Wakil Dekan III FBS UNP: Latihan Kepemimpinan Perlu bagi Mahasiswa

Padang, fbs.unp.ac.id - Sekitar 100 mahasiswa Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Padang mengikuti Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa (LKMM) tingkat dasar yang berlangsung pada 29 November sampai 1 Desember bertempat di Imelda Hotel, Ulu Gadut Padang.

Pada kesempatan itu, Wakil Dekan III FBS Indra Yuda, S.Pd., M.Pd., Ph.D. ketika membuka kegiatan LKMM tersebut mengemukakan bahwa tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan wawasan dan keterampilan kepemimpinan bagi peserta.

"Mahasiswa merupakan calon pemimpin masa depan. Untuk itu, mahasiswa perlu memahami semua seluk beluk kepemimpinan sejak sekarang. Dengan demikian, kegiatan LKMM ini sangat perlu diikuti oleh setiap mahasiswa calon pemimpin di Indonesia," jelas Wakil Dekan III FBS Indra Yuda, S.Pd., M.Pd., Ph.D.

Lebih lanjut Indra Yuda, S.Pd., M.Pd., Ph.D. menjelaskan dalam pelatihan ini, mahasiswa langsung mengelola kegiatan LKMM ini sebagai wujud praktik kepemimpinan tersebut.

Selain itu, Indra Yuda, S.Pd., M.Pd., Ph.D. menambahkan bahwa materi atau topik yang dilatihkan adalah permasalahan administrasi, penjabaran rencana kerja dan kepanitiaan, pengendalian motivasi dan kepemimpinan, peran dan fungsi lembaga kemahasiswaan di perguruan tinggi, pengembangan program kerja organisasi, perumusan gagasan awal, dan dilanjutkan dengan kegiatan mancakrida (outbound).

Wakil Dekan III Indra Yuda, S.Pd., M.Pd., Ph.D. menambahkan bahwa untuk membicarakan topik-topik tersebut menghadirkan narasumber Drs. Ir. Heldi, M.Si., Ph.D., Drs. Esy Maestro, M.Sn., Drs. Muasri, Indrayuda, S.Pd., M.Pd., Ph.D., Ir. Armeynd Sufhasril, B.Ac., dan Prof. Dr. Ermanto, S.Pd., M.Hum. (ET)