JBSI, kembali selenggarakan Festival Sastra Mursal Esten II

Kampus Selatan(13/11). Acara Festival Sastra Mursal Esten kembali digelar. Kegiatan yang diselenggarakan selama 2 hari oleh Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah (JBSI) Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) UNP ini merupakan serangkaian acara perlombaan untuk mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah.

Festival Sastra Mursal Esten II tahun ini mengusung 9 cabang perlombaan, diantaranya Lomba baca puisi, penulisan puisi, pewara, berbalas pantun, debat, penulisan cerpen, penulisan esai, monolog, dan mendongeng. Lebih kurang sebanyak 200 orang peserta yang berasal dari jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah ikut berpartisipasi menyukseskan festival ini.

Festival sastra ini menggunakan nama Mursal Esten sebagai penghormatan kepada kepada Almarhum Mursal Esten, salah satu tokoh sastra nasional sekaligus juga seorang guru besar di Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah.

Prof. Dr. Ermanto, S.Pd., M.Hum., selaku Wakil Dekan I Fakultas Bahasa dan Seni sekaligus dosen di jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah mengapresiasi kegiatan ini. Beliau menjelaskan “Festival ini mendapat apresiasi oleh dekanat-dekanat wilayah Sumatera dengan permintaan untuk mengadakan festival sejenis ini untuk umum. Kami berharap festival ini dapat terus berlanjut dan dibuka untuk mahasiswa lain di luar jurusan kita”, jelas Prof. Ermanto.

Kemudian beliau melanjutkan”Namun, tetap festival Mursal Esten ini diadakan di jurusan kita, artinya ke depannya ada dua festival, pertama untuk jurusan kita dan kedua untuk umum.” Tutup Wakil Dekan I FBS UNP. (Syahrul Hamdani)