Hima Jurusan Basindoda FBS Universitas Negeri Padang Gelar Pelatihan Jurnalistik Nasional

Padang, fbs.unp.ac.id - Himpunan Mahasiswa Jurusan Basindoda bekerja sama dengan Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Padang menyelenggarakan pelatihan Jurnalistik Nasional pada Sabtu (24/4) yang diikuti oleh mahasiswa perguruan tinggi di Sumatera Barat dan luar Sumatera Barat.

Ketua Pelaksana Kegiatan Pelatihan Hima Jurusan Basindoda mengucapkan terima kasih kepada Narasumber yakni Rino Zulyadi, S.S., M.Pd. dan Eka Rianto, S.S., M.Pd. yang merupakan praktisi di bidang jurnalistik atau wartawan media massa cetak dan media massa elektronik nasional.

Dekan Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Padang, Prof. Dr. Ermanto, S.Pd., M.Hum. dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada Hima Jurusan Basindoda FBS UNP yang telah menyelenggarakan pelatihan Jurnalistik Nasional. Kata Dekan FBS UNP Prof. Dr. Ermanto, S.Pd., M.Hum., keterampilan di bidang jurnalistik sangat penting pada masa teknologi digital mengingat kecepatan pemberitaan sangat utama pada masa kini.

"Pada era teknologi digital ini, para ahli mengungkapkan bahwa prestasi akademik dan keilmuan ternyata tidak menentukan keberhasilan seseorang dalam kehidupan. Pekerjaan-pekerjaan yang pada masa kini yang dikerjakan secara manual akan banyak digantikan oleh pekerjaan-pekerjaan yang dikerjakan secara teknologi digital," jelas Prof. Dr. Ermanto, S.Pd., M.Hum. Dekan FBS Universitas Negeri Padang.

Lebih lanjut Prof. Dr. Ermanto, S.Pd., M.Hum. menjelaskan bahwa keterampilan jurnalistik sudah bertransformasi dari jurnalistik cetak ke jurnalistik digital. Untuk itu kata Dekan FBS UNP, pelatihan jurnalistik dengan tema "Teknik Menulis Berita Media Massa Cetak dan Elektronik di Era Digital" adalah pelatihan yang sangat penting diikuti mahasiswa.

Dekan Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Padang, Prof. Dr. Ermanto, S.Pd., M.Hum. menegaskan bahwa keterampilan jurnalistik dan teknologi digital perlu dikuasai pada masa kini dan sangat penting untuk kesuksesan pekerjaan pada masa-masa mendatang dalam era teknologi informasi digital.

Dalam pelatihan Jurnalistik Nasional ini, kedua narasumber yakni Rino Zulyadi, S.S., M.Hum. dan Eka Rianto, S.S., M.Hum. menjelaskan praktik-praktik penulisan berita pada masa teknologi informasi digital dan dilanjutkan dengan praktik menulis berita oleh peserta. (ET)

Video