FBS UNP Selenggarakan Kegiatan Training Motivasi

Setelah menyelenggarakan kegiatan Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa (LKMM) bulan lalu, bulan November Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Padang (UNP) menyelengarakan kegiatan Training Motivasi. Kegiatan training motivasi diselenggarakan selama 3 hari mulai tanggal 11 - 13 November 2016 di Aula Kampus IV Universitas Negeri Padang Cabang Bukittinggi. Terdaftar sebanyak 100 orang peserta kegiatan training motivasi yang merupakan mahasiswa tahun masuk 2016 dan 2015. Jumat (11/11).

Setelah sampai pukul 17.30 WIB di Bukittinggi, kegiatan diawali dengan kegiatan pembukaan pukul 19.00 WIB. Kegiatan training motivasi dibuka secara resmi oleh Wakil Dekan III FBS UNP, Drs. Esy mAestro, M.Sn., mewakili dekan FBS UNP. Tampak hadir juga Kepala Bagian Tata Usaha FBS, Teti Suarni, S.E., M.M., Kepala Sub Bagian Akademik dan Kemahasiswaan, Sri Mulyani, S.Kom., M.Sc., menghadiri kegiatan pembukaan. Bapak Esy Maestro dalam sambutannya menyampaikan bahwa pentingnya memulai sebuah aktivitas dalam hal ini aktivitas perkuliahan di perguruan tinggi dengan motivasi yang tinggi. Sehingga dengan motivasi tersebut akan muncul semngat menjalani aktivitas perkuliahan dengan giat.

Lebih lanjut Bapak Esy Maestro menjelaskan bahwa kegiatan training motivasi sangat bagus sekali bagi mahasiswa dalam mengenali jati diri masing-masing termasuk menggali potensi semangat mengejar prestasi untuk diarahkan pada arah yang tepat. "Selamat mengikuti kegiatan ini semoga memperoleh hasil yang baik, dan kegiatan ini hendaknya mampu memberi motivasi dari luar untuk memulai aktivitas perkuliahan di kampus", ungkap Drs. Esy Maestro, M.Sn.

Tampil 6 pemateri yang memberikan materi dalam kegiatan ini, pertama Prof. Dr. Mudjhiran, MS., Kons., materi berjudul motivasi belajar, kedua Nusirwan Djohar materi berjudul Menggapai Asa, Memutus Mata Rantai Kemiskinan, ketiga Prof. Dr. M. Zaim, M.Hum., materi berjudul Peran Mahasiswa dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan, keempat, Prof. Dr. Ermanto, S.Pd., M.Hum., materi berjudul Kiat Sukses di Perguruan Tinggi, kelima Dr. Yahya, M.Pd., materi berjudul Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Tinggi, keenam Drs. Esy Maestro, M.Sn., materi berjudul Strategi Implementasi Pendidikan Tinggi. Selama 3 hari peserta disuguhkan dengan materi-materi motivasi yang bertujuan membangkitkan dan memancing motivasi mahasiswa untuk melaksanakan aktivitas perkuliahan di kampus.

Salah satu pemateri Guru Besar Psikologi, Prof. Dr. Mudjiran, M.S., Kons., menyampaikan dalam materinya bahwa pentingnya motivasi dalam membangun diri secara baik dengan tujuan yang baik pula. Untuk itu mengenali diri dan potensi yang ada dalam diri sangat penting dilaksanakan dewasa ini. "Pelajari Motivasi, pupuk motivasi, untuk mencapai cita-cita, karena begitu kuatnya motivasi untuk menggerakkan sesuatu untuk mencapai tujuan", tutup Prof. Mudjiran. (Jaya Nasa Perta)