Fakultas Bahasa dan Seni

Strive for Excellence

Selamat Datang di Website Resmi Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang

FBS UNP; Kegiatan Outing Experiental Learning Picu Semangat Kerja Tim

Di area Lawang Park pada ketinggian 1250 Mdpl dengan suhu 14o C, agenda Sabtu (3/12) pagi tetap dilangsungkan kegiatan Outing Experiental Learning (kegiatan belajar dari pengalaman atau apa yang sudah dilakukan). Kegiatan ini bertujuan untuk memicu semangat kerja dan kekompakan bekerja sama dalam sebuah tim dalam mencapai tujuan bersama. Hal ini sesuai dengan dijelaskan oleh Redo Zandra, koordinator kegiatan out bond, HRD outbond management training. Kegiatan ini akan memunculkan bagaimana karakter dan kepribadian seseorang dalam kerja tim. “Dengan beberapa penugasan, keluaran dari kegiatan ini akan menuntun dan mengarahkan peserta sehingga memiliki semangat kerja yang tinggi dan kerja tim yang baik”, jelas Redo Zandra.

Kegiatan Outing Experiental Learning akan dilaksanakan dalam 4 penugasan. Masing-masing kelompok akan meyelesaikan penugasan dengan waktu tercepat dan pengerjaan yang paling baik. Secara sederhana 4 penugasan tersebut dinamakan Kereta Senja, Air Beracun, Bola Nuklir, dan Disain Bangunan. Secara umum penugasan-penugasan bermuara pada makna pemupukan kebersamaan dan kekuatan kerja tim dalam menyikapi masalah, dan menyelesaikan suatu masalah mencari solusi dengan strategi yang cerdas dan bijak untuk pencapaian tujuan bersama yang terbaik.

Hal ini dikuatkan oleh salah seorang peserta yaitu Wakil Dekan II FBS UNP, Dr. Yahya, M.Pd., yang juga terlibat aktif dalam permainan menjelaskan pelajaran yang dapat dipetik dalam beberapa penugasan tersebut yaitu ketelitian bekerja, membangun kepercayaan kepada rekan kerja, pentingnya berkomunikasi yang baik, perlunya kebersamaan, dan percaya pada diri sendiri. “Sebuah organisasi yang baik perlu sekali menerapkan hal-hal pelajaran yang terdapat dalam permainan tersebut untuk mewujudkan visi dan misi yang sudah ditetapkan oleh lembaga terkait sebagai tujuan bersama”, ungkap Bapak Dr. Yahya, M.Pd.

Pada akhir penugasan dilanjutkan dengan commitment building internal civitas akademika FBS UNP, bentuk permainan dimulai dengan pembagian tiga kelompok besar dengan masing-masing kelompok menyelamatkan cahaya lilin yang  tetap hidup dari garis awal sampai akhir dengan diberikan gangguan air oleh panitia penyelenggara untuk berusaha memadamkan api lilin. Pada akhirnya api lilin tersebut membakar tali untuk menurunkan lembar visi dan misi FBS UNP.

Dedi Hakim selaku koordinator kegiatan lapangan menjelaskan bahwa permainan tadi bermakna kebersamaan tim dalam menjaga semangat yang banyak mendapat gangguan dari lingkungan sehingga dengan semangat tersebut yang dilambangkan dengan api bisa mewujudkan visi dan misi sebuah organisasi sebagai tujuan bersama. “Secara tidak langsung dengan menjalankan peran dan posisi masing-masing semangat tersebut bisa melahirkan kebersamaan yang baik dalam pencapaian tujuan bersama”, tutup Bung Dedi Hakim. (Jaya Nasa Perta)

FBS UNP

Jln. Prof. Dr. Hamka Kampus UNP Air Tawar Padang, Sumatera Barat - 25131
E-Mail : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
Homepage : http://fbs.unp.ac.id
Telp : 0751-7053363
Fax : 0751-7053363