Fakultas Bahasa dan Seni

Strive for Excellence

Selamat Datang di Website Resmi Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang

FBS Selenggarakan Pelatihan Pengelolaan Jurnal Online

Menghadapi pengelolaan sistem jurnal digital, di awal tahun 2017 Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Padang (UNP) mengadakan Pelatihan Pengelolaan Jurnal Online bagi Pengelola Jurnal Humanus dan Komposisi. Pengelola yang diundang adalah pengurus redaksi, editor, dan reviewer.

Pelatihan disi oleh Havid Ardi, S.Pd., M.Hum., sebagai pemateri yang menjelaskan tentang Open Journal System (OJS) dan Review. Lebih kurang 25 orang mengikuti pelatihan tanpak memenuhi Ruang Sidang Fakultas, Senin (16/1).

Dekan FBS UNP, Prof. Dr. M. Zaim, M.Hum., menyambut baik terlaksananya pelatihan ini. Pelaksanaan pelatihan ini guna memberi wawasan dan keterampilan kepada pengurus redaksi jurnal Humanus dan Komposisi untuk bisa mengelola sistem jurnal secara online. “Mudah-mudahan pelatihan ini bermanfaat bagi kita semua, dan pengelolaan jurnal online di FBS UNP dapat dioperasikan dengan baik”, harap Dekan FBS UNP.

Dalam pemaparannya Bapak Havid Ardi, S.Pd., M.Hum., menjelaskan bahwa OJS atau Open Journal System digunakan untuk mengatur aktivitas-aktivitas dan ruang lainnya yang termasuk dalam manajemen jurnal dan menerbitkan website. Sebagai contoh section editor hanya dapat melihat penetapan pengiriman kepada mereka yang dilakukan oleh editor. Pengguna perangkat lunak di OJS dapat memiliki lebih dari sistem aturan. “Dengan pelatihan pengelolaan jurnal online ini, redaksi jurnal online dapat mengoprasikan tugas dan fungsi masing-masing dengan sistem online” jelas Bapak Havid Ardi. 

Aret Vernando, A.Md., salah seorang peserta pelatihan tanpak senang sekali dengan adanya pelatihanan pengelolaan jurnal online ini. “Ia mengatakan dengan penyampaian materi dan praktik kerja pengelolaan jurnal online ini, akan memberikan petunjuk bagaimana cara kerja peran dan fungsi masing-masing posisi dalam sebuah redaksi jurnal online, seperti bagaimana tugas managing, editorial, review, dan juga staf”, tutup Aret. (Jaya Nasa Perta)