Pentas Kreativitas Bahasa dan Sastra Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia

Suasana yang berbeda pada penyelenggaraan Pentas Kreativitas Bahasa dan Sastra Indonesia yang diselenggarakan oleh Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah (JBSID) Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Padang (UNP). Dalam penyelenggaraannya JBSID bekerjasama dengan Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Bahasa dan Seni (FBS)  Universitas Negeri Medan (UNIMED). Sabtu (28/4).

Pentas kreativitas bahasa dan sastra tahun ini menyelenggarakan 4 cabang lomba, lomba puisi, dongeng, pewara, dan debat bahasa Indonesia. Diikuti oleh 52 orang peserta yang terdiri dari 22 peserta puisi, 10 UNP, 10 UNIMED dan 2 Mahasiswa Permata. 8 peserta Dongeng, 4 UNP dan 4 UNIMED. 10 peserta Pewara, 5 UNP dan 5 UNIMED. 4 Tim Debat, 2 tim UNP dan 2 tim UNIMED.

Ketua Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah, Dra. Emidar, M.Pd., menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan kerjasama antar perguruan tinggi dalam bentuk studi banding, berbagi informasi dan pengalaman. “Agar lebih berwarna, kegiatan ini mengadakan pertandingan persahabatan dari mahasiswa untuk memperlihatkan kebolehan dan kepiawaiannya dalam pentas berbahasa dan bersastra. Terpenting dari itu bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menjalin hubungan baik dan silaturahim antar perguruan tinggi”, jelas Emidar.

Ketua Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia UNIMED, Drs. Syamsul Arif, M.Pd., juga menyampaikan nada yang sama bahwa muara dari kegiatan ini adalah terjalinnya hubungan yang baik antar perguruan tinggi. Lebih lanjut Syamsul Arif menjelaskan bahwa kerja sama Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah UNP dengan Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia UNIMED, sudah terjalin cukup lama dalam berbagai kegiatan. “Dengan kegiatan ini, hendaknya bisa membuka cakrawala melihat dunia lain dan membuka cakrawala perbaikan diri sendiri”, ungkap Syamsul Arif.

Prof. Dr. Ermanto, S.Pd., M.Hum., Wakil Dekan I FBS UNP, yang mewakili Dekan FBS, juga menyampaikan sambutannya kepada rombongan dari UNIMED yang diketuai oleh Drs. Syamsul Arif, M.Pd., di Kampus Selatan UNP. Harapan yang sama juga dibenarkan oleh Prof. Ermanto, bahwa kegiatan ini bukanlah lomba, akan tetapi sebuah momen saling berbagi dan silaturahim. Selamat berkegiatan, jadikan momen ini sebagai wadah saling berbagi dan bertukar pengalaman.” Tegas Wakil Dekan I. (Jaya Nasa Perta)