Fakultas Bahasa dan Seni

Strive for Excellence

Informasi Akademik

Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) mempunyai empat jurusan, yaitu (1) Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah, (2) Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris, (3) Jurusan Seni Rupa, (4) Jurusan Seni Drama Tari dan Musik (Sendratasik). Pada Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah terdapat satu program studi kependidikan dan dua program studi nonkependidikan, yaitu Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1), Program Studi Sastra Indonesia (S1), dan Program Studi Ilmu Informasi Perpustakaan dan Kearsipan/IIPK (D3). Pada Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris terdapat satu Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, dan Program Studi Bahasa dan Sastra Inggris. Pada Jurusan Seni Rupa terdapat satu Program Studi Pendidikan Seni Rupa (S1), dan Program Studi Desain Komunikasi Visual (S1). Pada Jurusan Sendratasik terdapat satu program studi yaitu Program Studi Pendidikan Seni Drama Tari dan Musik.
1. Tujuan Program Studi Kependidikan
  a. Mempersiapkan mahasiswa menjadi guru yang berwenang penuh dalam bidang studi Bahasa Indonesia untuk mengajar pada tingkat SLTP dan SLTA. Di samping itu, lulusan ini juga dapat bekerja di bidang lain selain guru seperti di bidang penerangan, jurnalistik, dan konsultan bahasa pada lembaga pemerintah atau swasta.
  b. Mempersiapkan mahasiswa menjadi guru yang profesional dan berwenang penuh dalam bidang studi Bahasa Inggris untuk mengajar pada tingkat SLTP dan SLTA. Di samping itu para alumni jurusan ini dapat pula bekerja di luar dunia pendidikan formal seperti membuka kursus Bahasa Inggris, menjadi pemandu turis, konsultan Bahasa Inggris, sebagai tenaga sekretaris dan penterjemah.
  c. Mempersiapkan mahasiswa untuk menjadi guru yang profesional dan berwenang penuh dalam bidang Seni Rupa untuk mengajar pada tingkat SLTP dan SLTA. Di samping itu, para alumni jurusan ini dapat juga bekerja di luar dunia pendidikan seperti konsultan interior dan eksterior, penasehat ahli pada usaha kerajinan, berwiraswasta di bidang reklame dan periklanan, sebagai pelukis, penasehat pematung dan lain-lain.
  d. Mempersiapkan mahasiswa untuk menjadi guru yang profesional dan berwenang penuh dalam bidang Seni Tari dan Musik untuk mengajar pada tingkat SLTP dan SLTA. Di samping itu, para alumni juga dapat bekerja di luar bidang pendidikan formal, seperti sebagai penari, pengelola sanggar tari, membuka kursus musik, tenaga konsultan musik, pelatih musik dan bekerja di bidang seni budaya, dan pada kantor pemerintah atau daerah.
2. Tujuan Program Studi Nonkependidikan
  a. Mempersiapkan mahasiswa agar mempunyai kemampuan akademik dan profesional dalam bidang studi Bahasa dan Sastra Indonesia yang dapat menerapkan, mengembangkan, dan menciptakan ilmu pengetahuan khususnya dalam bidang Bahasa dan Sastra Indonesia. Lulusan program ini diharapkan dapat bekerja pada berbagai bidang yang relevan di lembaga pemerintah, dan sebagainya. Di samping itu, lulusan juga dapat menjadi guru dengan mengambil akta IV di UNP Padang.
  b. Mempersiapkan mahasiswa agar mempunyai kemampuan akademik dan profesional dalam bidang studi Bahasa dan Sastra Inggris. Lulusan Program ini diharapkan dapat bekerja pada berbagai bidang yang relevan di lembaga pemerintah seperti pegawai negeri, atau swasta, konsultan bahasa, pemandu turis, penterjemah dan sebagainya. Di samping itu, lulusan juga dapat menjadi guru dengan mengambil akta IV di UNP Padang.
  c. Mempersiapkan mahasiswa agar mempunyai kemampuan profesional dalam bidang pengadaan, pengaturan, penelitian dan pendayagunaan semua jenis jasa Desain Komunikasi Visual (Diskomvis) serta memahami peran Diskomvis yang berkaitan dengan lingkungan sosial, ekonomi, teknologi dan politik.

FBS UNP

Jln. Prof. Dr. Hamka Kampus UNP Air Tawar Padang, Sumatera Barat - 25131
E-Mail : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
Homepage : http://fbs.unp.ac.id
Telp : 0751-7053363
Fax : 0751-7053363