Fakultas Bahasa dan Seni

Strive for Excellence

Seminar Nasional Perpustakaan Bertajuk “Mewujudkan Layanan Pustakawan Berkualitas dan Profesional di Era Digital dan Kemajuan Zaman”

Mengusung tema “Mewujudkan Layanan Pustakawan Berkualitas dan Profesional di Era Digital dan Kemajuan Zaman” Program Studi (Prodi) Informasi Perpustakaan (IPK) dan Kearsipan dan prodi Perustakaan dan Ilmu Informasi (PII) Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Padang (UNP) seleanggarakan Seminar Nasional Perpustakaan. Mengundang 3 pemateri yang ahli di bidang Perpustakawan dan Digital, yaitu Bapak Wiji Suwarno, M.Hum., dari IAIN Salatiga, Bapak Taufik Asmiyanto, M.Si., dari Universitas Indonesia, dan Bapak Dr. Adoni, M.Si., dosen UNP yang sekarang menjabat Kepala Unit Pengelola Perpustakaan UNP, dengan diikuti oleh peserta yang berlatar belakang dosen, pustakawan, guru, dan juga mahasiswa. Kamis (27/4).

Seminar nasional perpustakaan ini diselenggarakan dalam memperingati Hari Buku Sedunia. Hal ini senada yang disampaikan oleh ketua prodi IPK dan PII, Ibu Elva Rahmah, S.Sos., M.I.Kom., dalam sambutannya. Dalam memperingati Hari Buku Sedunia, prodi IPK dan PII FBS menyelanggarakan seminar nasional perpustakaan.

Lebih lanjut Ibu Elva menjelaskan bahwa dengan mengusung tema yang mengaitkan perpustakaan dengan kemajuan teknologi merupakan isu yang sangat cocok dengan kondisi perustakaan saat ini. Kemajuan teknologi di era kemajuan zaman saat ini mendapat posisi penting pustakawan dalam mengelola perpustakaan, informasi, dan kearsipan. “Melalui seminar ini akan memberi manfaat bagi pustakawan dalam mengelola pustaka digital dengan kemajuan teknologi yang serba canggh saat sekarang ini”, jelas Ibu Elva Rahmah.

Pentingnya peran pustakawan sebagai mengelola perpustakawan di era zaman moderan saat ini tidak bisa dikesampingkan lagi. Pustakawan sebagai pengelola layanan penyedia sumber ilmu sangat berperan dalam mengarsipakan referensi dalam kemajuan dan pekembangan ilmu pengetahuan. Hal ini sejalan dengan ungkapan ketua Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah, Ibu Dra. Emidar, M.Pd., mengatakan bahwa perkembangan teknologi dan informasi yang semakin canggih mendapat bagian penting bagi pustakawan dan pelaku informasi.

Dibuka oleh Dekan FBS UNP, yang diwakili oleh Wakil Dekan III, Bapak Drs. Esy Maestro, M.Sn., menyampaikan bahwa fakultas sangat mendukung terselenggaranya seminar nasional yang sudah menjadi agenda tahunan prodi IPK dan PII. Dengan pesatnya kemajuan informasi di era digital sehingga peran perpustakaan sangat penting keberadaannya di tengah masyarakat akademis dan umum. “Apabila ada orang saat ini yang tidak kenal dengan perpustakaan itu berarti sangat keterlaluan dan meruginya orang tersebut. Ilmu tidak bagus dikembangkan sendiri, harus dibagi dengan dinformasikan kepada orang lain dengan tulis dan lisan agar bermanfaat dan berguna,” tutup Bapak Esy Maestro. (Jaya Nasa Perta)