Guru-guru Seni Budaya SMP Bukittinggi Dilatih Membatik oleh Dosen FBS UNP

Padang, fbs.unp.ac.id -Untuk meningkatkan kemampuan guru-guru Seni Budaya SMP Bukittinggi khususnya dalam pembelajaran Seni Rupa, Tim dosen Jurusan Seni Rupa FBS Universitas Negeri Padang mengadakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan pelatihan ini dikhususkan pada materi seni rupa yakni kerajinan batik.

Demikian disampaikan oleh Ketua Tim, San Ahdi, S. Sn., M. Ds. kepada wartawan hari ini (18/10) di Kampus FBS Air Tawar Padang.

Menurut Ketua Tim, kegiatan pelatihan ini dilaksanakan di dua tempat yakni di SMPS Xaverius dan SMPN 3 Bukittinggi yang berlangsung semester Juli-Desember 2019 dengan peserta sebanyak 19 orang.

Dijelaskannya, tim pelaksana terdiri atas San Ahdi, S.Sn.,M.Ds. sebagai ketua pelaksana, Drs. Widiarman, M.Pd., Drs. Suib Awrus, M.Pd. dan Drs. Erwin, M.Sn sebagai anggota pelaksana.

Menurut ketua pelaksana, San Ahdi, S.Sn,M.Ds., tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan guru-guru seni budaya dalam materi seni rupa. Dalam kegiatan ini guru-guru dilatih dengan materi kelas VII semester 2 yakni pengaplikasian ragam hias pada media tekstil yakni keterampilan membatik.

Pada kesempatan itu, Ketua MGMP SENI Budaya SMP Bukittinggi Dina Astuty, S.Pd., menjelaskan bahwa materi membatik sangat dibutuhkan oleh guru-guru seni budaya, karena materi ini perlu diberikan padahal guru-guru kurang memahaminya. Apalagi pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI telah memberikan bantuan peralatan batik ini ke sekolah-sekolah.

Lebih lanjut Dina Astuty, S.Pd. mengatakan bahwa pada umumnya guru-guru seni budaya SMP Bukittinggi tidak berlatar belakang pendidikan seni rupa, sehingga guru-guru kurang menguasai materi seni rupa, khususnya membatik ini. Dengan diberikannya materi ini diharapkan guru-guru dapat menerapkannya di sekolah, sehingga permasalahan dalam pelaksanaan pembelajaran seni rupa dapat diatasi. (ET)