyampaikan aspirasi agar presensi di e-learning dapat disinkronisasi dengan presensi di portal akademik, jika memungkinkan terkoneksi sehingga tidak perlu dua kali mengisinya.

Workshop ini dihadiri seluruh tim GPM dan UPM dari 15 prodi di FBS UNP. Terkait laporan hasil monev, Wadek I FBS UNP berharap laporan ini dapat segera diserahkan agar dapat dibahas dalam rapat MPF untuk ditindaklanjuti oleh masing-masing Kaprodi.

 

Video