Rektor Prof. Ganefri, Ph.D.: Guru Besar UNP yang Pensiun Diminta jadi Dosen Ber-NIDK

Padang, fbs.unp.ac.id - Pada hari kedua Ini, Selasa (29/12), Universitas Negeri Padang kembali melakukan upacara Purnabakti Guru Besar yakni Prof. Z. Mawardi Effendi, M.Pd (Mantan Rektor UNP 2003-2008 dan 2008-2011), Prof. Dr. Mukhaiyar, M.Pd., Seni, Prof. Dr Harris Efendi Thahar, M.Pd (Fakultas Bahasa dan Seni), dan Prof. Dr. Sayuti Syahara, M.S (Fakultas Ilmu Keolahragaan).

Rektor Prof. Ganefri, Ph.D. dalam sambutannya menjelaskan bahwa jabatan guru besar adalah jabatan akademik tertinggi sehingga pikiran dan tenaga guru besar yang diperlukan untuk memajukan universitas dan pendidikan di Indonesia.

"Sesuai dengan peraturan yang berlaku di Indonesia, pemerintah sangat menghargai guru besar sehingga guru besar yang pensiun pada umur 70 tahun, diberi kesempatan untuk mengabdi sebagai dosen dalam bentuk dosen ber-NIDK hingga umur 79 tahun dan jika masih sehat dapat lagi di perpanjang dua tahun lagi," tambah Rektor Prof. Ganefri, Ph.D.

Menurut Rektor Prof. Ganefri, Ph.D., jabatan fungsional guru besar adalah jabatan yang tidak memiliki hambatan untuk diperoleh bahkan fakultas dan universitas sangat mendorong seorang dosen untuk memperoleh jabatan fungsional guru besar tersebut.

Pada kesempatan itu itu, Rektor Prof. Ganefri, Ph.D. menegaskan bahwa guru besar yang sudah pensiun dari PNS di Universitas Negeri Padang diminta oleh universitas untuk membantu dan mengabdikan diri bagi kemajuan pendidikan di universitas ini.

Rektor Prof. Ganefri, Ph.D. dalam sambutannya menjelaskan bahwa Prof. Z. Mawardi Effendi, M.Pd. (Mantan Rektor UNP 2003-2008 dan 2008-2011), adalah guru besar Fakultas Ekonomi yang hampir 30 tahun mengabdikan diri sebagai pejabatnya struktural di IKIP Padang dan Universitas Negeri Padang sejak Kepala Pusat Sumber Belajar, Pembantu Dekan, Dekan, Wakil Rektor, Rektor, Ketua Program studi S3, dan Ketua Senat di Universitas Negeri Padang.

"Prof. Z. Mawardi Effendi, M.Pd. adalah guru besar dalam bidang teknologi pendidikan pada Fakultas Ekonomi dan sangat banyak membimbing mahasiswa untuk menjadi doktor sehingga keahlian beliau sangat banyak dinikmati oleh mahasiswa," tambah Rektor Prof. Ganefri, Ph.D.

Rektor Prof. Ganefri, Ph.D. juga menjelaskan bahwa Prof. Dr. Harris Efendi Thahar, M.Pd. adalah dosen Fakultas Bahasa dan Seni yang juga seorang sastrawan dan budayawan di Indonesia. Prof. Dr. Harris Efendi Thahar, M.Pd. mengalami perkuliahan dan pengabdian yang panjang sejak tenaga kependidikan dan melanjutkan pendidikan sarjana, magister, dan doktor hingga memperoleh jabatan fungsional guru besar.

"Prof. Dr. Mukhaiyar, M.Pd. adalah akademisi dan guru besar bahasa Inggris di Fakultas Bahasa dan Seni yang pernah menjabat sebagai asisten direktur, direktur pada Program Pascasarjana UNP, ketua senat FBS dan sering menjadi narasumber dalam seminar internasional di luar negeri," jelas Rektor Prof. Ganefri, Ph.D.

Menurut Rektor Prof. Ganefri, Ph.D., dalam kepemimpinan sebagai Direktur Program Pascasarjana, Prof. Dr. Mukhaiyar, M.Pd. telah banyak mendorong dan memfasilitasi dosen-dosen Universitas Negeri Padang untuk melanjutkan studi program magister.

"Prof. Dr. Sayuti Syahara, M.S (Fakultas Ilmu Keolahragaan) adalah dosen di Universitas Negeri Padang dan praktisi olahraga di tingkat nasional serta banyak berkontribusi untuk memajukan pendidikan olahraga dan memajukan olahraga di Sumatera Barat dan memajukan olahraga di Indonesia," jelas Rektor Prof. Ganefri, Ph.D. (ET)

Video