Fakultas Bahasa dan Seni

Strive for Excellence

Selamat Datang di Website Resmi Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang

FBS akan Selenggarakan ICLA-6, Makalah Seminar Terindeks di Jurnal Internasional

Setelah dibubarkan Panitia International Seminar on Languages and Arts (ISLA) 5 Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Padang (UNP) oleh Dekan, Prof. Dr. M. Zaim, M.Hum., tahun 2017 FBS UNP akan menyelenggarakan Seminar Internasional yang terindeks oleh lembaga penindeks Internasional. Dekan FBS UNP, Prof. Dr. M. Zaim, M.Hum, mengatakan sesuai dengan amanat Rektor UNP, Prof. Drs. Ganefri, Ph.D., ketika membuka ISLA-5 tahun lalu, Ia menginginkan pertemuan ilmiah yang berskala internasional tidak hanya menghasilkan prosiding saja, tetapi makalahnya bisa dimuat di jurnal atau prosiding yang terindeks. “Tahun 2017 ini, FBS akan menyelenggarakan Seminar yang makalah dimuat di dalam jurnal atau prosiding yang terindeks”, jelas Dekan FBS.

Mengikuti perkembangan keilmiahan, tahun 2017 ini kegiatan pertemuan ilmiah yang semula dinamai ISLA (International Seminar on Languages and Arts) disesuaikan dengan nama ICLA (International Conference on Languages and Arts). Dekan FBS UNP, Prof. Dr. M. Zaim, M.Hum., menejelaskan untuk penyesuaian dengan perkembangan bidang keilmiahan, ISLA yang sudah kita selenggarakan sebanyak 5 kali kita lanjutkan tahun ini menyelenggarakan ICLA-6. “Pergantian nama kata “seminar” dengan kata “conference” tidaklah menjadi permasalahan, perubahan ini bertujuan untuk penyesuaian perkembangan bidang keilmiahan”, ungkap Prof. Dr. M. Zaim, M.Hum.

Kegiatan ICLA-6 FBS UNP diketuai oleh Prof. Dr. Atmazaki, M.Pd., berdasarkan musyawarah bersama di Ruang Sidang Fakultas, Rabu (18/1). Terpilihnya Prof. Dr. Atmazaki, M.Pd., sebagai ketua pelaksana ICLA yang akan memulai pelaksanaan seminar yang terindeks di jurnal internasional. Selain pemilihan ketua pelaksana, dipilih juga tim inti yaitu Prof. Dra. Yenni Rozimela, M.Ed., Ph.D., Indrayuda, S.Pd., M.Pd., Ph.D., Zulfhadli, S.S., M.A., Drs. Syafwandi, M.Sn., Yos Sudarman, S.Pd., M.Pd., dan Havid Ardi, S.Pd., M.Hum.  

Prof. Dr. Atmazaki, M.Pd., mengatakan bahwa untuk menyelenggarakan ICLA-6 FBS UNP, yang bisa menghasilkan makalah yang dimuat di jurnal yang terindeks internasional memerlukan kerja tim yang baik antara kita panitia. “Ada beberapa persyaratan yang harus kita penuhi yaitu diantaranya semua proses melalui web, pembicara utama minimal dari 4 negara, reviewer bereputasi internasional, standar bahasa Inggris yang digunakan harus bagus, dan persiapan pembiayaan prosiding”, jelas Prof. Dr. Atmazaki, M.Pd.

“Setelah tim inti dipilih, selanjutnya tim inti akan bekerja menentukan dan memastikan pembicara utama dan penyusunan kepanitian. Rapat bersama terkait pembicaraan kelanjutan kegiatan ICLA-6 FBS UNP, kita menunggu tindak lanjut dari tim inti yang terpilih”, tutup Dekan. (Jaya Nasa Perta)