Fakultas Bahasa dan Seni

Strive for Excellence

Selamat Datang di Website Resmi Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang

FBS UNP Selenggarakan Seminar Mahasiswa

Meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam menyongsong World Class University dan Masayarakat Ekonomi ASEAN, Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Padang (UNP) menyelenggarakan Seminar Mahasiswa tahun 2016. Seminar yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa menjadi pemakalah ini merupakan salah satu tujuan terlaksanannya acara ini. Hal ini sejalan dengan pernyataan Wakil Dekan III, Drs. Esy Maestero, M.Sn., dalam sambutannya menyampaikan bahwa pada dasarnya seminar mahasiswa yang dilaksanakan ini merupakan bentuk apresiasi dari pihak pimpinan fakultas kepada mahasiswa untuk memberikan kesempatan bagi mahasiswa yang ingin tampil mempresentasikan pemikiran atau idenya dalam sebuah diskusi ilmiah bersama mahasiswa lainnya.

Seminar yang bertajuk “Kompetensi Mahasiswa Menyongsong World Class University dan Masyarakat Ekonomi ASEAN” menampilakan 1 orang pemakalah utama yaitu Dr. Yenni Hayati, S.S., M.Hum., yang memaparkan makalah yang berjudul “Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis pada Mahasiswa dalam Menghadapi Era Globalisasi” dan 16 orang pemakalah pendamping yang menyajikan berbagai materi terkait peluang dan peran bidang ilmu jurusannya terhadap kontribusi menuju World Class University dan Masyarakat Ekonomi ASEAN. Sebanyak 100 orang peserta tampak mengikuti dengan baik jalannya seminar di Ruang Teater Tertutup Mursal Esten FBS UNP.Sabtu (19/11).

Seminar mahasiswa ini dibuka secara resmi oleh Wakil Dekan III FBS UNP, Drs. Esy Maestro, M.Sn., pada pukul 08.30 WIB. Dalam sambutannya Bapak Esy Maestro mengatakan dengan pelatihan seperti inilah mahasiswa bisa mendapatkan pengalaman dengan proses belajarnya menjadi orang hebat dalam hal ini berbicara di depan umum dalam diskusi ilmiah yang didengarkan oleh teman-temannya. “Pengalaman seperti ini, berbicara di depan umum memaparkan ide dalam sebuah diskusi ilmiah tidaklah mudah seperti yang dibayangkan”, tegas Wakil Dekan III.

Lebih lanjut Wakil Dekan III FBS UNP, Drs. Esy Mastro, M.Sn., berpesan dalam menyongsong world class university dan MEA harus memperbanyak kompetensi masing-masing. Terutama bagaimana melihat peluang terkait bidang ilmu masing-masing dengan mendayagunakan sebaik-baik mungkin dan memperbanyak soft skill-soft skill sebelum benar-benar terjun langsung dalam dunia kerja dan lingkungan masyarakat.

Pada pemaparan pemakalah utama, Dr. Yenni Hayati, S.S., M.Hum., terkait mahasiswa harus memiliki kemampuan dalam berpikir kritis. Zaman sekarang ini sedikit sekali mahasiswa mampu berpikir kritis terhadap persoalan atau isu-isu yang berkembang. Seharusnya mahasiswa sebagai kaum intelektual mampu berpikir kritis dengan mengikti isu yang berkembang dan melihat peluang dan mencari solusi yang bijak dan tepat. Untuk mewujudkan hal itu banyak hal yang harus disiapkan terutama wawasan dan kemampuan. “Berpikir kritis butuh wacana dan pengetahuan untuk mengkritisi sesuatu isu yang sedang berkembang”, jelas Ibu Yenni Hayati.

Dimulai pukul 08.00 WIB dan berakhir pukul 15.00 WIB dengan susunan acara mahasiswa mengikuti 4 sesi pleno dengan pemakalah yang menyajikan berbagai topik yang menarik. Salah seorang peserta Emeliya Batu Bara yang merupakan mahasiswa Jurusan Seni Drama, Tari, dan Musik mengatakan bahwa ia merasa seminar mahasiswa ini sangat menarik sekali diikuti. Hal ini selain disebabkan oleh materi yang disampaikan juga dikarenakan pemakalahnya merupakan mahasiswa yang sama-sama belajar dengannya di kampus. “Terdapat motivasi tersendiri menyaksikan seminar mahasiswa ini, tahun mendatang saya juga ingin tampil sebagai pemakalah menyajikan materi seperti pemakalah pendamping sekarang”, tutup Emel. (Jaya Nasa Perta)