Achyar Sikumbang; Dosen Senior Seni Rupa Tutup Usia

Berita duka kembali menyelimuti keluarga besar Universitas Negeri Padang (UNP), khusunya Fakultas Bahasa dan Seni (FBS). Hari Minggu, (18/2) Dosen Jurusan Seni Rupa, Drs. Achyar Sikumbang dipanggil oleh yang maha kuasa di umurnya ke 71 tahun di Komplek Wisma Indah 3 Blok i Perupuk Tabing Padang.

Tenaga pengajar senior di Jurusan Seni Rupa dari tahun 1987 ini juga berkiprah sebagai seniman ilustrator yang mengharumkan nama UNP di luar kampus. Semenjak tahun 1975 sampai tahun 2017, Almarhum dipercaya sebagai ilustrator di Koran Harian Singgalang. Kemudian almarhum juga terkenal sebagai pencipta karakter tokoh karikatur Tambaro di Koran Harian Singgalang.

Di kampus UNP sendiri, almarhum sebelum menjadi dosen pernah mengabdi sebagai guru di Sekolah Pembangunan IKIP Padang dari tahun 1975 sampai 1987. Kemudian karir almarhum juga dipercaya sebgai komandan Resimen Mahasiswa UNP dan pernah menjabat sebagai kepala humas UNP dari tahun 2000 sampai 2004.

Menghormati kepergian dosen senior UNP, Rektor UNP, Prof. Ganefri, Ph.D., dalam sambutan pada acara pelepasan yang dilaksanakan di Lobi Gedung Rektorat UNP menyampaikan rasa duka atas kepergian salah seorang dosen senior dan juga seniman yang dimiliki UNP yang sudah mengharumkan nama UNP selama ini. Baik karir sebagai guru, dosen, kepala humas, komandan resimen mahasiswa, dan juga seniman ilustrator.

“Jasa almarhum selalu terkenang sebagai dosen dan juga seniman hebat yang sudah mengharumkan nama UNP. Marilah kita bersama-sama mengantar almarhum sampai ke pemakaman tempat peristirahatan terakhir”, tutup Rektor UNP. (Jaya Nasa Perta)