Mahasiswa Magister FBS UNP Ikuti Pelatihan Penulisan Artikel Jurnal Internasional

Padang, fbs.unp.ac.id - Mahasiswa Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang mengikuti pelatihan penulisan artikel jurnal internasional pada hari ini (6/3) di Ruang Sidang Senat FBS UNP Kampus Air Tawar Padang.

Dekan Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang Prof. Dr. Ermanto, S.Pd., M.Hum. mengemukakan bahwa pelatihan penulisan ilmiah seperti buku, artikel jurnal nasional, maupun artikel jurnal internasional pada sangat penting bagi Anda untuk menunjukkan kualitas jati diri sebagai lulusan magister dari Universitas Negeri Padang.

"Mahasiswa lulusan program studi magister di FBS Universitas Negeri Padang diharapkan telah memiliki sejumlah terbitan karya ilmiah seperti buku ber-ISBN, artikel jurnal nasional, artikel jurinternasional. Publikasi karya ilmiah sangat penting sebagai wujud kualitas diri karena juga dijadikan sebagai bahan seleksi dalam penerimaan dosen di perguruan tinggi," jelas Dekan Prof. Dr. Ermanto, S.Pd., M.Hum.

Koordinator Program Studi Prof. Dr. Syahrul, M.Pd. mengemukakan pada pelatihan ini dihadirkan narasumber dari Universitas Bengkulu, Prof. Dr. Syafnil Arsyad, M.A. yang sudah banyak menghasilkan karya ilmiah berupa karya artikel ilmiah pada jurnal internasional. Lebih lanjut Prof. Syahrul mengharapkan mahasiswa dapat menimba ilmu, kiat dan cara mempublikasikan artikel ilmiah dari narasumber.

Narasumber Prof. Dr. Syafnil Arsyad, M.A. menjelaskan secara teknis penulisan artikel ilmiah yang dapat dipublikasikan pada jurnal nasional terakreditasi dan jurnal internasional yakni kelaziman penulisan judul, penulisan abstrak dan kata kunci, penulisan pendahuluan, penulisan metode, penulisan temuan dan pembahasan, penulisan simpulan, dan penulisan rujukan. (ET)