Kunjungan Kerja Rektor Awal Tahun 2019 di FBS

Rektor Universitas Negeri Padang (UNP), Prof. Ganefri bersama Wakil Rektor I, II, III, dan IV berserta kepala biro, di awal tahun 2019 mengunjungi fakultas-fakultas se lingkungan UNP. Kunjungan kerja pimpinan universitas dalam rangka kegiatan temu ramah serta mensosialisasikan capaian kinerja universitas dan fakulta untuk memperkuat komitmen bersama. Fakultas Bahasa dan Seni (FBS)  UNP mendapat kunjungan hari pertama di awal tahun 2019 ini. Kunjungan pimpinan universitas di FBS dilangsungkan di ruang sidang fakultas. Selasa (8/1).

Rektor UNP, Prof. Ganefri menjelaskan capaian kinerja universitas merupakan capaian kinerja bersama. Capaian UNP dari tahun ke tahun yang saat ini menduduki posisi ke 26 dari posisi 67 memberikan kesan baik bagi Kemenristekdikti. “Berkat komitmen dan dukungan kita bersama, Kata orang dari Kemenristekdikti bahwa UNP saat ini diistilahkan lopat galah. Ini apresiasai yang luar biasa kita terima. Di tahun mendatang dengan komitmen dan dukungan kita bersama yang lebih kuat, kita akan terus tingkatkan lompatan-lompatan untuk membangun dan mengembangkan UNP menjadi Perguruan Tinggi Global”, tegas Rektor.

Lebih lanjut rektor juga menyampaikan terima kasih dan memberikan apresiasi yang tinggi kepada sivitas akademika FBS atas capaian kinerja yang berada di level atas. “Dari pemaparan dekan dan melihat 1 tahun belakangan, capaian kinerja dari FBS sesuai dengan perjanjian kinerja dekan kepada rektor. Hampir semuanya berada di atas target. Komitmen dan dukungan seperti ini perlu ditingkatkan”, sebut Rektor.

Menghadapi tahun 2019, capaian kinerja yang sudah baik ini perlu ditingkatkan untuk membangun UNP memperoleh loncatan-loncatan kemajuan yang lebih baik. Komitmen yang kuat dan dukungan bersama saling bahu membahu akan menetukan UNP di masa yang akan datang. Karya dosen dalam publikasi ilmiah yang berreputasi dari hasil penelitian dan pengabdian perlu menjadi perhatian. “Tahun ini setiap dosen minimal harus mempunyai 1 publikasi ilmiah yang bereputasi. Hal ini akan kita deskripsikan pada perjanjian kinerja dosen”, terang Rektor.

Dekan FBS, Prof. Dr. M. Zaim, M.Hum., di awal sesi kunjungan memaparkan kinerja FBS UNP selama tahun 2018. Pemaparan berlangsung dengan membandingankan target dengan realita capaian fakultas. Beberapa yang dipaparkan seperti keadaan akreditasi program studi, penelitian dosen, pengabdian dosen, lulusan, prestasi mahasiswa, jurnal, kualifikasi dosen, publikasi, HAKI, dan lainnya. “Kami segenap civitas akademika FBS UNP dengan komitmen bersama terus berupaya untuk memberikan kinerja terbaik untuk fakultas dan tentunya universitas. Namun, dalam penunjang capaian kinerja tersebut, di tahun mendatang kami merasa perlu untuk menjadi perhatian bersama terkait perbaikan beberapa sarana fisik di FBS seperti laboratorium bahasa, studio musik, studio grafis, dan desain. Kami yakin dan percaya apabila sarana ini diperbaiki, tentu akan menunjang capaian kinerja fakultas menjadi lebih baik. Kemudian, dengan sistem BLU ini sarana seperti aula dan kantin di gedung baru tersebut rasanya apabila dituntaskan akan memberikan dampak yang positif juga”, terang Dekan FBS. (Jaya Nasa Perta)