Mahasiswa Baru; Penting Mengetahui Tata Tertib Kehidupan Kampus dan SKPI

Mahasiswa baru dalam kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PPKMB) jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri Negeri (SNMPTN) di Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Padang (UNP) dibekali wawasan tentang Tata Tertib Kehidupan Kampus dan Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI). Dua materi tersebut disampaikan oleh dosen yaitu Fitrawati, S.S., M.Pd., (Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris) dan Zulfadhli, S.S., M.A., (Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah) dan dimoderatori oleh Jaya Nasa Perta (Staf Akademik dan Kemahasiswaan) yang berlangsung di Ruang Tertutup Mursal Esten FBS UNP. Sabtu (7/7).

Dalam penjelasan materi Fitrawati, S.S., M.Pd., menyampaikan pentingnya mahasiswa baru untuk mengetahui tata tertib kehidupan kampus. Lingkungan baru menjalankan tugas sebagai mahasiswa akan berbeda dari sebelumnya sebagai siswa di sekolah. Lebih lanjut pemateri juga menyampaikan bahwa manajemen diri seorang mahasiswa sangat pendting dalam menjalankan kehidupan kampus, termasuk disiplin diri dan waktu. “Mahasiswa baru harus mulai mengenali dan mengetahui sistem dan tata tertib perkuliahan di kampus ini, termasuk cara belajar, etika mahasiswa, dan hak serta kewajiban mahasiswa serta aturan yang berlaku”, jelasnya.

Kemudian disambung pemateri selanjutnya, Zulfadhli, S.S., M.A., yang menyampaikan materi tentang SKPI menjelaskan bahwa penting sekali keberadaan SKPI sebagai surat keterangan yang mencakup catatan kegiatan mahasiswa selama di perkuliahan. Catatan didalamnya menerangkan prestasi, keaktifan berorganisasi, serta pelatihan yang diikuti oleh mahasiswa. “SKPI merupakan rekaman kegiatan mahasiswa untuk keterangan yang sah dari pihak kampus untuk menjelaskan seorang mahasiswa berprestasi, aktif dalam kegiatan organisasi, serta ikut serta dalam kegiatan-kegiatan pelatihan. SKPI ini sangat berguna nantinya ketika saudara sudah lulus dan melamar pekerjaan”, tegasnya.

Lebih lanjut Zulfadhli, S.S., M.A., menyampaikan bahwa kuliah di kampus harus menyeimbangkan 3 hal yaitu, rajin kuliah, aktif berorganisasi dan ukir prestasi. “Seorang mahasiswa rajin Kuliah untuk menambah ilmu dan wawasan, aktif berorganisasi untuk pengembangan diri, dan ukir prestasi untuk sebuah bukti”, tutupnya. (Jaya Nasa Perta)