Pengelola Jurnal Humanus FBS UNP Studi ke Jurnal IJIMS Terindeks Scopus IAIN Salatiga

Padang, FBS UNP - Pengelola Jurnal Humanus FBS UNP yang diwakili oleh Editor Prof. Dr. Ermanto, S.Pd., M.Hum. dan Editor Dr. Havid Ardi, M.Hum. melakukan studi pengelolan dan manajemen jurnal pada hari ini (16/12) ke Jurnal IJIMS IAIN Salatiga yang sudah terindeks scopus.

Kedua editor Jurnal Humanus FBS Universitas Negeri Padang diterima secara langsung oleh para editor yang dipimpin langsung oleh Ketua Penyunting yang juga sebagai Rektor IAIN Salatiga 2019-2023, Prof. Dr. Zakiyuddin, M. Ag. di ruangan Rumah Jurnal Kampus IAIN Salatiga.

Berdasarkan pengalaman pengelolaan Jurnal IJIMS yang sudah terindeks scopus, Ketua Penyunting Prof. Dr. Zakiyuddin, M. Ag. menjelaskan bahwa untuk mendapatkan jurnal terindeks scopus perlu keberanian dan motivasi yang tinggi para pengelola. Selain itu, aspirasi geografi secara internasional atas konten artikel-artikel harus menjadi perhatian pengelola.

Lebih lanjut jelas Prof. Dr. Zakiyuddin, M. Ag., editorial jurnal harus berasal dari lintas benua dan diusahakan berasal atau mewakili lima benua. Hal lain yang juga penting diperhatikan jelas Prof. Dr. Zakiyuddin, M. Ag. adalah kebijakan yang jelas, rinci, dan detail; konten artikel yang bermutu dengan pengaranf lintas negara; serta penampilan perwajahan web jurnal yang baik.

Pada kesempatan itu, Editor Jurnal Humanus FBS UNP yang juga Dekan FBS UNP Prof. Dr. Ermanto, S.Pd., M.Hum. menjelaskan bahwa Jurnal Humanus adalah Jurnal yang sudah terakreditasi secara nasional pada peringkat Sinta 2.

Berdasarkan hal itu jelas Prof. Dr. Ermanto, S.Pd., M.Hum., pengelola Jurnal Humanus sedang berusaha untuk mendapatkan peringkat Sinta 1 dan berusaha terindeks global seperti terindeks oleh WoS atau terindeks scopus seperti Jurnal IJIMS IAIN salatiga. (ET)