Mahasiswa Sanggar Bahasa; Luncurkan Dua Buku Antologi dan Video Sanggar

Kampus Selatan (28/12). Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Tahun Masuk 2015 Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang melakukan kegiatan peluncuran buku antologi puisi dan antologi cerita anak. Selain itu, mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia 2015 juga menampilkan beberapa video puisi dan bercerita dengan tema yang berbeda dari yang sebelumnya.

Bayu Hartendi selaku ketua pelaksana, mengaku bahwa peluncuran buku dan penampilan video ini dilaksanakan tidak hanya sebagai tugas kuliah tetapi juga sebagai penampilan karya mahasiswa. Bayu dalam kata sambutannya menjelaskan, “pembuatan antologi buku dan video ini kita laksanakan tidak hanya semata-mata untuk memenui tugas mata kuliah Sangar Bahasa saja, tetapi juga sebagai bentuk kreatifitas dan inovasi kita dalam berkarya.”

Mata kuliah sanggar ini diampu oleh dua dosen pengampu mata kuliah yaitu Andria Catri Thamsin, M.Pd., dan Zalmasri, M.Pd. Dalam sambutannya, Andria Catri Thamsin, memberikan apresiasi kebangaan kepada mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2015 karena mampu menampilkan karya-karya yang bagus. Beliau menyatakan, “Saya sangat bangga dan sangat mengapresiasi karya kalian, karena saya tahu bahwa di dalam proses pembuatan karya ada banyak hal yang telah kalian korbankan dan kalian berhasil sampai sejauh ini dalam menghasilkan karya berupa peluncuran buku antologi dan penampilan video.”

Dalam peluncuran buku antologi puisi dan cerita anak serta penampilan video ini dihadiri tidak hanya oleh mahasiswa Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia atau Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah saja tetapi juga mahasiswa di luar Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah.    

Selain itu, Zalmasri juga menyampaikan di dalam diskusi Talkshow yang dipandu langsung oleh pembawa acara Tahta Lawna Sakti dan Bima Geofao menjelaskan bahwa tujuan dari tugas mata kuliah sanggar ini adalah berkarya tidak hanya mencari nilai semata.

Zalmasri menjelaskan, “Apa yang kalian tampilkan hari ini tidak hanya sebatas nilai bagi kalian, tetapi memperpanjang usia kalian dengan ini, sebab setelah kalian meninggalkan kampus ini sebagai alumni, kalian akan tetap dikenang melalui hasil dari karya-karya yang kalian buat dan tampilkan pada hari ini. Saya sangat bangga kepada kalian semua. Selain itu, melalui penampilan dan pelencuran ini kita berhasil membuktikan bahwa anak Bahasa Indonesia tidak hanya berkutat pada tugas yang berotientasi kepada nilai saja, tetapi juga bisa produktif dalam berkarya untuk negeri ini. (Syahrul Hamdani)