Fakultas Bahasa dan Seni

Strive for Excellence

FBS Selenggarakan Workshop Kiat Menulis Buku Teks Perguruan Tinggi (PT) bagi Dosen

Dalam memperingati Hari Buku Sedunia Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Padang (UNP) bekerjasama dengan Penerbit Raja Grafindo Persada. Diselnggarakan diRuang Teater Tertutup Mursal Esten FBS UNP yang diikuti oleh dosen se-lingkungan FBS UNP. Jumat (29/4).

Mewakili Dekan FBS UNP, Wakil Dekan I, Prof. Dr. Ermanto, S.Pd., M.Hum., menyambut baik terselenggaranya workshop ini. Terselenggaranya kegiatan ini merupakan awal kerjasama yang baik antara FBS UNP dengan penerbit nasional yaitu Penerbit Raja Grafindo Persada.

Lebih lanjut Wakil Dekan I menjelaskan bahwa untuk menerbitkan buku tesk, bahan ajar, atau buku lainnya, dosen dalam menjalankan tri dharma perguruan tinggi perlu mempelajari dan mengetahui kiat-kiat menulis sehingga bisa menerbitkan buku atau menjadi seorang penulis buku. “Workshop penerbitan buku teks PT bagus dan bermanfaat untuk diikuti oleh dosen dalam mempelajari kiat-kiat menerbitkan buku”, ungkap Prof. Dr. Ermanto, S.Pd., M.Hum.

Dimoderatori oleh ibu Dra. Emidar, M.Pd., workshop ini mengundang Manajer Edtorial dan Produksi Penerbit dan Percetakan Raja Grafindo Persada, Bapak Embun Tiur Tantra dan Kepala Perwakilan Wilayah Riau-Sumbar-Kepri, Bapak M. Fuadin.

Bapak Fuadin dalam presentasinya menjelaskan bahwa menerbitkan buku teks, buku ajar, buku novel, dan lainnya tidaklah sulit. Banyak orang yang menganggap menerbitkan buku itu sulit disebabkan oleh masih banyak orang yang kurang percaya diri dalam menulis. “Untuk itu menulis tidak harus sendiri, bisa berdua dan berkelompok untuk memulai dan menghilangkan ketakutan dan rasa kurang percaya diri dalam menerbitkan buku tersebut. ”, terang Bapak Fuadin.

Sejalan dengan itu, Bapak Embun Tiur Tantra dalam presentasinya juga menyampaikan bahwa dari banyak buku yang diterbitkan dan dibaca oleh banyak orang, penulis dalam menulis buku harus mempunyai keunggulan tersendiri untuk bukunya layak dan dibutuhkan oleh banyak orang. Kecermatan nilai itulah yang harus dipelajari dan ketahui oleh setiap penulis.

Penerbit dan Percetakan Raja Grafindo Persada mempunyai aturan selingkung dalam menerbitkan buku salah satunya yaitu pilihan tema yang unggul, menjunjung tinggi kejujuran dalam etika penulisan atau tidak plagiat yang berhati dalam mengutip serta mencantumkan sumber kepustakaan.

Lebih lanjut Bapak Embun mengatakan, mengawali kerjasama ini “kami dari Penerbit dan Percetakan Raja Grafindo Persada bahwa penerbit menerima naskah dari Bapak/Ibu dosen dari hasil penelitian,  penelitian dan pengabdian atau disertasinya untuk disunting dan apabila sesuai dengan gaya penulisan naskah kami, itu akan bisa kami terbitkan”, tutup Bapak Embun Tiur Tantra. (Jaya Nasa Perta)