Filter
  • Lepas 315 Wisudawan, Wisudawan FBS menjadi Pemuncak IPK tertinggi Universitas untuk Program Sarjana dan Diploma

    Upacara penyerahan ijazah wisudawan/wisudawati Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) UNP berlangsung hikmat. Semenjak dimulai pukul 11.00 wib acara berjalan dengan lancar dan hikmat. Kehikmatan acara diketahui dengan tidak adanya gaduhan atau hal-hal yang merusak saat acara berlangsung. Pendopo FBS UNP sebagai tempat acara dipenuhi lebih kurang 500 orang dan ribuan orang yang memadati di lingkungan FBS, Sabtu (12/30).

  • FBS, Selenggarakan Anugerah Bahasa dan Seni tahun 2016

    Sudah menjadi kegiatan tahunan Fakultas Bahasa dan Seni (FBS), tahun ini kembali mengadakan anugerah bahasa dan seni kepada dosen dan mahasiswa yang memiliki prestasi di bidang bahasa dan seni. Anugerah bahasa dan seni tahun 2016 diuntukkan kepada dosen dan mahasiswa yang memiliki prestasi di tahun 2015, terhitung mulai bulan Januari sampai Desember 2015. Pengumuman dan penyerahan hadiah anugerah bahasa dan seni 2016 disampaikan dalam acara penyerahan ijazah wisudawan/ wisudawati FBS UNP periode 105 di Pendopo FBS UNP, (12/3).

  • Seminar Budaya 11 Tahun Gempa dan Tsunami Samudera Hindia

    Memperingati 11 tahun gempa dan tsunami samudera hindi, seorang peneliti dari Rikkyo University Pusat kajian Wilayah Asia, Yoko Takafuji, MBA., memberikan seminar road show yang bekerjasama dengan beberapa perguruan tinggi, lembaga, dan sekolah di Sumatera Barat. Yoko Takafuji memberikan sosialisasi Kamishibai atau yang lebih dikenal dengan makna cerita bergambar Jepang terhadap siaga bencana. Bekerjasama dengan Universitas Negeri Padang, sosialisasi dilaksanakan di Ruang Teater Tertutup FBS UNP, (21/3).

  • Launching dan Seminar Bedah Novel 2 Buah Karya Thye Savannah

    Bagaikan menikah lalu melahirkan anak kembar, begitulah ungkapan dalam sepatah kata yang disampaikan oleh Bapak Hasril Caniago penulis biografi nasional dan buku sejarah, dalam sambutannya ketika menghadiri launching novel Putri Permata Sari, mahasiswa Jurusan Sastra Inggris Universitas Negeri Padang, yang sekarang kerap disapa Thye Savannah nama penanya. Menekuni proses dunia tulis menulis diibaratkan penikahannya, sekarang Thye Savannah berhasil melaunching dua novel secara bersamaan. Hal ini adalah sebuah proses kreatif yang luar biasa bagi penulis muda yang memiliki semangat berkarya yang luar biasa. “Apresiasasi yang tinggi dan motivasi bagi kita semua untuk bisa dan mampu berkarya dalam usia muda, seperti yang sudah dilakukan oleh pemilik nama pena Thye Savannah ini”, ungkap Pak Hasril.

  • Pembekalan Kewirausahaan Wisudawan/wati FBS ke 105

    Sebelum dilaksanakan upacara penyerahan ijazah, calon wisudawan dan wisudawati dari Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) selalu diberikan pembekalan kewirausahaan. Pembekalan ini bertujuan untuk memberikan wawasan dan pengetahuan kepada calon wisudawan dan wisudawati bahwa sebagai lulusan yang berlatar sebagai seorang pendidi, ke depannya tidaklah sebagai pendidik satu-satunya jalan. Banyak bidang yang bisa ditekuni, salah satunya menjadi seorang pengusaha. Hal ini sejalan dengan yang disampaikan oleh Wakil Dekan III, Drs. Esy Maestro, M.Sn., dalam sambutannya. Mewakili Dekan FBS, Prof. Dr. M. Zaim, M.Hum., yang tidak bisa hadir dalam pembekalan tersebut, pihak fakultas selalu memberikan layanan dan fasilitas terbaiki untuk mahsiswa dalam mejembatani karirnya ke depan. “Dengan materi pembekalan ini, hendaknya dapat memberikan keleluasaan pemikiran mahasiswa untuk tidak hanya bergelut di bidang pendidik saja, di luar sana akan banyak bidang yang dapat digelutinya, seperti alumni-alumni yang kita hadirkan sebagai pemateri dalam pembekalan ini”, jelas Esy Maestro.

  • Wirid Bulanan, LGBT Adalah Haram bagi yang Mendukung atau Mengikutinya

    Wirid bulan ini di Mushala Amanah Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) UNP diisi oleh Ustdz. Abdul Hadi Lc., MA. Sudah menjadi pokok pembicaraan yang sering dibahas dalam akhir-akhir ini, Ustadz. Hadi memberikan topik yaitu LGBT (lesbiah, gay, beeseksual, dan transgender).

    Wirid bulanan kali ini diikuti oleh Dekan FBS UNP, Prof. Dr. M. Zaim, M.Hum, Wakil Dekan II, Dr. Yahya, M.Pd., Wakil Dekan III, Drs. Esy Maestro, M.Sn., Ketua dan Sekretaris Jurusan, Ketua Prodi, staf pengajar, staf administrasi, darmawanita, dan mahasiswa FBS UNP, Jumat (4/3). Pembukaan dimulai dengan pembacaan ayat suci alquran yang dilantunkan oleh Memorizal, mahasiswa Jurusan Seni Rupa.

  • Bunkasai III FBS, Matahari Terbit di Langit Khatulistiwa

    Setelah sukses mengadakan Bunkasai II, mahasiswa Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Jepang Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Padang (UNP) kembali mengadakan Bunkasai III tahun 2016. Bunkasai III kali ini dikomandoi oleh mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Jepang tahun masuk 2014.

  • Pelatihan Jurnalistik dan Penilisan Kreatif

    Dunia jurnalistik sangat menarik dengan segala nilai guna yang tak sedikit, oleh sebab itu Fakultas Bahasa dan Seni mengadakan Kegiatan Pelatihan Jurnalistik dan Penulisan Kreatif yang dikhususkan untuk mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah di ruang Marapi Singgalang FBS, Sabtu (27/2).

  • Pengumuman bagi Wisudawan/ti Periode ke-105 (12 Maret 2016)

    PENGUMUMAN

     

    Diberitahukan kepada wisudawan/ti FBS Universitas Negeri Padang Periode ke-105 (12 Maret 2016) diwajibkan membawa Toga lengkap pada acara Gladi Resik Penyerahan Ijazah Kamis, 10 Maret 2016 untuk foto bersama per Prodi.

  • Pengumuman Bagi Wisudawan/wati Periode ke-105

    PENGUMUMAN

    Kepada calon Wisudawan/ti Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang Periode ke-105 tanggal 12 Maret 2016 untuk hadir pada:

  • BEM FBS UNP: Sosialisasi HIV/AIDS dengan Hand’s Colour

    Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FBS UNP bekerja sama dengan Komisi Penanggulangan Aids (KPA) Kota Padang menggelar sosialisasi HIV/AIDS, Selasa (24/3). Acara dihelat di laga-laga nan balinduang FBS UNP dengan mengusung tema, I Can, You Can, We Can Make a Better Life”.

  • FBS Menerima Kunjungan Akademik dari IAIN Padang Sidempuan

    Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Padang menerima kunjungan akademik dari Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Padang Sidempuan, pada Kamis (19/3) di ruang sidang FBS UNP.

  • Fakultas Bahasa dan Seni: Konsisten Mengadakan Wirid Bulanan

    Seperti bulan sebelumnya, Fakultas Bahasa dan seni (FBS)UNP mengadakan wirid bulanan yang diadakan setiap hari Jumat minggu ke-2 setiap bulan. Wirid Jumat  (13/3) ini berhasil mengundang Ustad Devi Dasmal, M.Ag., sebagai penceramah. Wirid dilaksanakan di Mushala Amanah FBS dimulai pada pukul 09.00 sampai pukul 11.00 wib.

  • Menyelami Budaya Jepang Lewat Bunkasai FBS UNP

    F1. Mewakili Rektor UNP, Pembantu Rektor IV Dr. Ardival, M.Pd., membuka acara secara resmi

    F2. Penampilan Cosplay oleh White Raven komunitas Jepang turut memeriahkan acara pembukaan Bunkasai II FBS UNP.

    Dalam menunjukkan eksistensi program studi (prodi), mahasiswa dari prodi bahasa Jepang Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Padang (UNP) kembali menggelar acara Bunkasai Ke II setelah tahun lalu sukses menggelar Bunkasai I. Bunkasi ke II  ini dilaksanakan selama dua hari dimulai Sabtu (28/2) dan Minggu (1/3). Tampak hadir dalam acara pembukaan Bunkasai, Pembantu Rektor IV, Dr. Ardival, M.Pd., Dekan FBS UNP Prof. Dr. M. Zaim, M.Hum, Pembnatu Dekan III FBS UNP, Drs. Esy Maestro, M.Sn, Ketua Jurusan BASING Dr. Hj. Kurnia Ningsih, M.A., Ketua Program Studi Bahasa Jepang Drs. Zul Amri, M.Ed., dewan juri, para tamu undangan dan dosen-dosen tenaga pengajar Jurusan Bahasa Jepang FBS UNP. dan diikuti oleh peserta dari mahasiswa dari masing-masing kampus se Sumatera Barat dan Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) se provinsi Sumatera Barat.

  • Penyerahan Ijazah Periode ke-102: FBS Bangga Lepas 329 Wisudawan

    Acara penyerahan ijazah wisudawan dan wisudawati periode 102 berjalan dengan lancar. Acara dilangsungkan di Medan nanBalinduang FBS UNP, Sabtu 7 Maret 2015. Acara dihadiri oleh Dekan, Pembantu Dekan, Ketua Jurusan, Sekretaris Jurusan, Ketua Prodi, staf FBS UNP, wisudawan dan wisudawati beserta orang tua. Acara dibuka dengan pembacaan ayat suci Alquran oleh Meri Ramadhani.

  • Pelatihan Kewirausahaan: Sudah Siapkah Melangkah ke Dunia Kerja?

    Sudah menjadi kegiatan wajib, dalam rangka melepas calon wisudawan dan wisudawati ke dunia kerja, Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang (FBS UNP) menggelar acara pembekalan kewirausahaan. Acara pembekalan tersebut diikuti oleh 329 calon wisudawan dan wisudawati pada 5 Maret 2015 di Teater Tertutup FBS UNP. Kegiatan ini dibuka oleh PD III FBS UNP, Drs. Esy Maestro, M.Sn.

  • Pembantu Dekan I FBS Luncurkan Novel Perdana

    Novel Tujuh Cinta si Anak Kampung karya Ermanto Tolantang diluncurkan pada 28 Maret 2014 di teater tertutup Fakultas Bahasa dan Seni. Novel yag ditulis oleh Pembantu Dekan I  FBS-UNP ini merupakan novel perdana yang diterbitkan FBS-UNP Press. Secara umum, novel yang memiliki 132 halaman ini lebih banyak menceritakan kisah penulis semasa kecil. “Menceritakan kisah anak kampung yang memiliki semangat yang tinggi dalam pendidikan sehingga bisa berhasil,” tutur penulis.

  • Penyerahan Anugerah Bahasa dan Seni FBS

    Bertujuan untuk memotivasi mahasiswa dalam berkarya, Fakultas Bahasa dan Seni memberikan Anugerah Bahasa dan Seni 2014 di gedung teater FBS UNP, Jum’at (28/3). Prof. Dr. Ermanto, M.Hum. menjelaskan pemberian anugerah yang diadakan pimpinan Fakultas Bahasa dan Seni dilatarbelakangi oleh banyaknya karya-karya yang selama ini tidak mendapat perhatian. “Kini kita dapat memberikan apresiasi terhadap mahasiswa yang berkarya,” terangnya.

  • Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah: Gelar Seminar Internasional

    Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia menggelar seminar internasional di teater tertutup FBS, Kamis (20/3). Seminar ini merupakan bentuk kerja sama antara Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah FBS UNP dengan Institut Pendidikan Guru, Kampus TUN Hussein ONN, Malaysia.

  • Beasiswa dan Bantuan Biaya Pedidikan Peningkatan Prestasi Akademik (PPA) Tahun 2014

    Berdasarkan surat Pembantu Rektor III Nomor 551/UN35/KM/2014 Perihal Permintaan Penerima Beasiswa dan Bantuan Biaya Pendidikan (BBP) Peningkatan Prestasi Akademik (PPA) tahun 2014, bersama ini kami mengumumkan kepada mahasiswa Universitas Negeri Padang yang ingin mendapatkan beasiswa dan bantuan biaya pendidikan Peningkatan Prestasi Akademik (PPA) dengan persyaratan sebagai berikut :

  • Dosen FBS Lolos Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat

    Sepuluh dosen Fakultas Bahasa dan Seni berhasil lolos  dalam Usulan Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat Mono tahun (IbM) tahun anggaran 2014. Prestasi yang diperoleh sudah tentu ikut mengharumkan nama FBS.

  • Wisuda Periode ke-99 FBS

    Pelaksanaan wisuda di Medan nan BalinduangFakultas Bahasa dan Seni  berjalan dengan lancar, Sabtu (8/3).  Pada wisuda periode-99, FBS meluluskan 282 wisudawan, diantaranya 110 wisudawan berasal dai jurusan Bahasa Indonesia, 81 wisudawan dari jurusan Bahasa Inggris, 32 wisudawan dari Seni Rupa dan 59 wisudawan dari jurusan Seni Drama Tari dan Musik. Selain itu, tercatat 54 mahasiswa yang lulus dengan predikat cumloude dan 52 wisudawan yang berhasil menamatkan masa studinya dalam jangka waktu 3,5 tahun.

  • Ajang Promosi Univeritas Utara Malaysia

    Bertempatkan di Medan nan Balinduang FBS, Universitas Utara Malaysia (UUM) menggelar Edutainment (Edukasi dan Entertainment) dalam rangka kerja sama dengan Universitas Negeri Padang, Kamis-Sabtu (6-9/3).

  • Pelatihan Kewirausahaan

    Bertempatkan di teater tertutup, FBS kembali mengadakan pelatihan kewirausahaan untuk wisudawan periode ke-99, Kamis (6/3). Acara ini merupakan suatu pembekalan bagi wisudawan yang akan memasuki dunia kerja selepas menyelesaikan masa studinya.

  • Wisuda FBS - UNP Periode 99

    Pelaksanaan wisuda periode 99 dilaksanakan pada Sabtu, 8 Maret 2014. sebanyak 282 orang wisudawan/ti diwisuda pada saat tersebut.

  • Pendidikan Bahasa Jepang Unjuk Diri dengan Bunkasai

    Program studi Pendidikan Bahasa Jepang gelar bunkasai perdana, Sabtu-Minggu (2-3/3) di Fakultas Bahasa dan Seni UNP. Bunkasai mengangkat tema 'dengan Bunkasai Kita Jalin Persaudaraan Antarbudaya'. Acara ini merupakan kegiatan unjuk diri dari program studi Pendidikan Bahasa Jepang yang berdiri pada 2012 lalu. Acara dibuka oleh Pembantu Rektor IV Dr. Ardipal M.Pd. mewakili Rektor UNP.

  • Pengumuman Bagi Wisudawan/wati Periode ke-99

    PENGUMUMAN

    Kepada calon Wisudawan/ti Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang Periode ke-99 tanggal 8 Maret 2014 untuk hadir pada:

  • Pengumuman Bagi Wisudawan/wati Periode ke-100

    PENGUMUMAN

    Kepada calon Wisudawan/ti Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang Periode ke-100 tanggal 7 Juni 2014 untuk hadir pada:

  • Audit Internal FBS

    Fakultas Bahasa dan Seni gelar Audit Internal sistem manajemen mutu ISO 9001:2008 di Fakultas Bahasa dan Seni, Kamis-Jum’at (27-28/2). Acara ini merupakan lanjutan dari penyegaran Audit Internal yang dilaksanakan Kamis, 20 Februari lalu. Acara dilaksanakan untuk melakukan evaluasi secara objektif dalam menentukan kesesuaian dokumen sistem manajemen mutu ISO 9001:2008 dengan yang telah dilaksanakan.

  • Beasiswa Van Deventer-Maas Stichting (VDMS)

    Diberitahukan kepada mahasiswa Universitas Negeri Padang yang ingin mendapatkan beasiswa VDMS, agar memenuhi persyaratan sebagai berikut:

  • Beasiswa Badan Amil Zakat (BAZ)

    Diberitahukan kepada mahasiswa Universitas Negeri Padang yang ingin mendapatkan beasiswa dari Badan Amil Zakat untuk memenuhi persyaratan sebagai berikut:

  • Beasiswa Bantuan Belajar Mahasiswa (BBM) UNP Tahun 2013

    Diberitahukan kepada mahasiswa Universitas Negeri Padang yang ingin mendapatkan beasiswa Bantuan Belajar Mahasiswa (BBM) untuk memenuhi persyaratan sebagai berikut:

  • Wisuda FBS UNP Periode 93 Tanggal 3 Maret 2012

    Pelaksanaan wisuda periode 93 dilaksanakan pada Sabtu, 03 Maret 2012. sebanyak 296 orang diwisudawan/wisudawati diwisuda pada saat tersebut.

    Rincian jumlah wisudawan berdasarkan program studi sebagaimana tabel berikut.