Wirid Bulanan FBS UNP Bersama Ustad Sofyan Hadi

Sepertisetiap bulannya, di awal minggu setiap bulan Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Padang (UNP) selalu mengadakan wirid bulanan dengan mendatangkan penceramah agama. Bulan November, wirid bulanan diisi oleh Ustad. Sofyan Hadi. Wirid bulanan berlansgung di Mushalla Amanah FBS UNP, dengan diikuti oleh seluruh civitas akademika baik tenaga pendidikan, tenaga kependidikan, dan mahasiswa. Jumat (18/11)

Dimuali pukul 09.00 WIB wirid dibuka dengan pembacaan ayat suci alquran oleh salah seorang mahasiswa setelah itu dimulai penyampaian ceramah agama. Topik pembicaraan wirid bulan ini yang disampaikan oleh Ustad. Sofyan Hadi tentang "Pelaksanaan ibadah yang lebih baik". Pada peyanpaiannya Ustad. Sofyan Hadi mejelaskan bahwa untuk berbuat baik dan menjadi pribadi yang baik atau mengajak orang untuk berbuat baik bukalah perkara yang mudah atau instan, akan tetapi membtuhkan proses yang berkelanjutan yang bertahap-tahap. Untuk mencapai hal tersebut membutuhkan kesabaran dan pemahaman yang baik.

Melaksanakan ibadah dan meningkatkan kualitas ibadah yang baik harus mengetahui tata cara dan aturan ibadah yang benar. Keutamaan yang sunah dan yang waib harus dipahami dengan baik. "Barangkali selama ini kita belum banyak yang tahu, banyak hal kecil barangkali tidak pernah kita acuhkan untuk kekhususkkan ibadah. Islam adalah agama yang sudah mengatur sedemikian rupa untuk kesempurnaan dan kekhususkkan ibadah umatnya", jelas Ustad. Sofyan Hadi.

Dekan FBS UNP, Prof. Dr. M. Zaim, M.Hum., dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada seleruh civitas akademika yang mengahdiri wirid bulanan ini. Melalui pengajian ilmu seperti ini kita akan diingatkan yang terlupa atau diberitahu dari ketidaktahuan kita dengan berdiskusi dan lain sebagainya. Alhamdulilah wirid bulanan dari bulan ke bulan tetap bisa kita laksanakan dengan baik. "Semoga apa yang kita dengarkan dan kita dapatkan bisa kita amalkan dalam amalan kehidupan sehari-hari menuju pribadi yang lebih baik lagi ke depannya", ungkap Dekan FBS.

Dalam kesempatan itu juga, Prof. Dr. M. Zaim, M.Hum., sebagai Dekan FBS UNP juga menerangkan bahwa tahun 2016 ini merupakan tahun yang berkah bagi FBS UNP. 4 Program studi di FBS UNP mendapatkan akreditas A, pertama prodi. Pendidikan Seni Rupa, kedua, prodi. Pendidikan Pendidikan Bahasa Inggris, ketiga prodi. Sastra Indonesia, dan keempat prodi. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Dan saat ini kita sedang mengupayakan akreditasi 3 prodi lagi yaitu prodi. DKV, Pendidikan Bahasa Jepang, dan Pendidikan Bahasa Inggris untuk program magister.

Lebih lanjut M. Zaim menjelaskan bahwa dengan mendapatkan akreditasi yang baik tersebut, tentu bertambah lagi beban berat bagi kita untuk mempertahankan dan menjaga kualitas dan mutu pendidikan. "Untuk itu dalam mempertahankan prestasi tersebut mari sama-sama kita memulai dari hal kecil kembali menyadarkan untuk cinta kepada lingkungan sekitar dengan menjaga kebersihan kampus dan yang terpenting mewujudkan kampus UNP, khsusunya di FBS UNP menjadi kampus yang agamais dengan menerapkan nilai-nilai keagaman di lingkungan kampus", tutup. Prof. Dr. M. Zaim, M.Hum. (Jaya Nasa Perta)