FBS UNP Praktikkan Musik Tradisi dalam Kehidupan Budaya Minangkabau

Padang, fbs.unp.ac.id - Jurusan Seni Drama Tari dan Musik, Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Padang mengimplementasikan keberadaan musik tradisi Minangkabau dalam kehidupan budaya masyarakat. Salah satu eksistensi musik tradisi tersebut adalah dalam tradisi prosesi arakan kedua mempelai dari rumah bako dan proses makan bajamba.

Demikian disampaikan oleh Syailendra, S.Kar., M.Hum. yang merupakan dosen pengampu mata kuliah Musik Tradisi dan sekaligus Ketua Jurusan Sendratasik FBS UNP kepada wartawan hari ini (20/12) ketika pelaksanaan praktik prosesi arakan mempelai dari rumah bako yang diiringi dengan musik tradisi Minangkabau.Kegiatan ini juga dihadiri oleh Prof. Dr. Ermanto, S.Pd., M.Hum. Dekan FBS dan Ir. Drs. Heldi, Ph.D. Wakil Dekan 2 FBS Universitas Negeri Padang.

Pada kesempatan itu Ketua Jurusan Sendratasik FBS UNP, Syailendra, S.Kar., M.Hum. menjelaskan bahwa musik tradisi perlu dilestarikan dan harus terus diimplementasikan dalam berbagai tradisi atau budaya Minangkabau.

Untuk itu jelas Syailendra, S.Kar., M.Hum., Jurusan Sendratasik Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Padang selalu mengembangkan dan melestarikan musik tradisi Minangkabau dalam berbagai kegiatan budaya dalam kehidupan masyarakat. (ET)

Video