Fakultas Bahasa dan Seni

Strive for Excellence

Selamat Datang di Website Resmi Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang

Jurusan Basindoda Gelar Festival Sastra Mursal Esten

Mewadahi dan mengapresiasi dan mengekspresi seni bahasa dan sastra mahasiswa sekaligus peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-88 yang bertepatan jatuh pada hari ini, Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah (Basindoda), jurusan Basindoda menggelar acara festival sastra. Acara ini dinamai Festival Sastra Mursal Esten. Festival Sastra Mursal Esten ini diikuti oleh sekitar 120 orang mahasiswa yang meliputi mahasiswa UNP, yang mengikuti 8 cabang perlombaan. Dekan Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Univeritas Negeri Padang (UNP), Prof. Dr. M. Zaim, M.Hum., membuka secara resmi Festival Sastra Mursal Esten tahun 2016 pukul 09.00 WIB di Ruang Teater Tertutup Mursal Esten FBS UNP, Jumat (28./10).

Penamaan Mursal Esten sebagai nama festival sastra ini dijelaskan oleh Dekan Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Univeritas Negeri Padang (UNP), Prof. Dr. M. Zaim, M.Hum., dalam sambutannya mengungkapkan kesetujuannya terhadap festival sastra ini dinami dengan nama Festival Sastra Mursal Esten. Bapak Mursal Esten merupakan dosen senior Jurusan Basindoda yang sudah berkiprah sebagai sastrawan dan kritikus sastra tingkat nasional. Berdasarkan rapat senat lalu, jajaran senat fakultas telah menetapkan Ruang Teater Tertutup tempat bersastra ini dengan nama Ruang Teater Tertutup Mursal Esten, dan hari ini juga Jurusan Basindoda melekatkan nama festival sastra dengan nama Festival Sastra Mursal Esten. “Hal ini merupakan bentuk penghargaan dari kita civitas akademika fakultas terhadap kiprah dan mengharumkan nama baik almamater dengan segudang prestasi di tingkat nasional dan internasional. Bapak Mursal Esten menekuni bidang kritik sastra dan sangat dikenal sebagai krtikus sastra nasional, untuk itu kepada mahasiswa mulailah menekuni satu bidang ilmu dan konsitenlah pada bidang yang ditekuni tersebut. Mari kita mencari jati diri kita dan menekuninya dengan konsisten. Dengan hal itu kita bisa dikenal oleh banyak orang”, ungkap Prof. Dr. M. Zaim.  

Fetival Sastra Mursal Esten tahun 2016 ini mengusung beberapa cabang lomba yaitu lomba baca puisi, lomba pewara, lomba monolog, lomba berbalas pantun, lomba debat, lomba menulis cerpen, lomba menulis puisi dan lomba menulis kritik sastra. Kegiatan festival pertama ini akan menjadi kegiatan tahunan jurusan yang akan dilaksanakan dari tahun ke tahun. Ketua panitia pelaksana, Dr. Yenni Hayati, S.S., M.Hum., menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada jurusan dan fakultas atas dukungan telaksananya acara festival ini. “Tahun pertama ini festival sastra dilaksanakan untuk level universitas, tahun mendatang akan dilaksanakan tingkat Kota Padang, Provinsi Sumbar, dan sampai tingkat nasional”, ungkap Dr. Yenni Hayati.

Ungkapan yang sama juga dilontarkan oleh ketua jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah, Dra. Emidar, M.Pd., yang menyampaikan kegiatan yang merupakan wadah ekspresi pada seni sastra dan seni dalam melatih kepekaan dan kehalusan berbahasa tahun mendatang akan dilaksanakan untuk level yang lebih tinggi. “Tahun mendatang kita akan menganggarkan dana kegiatan jurusan dan mengusahakan bagi pemenang terbaik akan kita berikankan tiket PP Padang-Bali”, tutur Ibu Drs. Emidar, M.Pd.

Dekan yang sangat mendukung kegiatan ini juga mengusulkan apabila kegiatan ini bisa dikemas pada level internasional. “Kita berharap Jurusan Basindoda menggarap kegaiatan atau event yang level internasional. Kegiatan festival sastra ini untuk tahun mendatang bisa kita kelola pada tingkat internasional karena bahasa Indonesia sudah dipelajari oleh lebih 40 negara di dunia”, ungkap Prof. Dr. M. Zaim. (Jaya Nasa Perta)