Festival Sastra Mursal Esten III Universitas Negeri Padang

Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah (Basindoda) Fakultas Bahasa dan Sen (FBS) Universitas Negeri Padang (UNP) kembali mengadakan Festival Sastra Mursal Esten III tahun 2018. Festival sastra ini merupakan agenda tahunan jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah sebagai wadah bagi mahasiswa untuk belajar, memulai, dan pengalaman ikut bertanding. Awalnya festival sastra ini diuntukkan kepada mahasiswa jurusan Basindoda saja, tahun ini Festival Sastra Mursal Esten dilaksanakan tingkat Universitas Negeri Padang. Hal ini ditegaskan oleh Ibu Yulianti Rasyid, S.Pd., M.Pd., sebagai ketua pelaksana dalam sambutannya di Ruang Teater Tertutup Mursal Esten FBS UNP. “Kegiatan ini merupakan agenda tahunan jurusan dan tahun ke 3 diadakan. Kegiatan  tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya, dimana pelaksanaan diikuti tingkat Universitas Negeri Padang.” Jelasnya.

Dilaksanakan selama 2 hari dibuka oleh Dekan FBS UNP, Prof. Dr. M. Zaim, M.Hum. Jumat-Sabtu (12-13/10). Dimulai dengan diskusi sastra yang bekerjasama dengan unit kegiatan mahasiswa Surat Kabar Kampus Ganto yang mengundang pendongeng Niki Martoyo, pendongeng ulung asal Suamtera Barat. Diskusi sastra ini mengangkat tema “Melalui Dongeng, Cintai Indonesia”.

Tahun ini ada 9 cabang lomba yang diadakan, lomba menulis puisi, menulis cerpen, menulis esai, pewara, membaca puisi, monolog, berbalas pantun, debat, dan mendongeng. Dengantotal peserta lebih kurang 300 orang. Hal ini dibenarkan oleh pelaksana Yulianti Rasyid, S.Pd., M.Pd., “Data peserta yang mengikuti lomba per bidangnya, bidang menulis puisi 76 peserta, menulis esai 29 peserta, menulis cerpen 40 peserta, membaca puisi 50 peserta, pewara 30 peserta, monolog 20 peserta, dongeng 30 peserta, debat 18 tim, dan balas pantun 12 tim”, jelas ketua pelasana.

Sebelumnya kita harus mengetahui dulu kenapa festival ini dinamakan Mursal Esten. Prof. Dr. Mursal Esten adalah seorang sastrawan, kritikus, budayawan, dan penulis terkenal. Oleh sebab itu, untuk menghargai beliau ruang teater dan festival ini diberi nama Mursal Esten. Hal ini selaras dengan apa yang disampaikan Ketua Jurusan Dra. Emidar, M.Pd “Mahasiswa barangkali belum banyak kenal dengan Mursal Esten. Prof. Dr. Mursal Esten adalah dosen jurusan Bahasa Indonesia yang meninggal tahun 2003. Beliau adalah seorang akademis sastra, kritikus, budayawan, dan penulis terkenal. Oleh sebab itu nama beliau diabadikan dengan nama kegiatan. Nama teater tertutup ini juga dinamai dengan nama beliau”, ungkap ketua jurusan.

Dekan FBS UNP, Prof. Dr. M. Zaim, M.Hum., menegaskan penamaan acara ini dan ruang teater ini dengan nama Mursal Esten. “Beliau adalah dosen terbaik yang dimiliki UNP, memiliki karya yang luar biasa di bidang sastra dan budaya. Beliau juga pernah menjabat sebagai Direktur ASKI Padangpanjang, kepala taman budaya Sumbar, ketua perhimpunan sastrawan Indonesia dan karir jabatan lainnya”, jelas Dekan. Lebih lanjut Dekan menyampaikan terima kasih serta apreasiasinya kepada jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah dan SKK Ganto atas inisiatif 2 kegiatan yang penting ini. “Karena kegiatan ini adalah kegiatan tahunan jurusan, mudah-mudahan tahun depan, Festival Sastra Mursal Esten ke IV bisa diselenggarakan tingkat Sumbar atau Nasional’, tutup Dekan. (Jaya Nasa Perta dan Dila Rezaitodena)