26 Karya Ditampilkan dalam Pergelaran Ensemble Sendratasik 2019

Pergelaran Ensambel Musik menampilkan 26 karya dalam Pergelaran Musik Ensemble; Chord’e Inverte. 26 karya ditampilkan oleh 60 orang mahasiswa prodi Pendidikan Sendratasik Tahun Masuk (TM) 2016 semester Januari-Juni 2019. Mengusung tema legends that remain all the time, pembukaan Ensemble disuguhkan dengan penampilan ensemble tradisi dan dilanjutkan ensemble sejenis yang tentunya karya yang diaransemen mahasiswa dan dosen serta dikondakturi oleh mahasiswa Sendratasik.

Turut hadir Wakil Rektor III UNP, Prof. Dr. Ardipanl, M.Pd., Wakil Dekan III FBS UNP, Drs. Esy Maestro, M.Sn., dan orang tua yang hadir di Medan nan Balinduang Pendopo Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Padang (UNP) dalam ensembel tahun 2019 ini. Selasa, (23/4).

Dosen pengampu mata kuliah Erfan, S.Pd., M.Pd., Yos Sudarman, S.Pd., M.Pd., dan Hengki Armez Hidayat, S.Sn., M.Sn., mengucapkan terima kasih kepada orang tua atas kepercayaan anaknya untuk belajar dan menimba pengalaman di Jurusan Sendratasik FBS UNP. “Di hadapan orang tua mahasiswa, kami mengucapkan terima kasih atas dukungannya untuk menguliahkan putra-putri terbaiknya di jurusan Sendratasik”, jelas Erfan, S.Pd., M.Pd.

Lebih lanjut Yos Sudarman, S.Pd., M.Pd., menyampaikan pergelaran ensemble ini merupakan wujud pembelajaran teori dan latihan yang berproses di kelas. Setelah mempelajari teori dan praktik di kelas, 26 karya yang digarap ditampilkan dalam pertunjukan di panggung dan kami juga mengundang orang tua mahasiswa untuk menyaksikan penampilan putra-putrinya.

“Selain itu mata kuliah ini menjadi peluang bagi mahasiswa dalam beroleh pengalaman  prilaku musik (memainkan musik) sehingga terbentuk musik prilaku (dampak karakter bermusik). Selanjutnya pertunjukan ensemble ini sebenarnya akan menjadi cikal bakal dalam terwujudnya program studi (prodi) baru yaitu prodi Seni Pertunjukan di UNP”, terang Yos Sudarman.

Turut hadir Wakil Rektor III UNP, Prof. Dr. Ardipal, M.Pd., sekaligus membuka acara. Prof. Ardipal dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan seni pertunjukan merupakan proses berseni dan belajar. Selain belajar dan mendalami tentang kesenian, juga sebagai wadah melatih jiwa dan karakter seperti bertanggungjawab, disiplin, dan tekun.

Lebih lanjut Wakil Rektor III juga menyampaikan bahwa pertunjukan ini merupakan ajang  menampilkan karya dan apresiasi diri dalam berkarya, sehingga muncul motivasi berkarya yang positif. “Jurusan Sendratasik melalui karya-karya mahasiswa dalam ajang pertunjukan dan kompetisi di bidang seni akan dapat meningkatkan kredibilitas UNP ke depannya yang lebih baik”, harap Wakil Rektor III UNP.

Dalam 26 karya yang ditampilkan, di tengah acara turut juga Wakil Rektor Prof. Ardipal  bersama 2 rekannya Erfan dan Ardoni unjuk kebolehannya menyanyikan lagu untuk menghibur penonton yang hadir dalam pergelaran ensemble tahun 2019. Serta juga turut Wakil Dekan III FBS UNP, Drs. Esy Maestro juga membawakan tembang Jangan Salah Menilai yang membuat riun penonton yang hadir memenuhi pendopo FBS. (Jaya Nasa Perta)