Mahasiswa FBS Ikuti KKN Daring UNP yang Dilepas Menteri Desa PDTT

Padang-Setelah 25 tahun tidak melakukan Program Kuliah Kerja Nyata (KKN), tahun 2020 ini kembali melakukan Program KKN bagi mahasiswa yang disebut dengan KKN Daring di tempat mahasiswa berdomisili. Program KKN Universitas Negeri Padang tahun 2020 ini diikuti oleh sebanyak 7488 dan melibatkan sebanyak 254 dosen pembimbing dan berlokasi di 21 Provinsi, 173 kabupaten dan kota, serta 4240 nagari dan desa di Indonesia. Satu orang mahasiswa juga melakukan Program KKN di Negara Malaysia.

Demikian disampaikan oleh Ketua LP2M Universitas Negeri Padang Prof. Dr. Yasril, M.S. dalam laporannya di awal kegiatan Peresmian dan Pelepasan KKN Daring Universitas Negeri Padang pada pagi ini yang menggunakan video konferensi dan disiarkan melalui youtube pada Selasa pagi ini (23/6).

"Mahasiswa Universitas Negeri Padang angkatan tahun 2017 melalui kurikulum diwajibkan mengikuti KKN yang dilaksanakan berbasis tempat tinggal sehingga diharapkan dapat membantu program-program Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi," jelas Rektor UNP Prof. Ganefri, Ph.D.

Pada kesempatan itu Rektor Universitas Negeri Padang Prof. Ganefri Ph.D. menjelaskan bahwa KKN Daring UNP tahun 2020 ini terutama difokuskan pada sosialisasi dan edukasi dalam berbagai aspek, masalah pemetaan, membuat atau menghasilkan produk, menciptakan berbagai gagasan dalam membangun nagari atau desa di Indonesia.

"Kegiatan KKN Universitas Negeri Padang tahun ini juga sesuai arahan Pak Menteri yakni untuk menciptakan sinergi antara Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan," jelas Rektor Prof Ganefri Ph.D.

Pada kesempatan itu, Gubernur Sumatera Barat Prof. Dr. Irwan Prayitno, M.Sc., Psi. dalam sambutannya mengatakan bahwa pemerintah Provinsi Sumatera Barat juga memberikan apresiasi kepada Universitas Negeri Padang yang tetap produktif walaupun pada suasana Covid-19 untuk membantu daerah mengatasi Covid-19 ini.

"Kegiatan KKN Universitas Negeri Padang adalah yang sangat baik karena mahasiswa peserta KKN didekatkan dengan kampungnya sehingga bisa cepat produktif dan kreatif mengembangkan daerahnya," jelas Gubernur Sumatera Barat Prof. Dr. Irwan Prayitno, M.Sc., Psi.

Pada kesempatan itu, Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Drs. Abd. Halim Iskandar, M.Pd. memberikan apresiasi kepada Rektor UNP Prof. Ganefri, Ph.D. yang telah berkhidmat kembali untuk pengembangan nagari dan desa yang telah kembali melakukan Program KKN di Universitas Negeri Padang.

"Program KKN Universitas Negeri Padang ini diharapkan menjadi program yang tidak terpisahkan dengan program Kementerian Desa PDTT yakni dua hal yang menjadi fokus yakni pengembangan sumber daya manusia dan pertumbuhan ekonomi," jelas Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Drs. Abd. Halim Iskandar, M.Pd. dalam sambutannya ketika meresmikan dan melepas mahasiswa KKN Daring Covid-19 di Universitas Negeri Padang. (ET)

Video