Fakultas Bahasa dan Seni

Strive for Excellence

Selamat Datang di Website Resmi Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang

Sendratasik FBS UNP Selenggarakan Seminar Jurusan

Menyandang mandat pengembangan ilmu pendidikan seni, drama, tari dan musik menyongsong Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) tahun 2016 Jurusan Seni, Drama, Tari, dan Musik (Sendrtasik) Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Padang (UNP) menggelar Seminar Jurusan Sendratasik. Seminar jurusan kali ini mengusung tema “Penguatan Pengetahuan dan Keterampilan Tenaga Pendidik dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA)”. Jumat (25/11).

Seminar kali ini bekerja sama dengan Universiti Pendidikan Sultan Idri (UPSI) Malaysia dan Universitas Negeri Medan. Tampil 4 orang pembicara kunci di Ruang Teater Tertutup Mursal Esten FBS UNP, yaitu Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd., Rektor UNIMED, Prof. Dr. Ardipal, M.Pd., Wakil Rektor IV UNP, Dr. Bazrul Bhaman, dan Dr. Mohd. Izwan Syahril dari Universitin Pendidikan Sultan Idris (UPSI) Malaysia.

Seminar Jurusan Sendratasik ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan profesionalisme tenaga pendidik ataupun calon tenaga pendidik jurusan Sendratasik menyongsong MEA. Hal ini dijelaskan oleh Ketua Pelaksana, Ibu. Dra. Nerosti, M.Hum., dalam sambutannya menyampaikan bahwa menyikapi isu MEA yang mulai berlansgung, perlu rasanya jurusan Sendratsik yang memiliki peluang yang sangat besar dalam isu ini. “Mengadakan seminar yang diikuti oleh guru, dan mahasiuswa UNP dan UPSI Malaysia ini bertujuan menguatkan pemahaman dan pengetahuan bidang ilmu Sendratasik dalam mengkaji peluang dalam era MEA”, jelas Dra. Nerosti, M.Hum.

Seminar Jurusan Sendaratsik ini merupakan seminar jurusan yang terakhir diselenggarakan oleh jurusan di lingkungan FBS UNP. Hal ini disampaikan oleh Dekan FBS UNP, Prof. Dr. M. Zaim, M.Hum., dalam sambutannya. Seminar ini merupakan seminar ke-4 yang diselenggarakan oleh 4 jurusan di FBS UNP. Fakultas dan Jurusan dalam mewujudkan visi dan misi universitas dengan konsisten sudah menyelenggraakan seminar baik untuk level nasional dan juga level internasional.

Lebih lanjut ddekan menjelaskan, tema yang diangkat dalam seminar ini sangat tepat dalam isu pembicaraan di tingkat PT di Indonesia. Menyikapi era MEA ini pendidik dan calon pendidik perlu peningkatan pengetahuan, wawasan, dan keterampilan untuk mampu bersaing di tingkat regional, nasional, dan internasional. “Semoga harapan Rektor untuk mengarahkan UNP mampu bersaing di tingkat internasional bisa terwujud, apalagi dengan hidup dan berkembangnya kegiatan ilmiah dan non-ilmiah yang selalu diselenggarakan oleh setiap jurusan dan fakultas”, ungkap Prof. Dr. M. Zaim, M.Hum.

Rektor UNP, Prof. Drs. Ganefri, M.Pd., Ph.D., dalam menggeser status UNP dari teaching universty menjadi research university selalu mendukung kegiatan diskusi ilmiah atau non-ilmiah yang diselenggarakan oleh fakultas dan jurusan. Lebih lanjut Rektor menjelaskan untuk meningkatkan publikasi ilmiah, kegiatan seminar seperti ini akan kita kemas dengan baik, sehingga makalah yang biasanya dicetak dalam bentuk procceding saja akan kita usahakan bisa dipublikasi juga pada jurnal internasional yang terakreditasi. “Universitas akan mengalokasikan dana untuk pengelolaan sistem seminar yang bisa menghasilkan publikasi ilmiah di jurnal internasional yang terakreditasi tersebut”, tegas Prof. Ganefri. (Jaya Nasa Perta)

FBS UNP

Jln. Prof. Dr. Hamka Kampus UNP Air Tawar Padang, Sumatera Barat - 25131
E-Mail : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
Homepage : http://fbs.unp.ac.id
Telp : 0751-7053363
Fax : 0751-7053363