Fakultas Bahasa dan Seni

Strive for Excellence

Selamat Datang di Website Resmi Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang

Jurusan Seni Rupa Selenggarakan Pameran Tunggal Achyar Sikumbang

Mengapresiasi dosen yang sekaligus sebagai praktisi seni khususnya seni rupa, Jurusan Seni Rupa Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Padang (UNP) menyelenggarakan Pameran Tunggal Ackyar Sikumbang. Pameran Tunggal Achyar Sikumbang dihadiri oleh Kepala Taman Budaya Sumbar, Dekan FBS UNP, Wakil Dekan II dan III FBS UNP, Ketua PWI Sumbar, Ketua Jurusan, Dosen, Guru, Seniman, Budayawan, dan Sahabat-sahabat seperjuangan Achyar Sikumbang. Acara pembukaan yang bertempatkan di Lobi Gedung FBS UNP, dan pameran berlangsung di Ruang Galeri Adrin Kahar FBS UNP dimulai pukul 10.00 WIB, Senin (7/11).

Ketua Jurusan Seni Rupa FBS UNP, Drs. Syafwan, M.Si., dalam sambutannya menjelaskan beberapa hal terkait penyelenggaraan Pameran Tunggal untuk dosen senior Jurusan Seni Rupa, Bapak Achyar Sikumbang. Achyar Sikumbang selain berprofesi sebagai dosen di Jurusan Seni Rupa, beliau juga aktif dalam dunia tulis menulis, dan juga ilustrator di media cetak daerah. Atas gelutan sebagai praktisi seni Achyar Sikumbang pada bidang ilustrasi, lukisan, arsip tulisan seni, dan sketsa yang sudah digelutinya dengan apik dari tahun ke tahun sampai sekarang, Jurusan Seni Rupa menganggap pantas disematkannya penghargaan dalam bentuk penyenggaraan Pameran Tunggal karya Achyar Sikumbang. “Kelebihan beliau yang patut dihargai dan tidak bisa dikerjakan oleh orang lain yaitu pengarsipan tulisan berbaur seni rupa di media cetak yang ditekuninya lebih kurang 40 tahun belakangan”, tegas Ketua Jurusan Seni Rupa.

Ketua PWI Sumbar, Basril Basyar yang juga merupakan sahabat Achyar Skumbang turut memberikan sambutannya dan mengucapkan selamat atas Suksesnya Pameran Tunggal ini, semoga pertambahan usia tidak terlalu menjadi faktor untuk terus berkarya. Karikatur dan Ilustrasi saat sekarang ini sudah menjadi salah satu pilihan dalam media menyampaikan pesan atau inforamsi yang ingin disampaikan kepada publik. “Terus berkarya Achyar Sikumbang dengan karikatur dan ilustrasinya, hendaknya di Jurusan Seni Rupa ini akan lahir Achyar Achyar Sikumbang generasi mendatang”, harap Ketua PWI Sumbar.

Dekan FBS UNP, Prof. Dr. M. Zaim, M.Hum., yang memberi sambutan sekaligus membuka acara secara resmi memberikan apresiasi atas terlaksananya pameran tunggal yang diselnggarakan dari Jurusan Seni Rupa. Pameran tunggal ini merupakan bentuk kegiatan eksistensi para praktisi seni khusunya seni rupa yang masih aktif berkarya sehingga layak karyanya dinikmati oleh banyak orang dalam suatu momen khusus yang disediakan. Bahasa dan seni merupakan salah satu media yang sering digunakan dalam menyampaikan fenomena sosial di masyarakat untuk disampaikan kepada masyarakat banyak, bahasa yang menyampaikan lewat verbalnya dan seni menyampaikan lewat visualnya. Keduanya merupakan kesatuan yang sulit untuk dipisahkan, karena keduanya saling mendukung.

Lebih lanjut Dekan menjelaskan bahwa mendukung visi misi FBS untuk mewujudkan tujuan UNP menuju world class university, kita akan terus melaksanakan kegiatan akdeik dan nonakademik setingkat nasional dan internasional. Untuk kegiatan nonakademik seperti pameran, sudah dilaksanakan. “Bersama Pusat Kajian Humaniora, kami mengajak Jurusan Seni Rupa untuk melaksanakan kegiatan diskusi seni atau bincang seni setingkat nasional atau internasional yang mengundang praktisi seni. Sehingga akan keluaran dari acara tersebut bisa menghasilkan tulisan artikel ilmiah kesenian, khususnya seni rupa untuk dipublikasikan di jurnal internasional yang terindeks”, ajak Prof. Dr. M. Zaim.

Achyar Sikumbang mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang turut menyukseskan pameran ini. Pada dasarnya akademisi, seniman, kritikus, wartawan dan yang lainnya selalu bertolak dari kegiatan kampus. Perjalan saya mulai dari kampus ini, mulai menemukan jati diri kemudian mengembangkannya dengan baik, sehingga proses demikianlah yang membuat semuanya menjadi matang dan terasah. “Untuk menjadi orang itu tidak hanya dengan ilmu saja, akan tetapi kegiatan awal yang dari setiap proses akan menentukan hasil yang akan dinikmati di masa mendatang”, jelas Achyar Sikumbang.Pembukaan disimbolkan dengan Dekan pada papan simbol pameran dan gunting pita oleh Achyar Sikumbang. Tamu dan pengunjung yang hadir disuguhkan melihat karya-karya Achyar Sikumbang di ruang Galeri Adrin Kahar. (Jaya Nasa Perta)