Program Studi PII dan IPK FBS UNP Kuliah Umum Metode Penelitian Perpustakaan dan Sains Informasi

Padang, fbs.unp.ac.id - Program Studi Perpustakaan dan Ilmu Informasi serta Program Studi Informasi Perpustakaan dan Kearsipan yang diikuti oleh para mahasiswa dan diselenggarakan secara virtual pada Kamis (25/3) siang ini dengan dua orang dosen yang dari Universitas Padjajaran Bandung dan dosen Universitas Negeri Padang.

Dalam sambutannya, Dr. Yenni Hayati, M.Hum., Ketua Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, FBS Universitas Negeri Padang menegaskan bahwa kuliah umum dengan tajuk "Metode Penelitian Perpustakaan dan Sain Informasi" menghadirkan dosen tamu Drs. Prijana, M.Si. dari Fikom Universitas Padjajaran Bandung dan Dr. Ardoni, M.Si. dari Universitas Negeri Padang.

Pada kesempatan itu, Prof. Dr. Ermanto, S.Pd., M.Hum. Dekan Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang ketika membuka kuliah umum itu mengemukakan bahwa mahasiswa harus giat mengikuti dan memahami perkembangan keilmuan perpustakaan dan sains informasi dalam konteks perkembangan teknologi digital yang terus melesat pada masa kini dan pada masa datang.

"Pada masa kini mahasiswa harus juga menguasai perkembangan teknologi perpustakaan dan sains informasi tersebut dan mampu meneliti serta membuat laporan penelitian dalam konteks karya ilmiah yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah," jelas Prof. Dr. Ermanto, S.Pd., M.Hum. Dekan Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang.
Dalam penjelasannya, Drs. Prijana, M.Si. dosen Fikom Universitas Padjajaran Bandung menjelaskan bahwa metodologi dan metode penelitian terkadang sangat sulit dibedakan padahal harus dibedakan karena metodologi adalah sebuah teori untuk menjelaskan metode tersebut sedangkan metode penelitian adalah itu adalah cara atau langkah langkah melakukan penelitian tersebut.

"Minat dan daya tarik dengan membaca penelitian yang sudah ada dan kemudian menetapkan topik penelitian serta mengumpulkan teori-teori pendukung penelitian tersebut," kata Drs. Prijana, M.Si. dari Fikom Universitas Padjajaran Bandung.

Lebih lanjut kata Drs. Prijana, M.Si. dari Fikom Universitas Padjajaran Bandung, dalam perkembangan penelitian saat ini, ada banyak model penelitian perpustakaan dan informasi yang patut dijadikan panduan oleh mahasiswa PII dan mahasiswa IPK FBS Universitas Negeri Padang.

Menurut Dr. Ardoni, M.Si. sebagai pembicara kedua, penelitian kuantitatif lazimnya untuk membandingkan sesuatu hal dengan sesuatu hal yang lain dengan memanfaatkan angka-angka serta melihat persamaan yang dan perbedaannya

"Populasi adalah semua hal tentang penelitian (keseluruhan) yang akan diukur dan kita perlu hanya menguji atau mengukur yang sebagai kecil saja yang disebut sampel. Sebagian kecil yang diukur itulah sampel dan digunakan untuk menyimpulkan hal keseluruhan (populasi) tersebut," kata Dr. Ardoni, M.Si. (ET

Video