LKMM Wadah bagi Mahasiswa Memulai Persiapan Berorganisasi

Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa (LKMM) Tingkat Dasar kembali dilaksanakan oleh Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) UNP. Kegiatan yang dilaksanakan selama tiga hari mulai tanggal 14 sampai dengan 16 Oktober 2016 berlangsung di Mifan Water Park Padang Panjang diikuti oleh 100 orang peserta yang berasal dari Mahasiswa Bidikmisi tahun masuk 2016 dan ditambah dengan Mahasiswa Bidikmisi tahun masuk 2015.

Kegiatan LKMM tingkat dasar bertujuan untuk wawasan dasar bagi mahasiswa baru dalam mengawali kegiatan berorganisasi. Sebagai mahasiswa baru tentu dibekali modal dasar keterampilan manajemen mahasiswa, mahasiswa baru perlu untuk mendapatkan latihan seperti ini. Tujuan ini juga dikuatkan oleh Wakil Dekan I FBS UNP Prof. Dr. Ermanto, S.Pd., M.Hum., yang mewakili Dekan FBS UNP membuka acara LKMM Tingkat Dasar FBS UNP tahun 2016 secara resmi. "¬ĚKegiatan ini akan memberikan manfaat yang sangat bagus bagi mahasiswa baru untuk menyiapkan diri sebagai pemimpin organisasi mahasiswa (ormawa) baik itu ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ), ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) ataupun ketua Badan Perwakilan Mahasiswa (BPM) tingkat FBS UNP". Jelas Wakil Dekan I FBS UNP di Ruang Balairung Mifan Padang Panjang dalam acara pembukaan LKMM FBS UNP tahun 2016. Jumat, (14/10).

Bapak Prof. Dr. Ermanto, S.Pd., M.Hum., juga menyampaikan bahwa penjabat-penjabat di UNP, khusunya di FBS, seperti Rektor, Wakil Rektor, Dekan, Wakil Dekan, ketua dan sekretaris jurusan atau ketua prodi dulunya semasa kuliah juga merupakan orang-orang yang aktif dala dunia organisasi. Artinya, apabila kita menginginkan untuk menjadi orang hebat, mulailah prosesnya dari sekarang. "Keluaran dalam kegiatan ini hendaknya akan muncul mahasiswa yang memiliki disiplin tinggi, bertanggungjawab, mampu berkomunikasi dengan baik, dan dapat bekerja sama dalam kelompok", jelas Prof. Ermanto.

Latihan yang dilaksanakan selama tiga hari tersebut dibekali materi yang berkaitan dengan wawasan keterampilan manajemen mahasiswa yang disampaikan oleh pemateri yang berkompeten dalam bidang bersangkutan seperti materi tentang Perumusan Gagasan Awal, Penjabaran Rencana Kerja dan Kepanitiaan, Pengendalian Motivasi, Pengembangan Program Kerja, Peran dan Fungsi Lembaga Kemahasiswaan di Perguruan Tinggi, dan Pengenalan Universitas dan Fakultas Bidang Pengembangan Kemahasiswaan dan juga pelaksanaan outbond.

Pelaksanaan LKMM tingkat dasar ini juga dirasakan manfaatnya oleh peserta. Mai Hanum Sahef salah satunya, mahasiswa yang sekarang merupakan tahun masuk satu di Jurusan Sendratasik asal Solok Selatan ini mengatakan bahwa kegiatan LKMM yang diadakan oleh FBS ini memberikan banyak dampak yang positif bagi kami mahasiswa baru terutama dalam hal mengenali organisasi, manjemen waktu dan pengendalian diri yang baik. Dengan menghadirkan pemateri yang berkompeten dalam bidangnya, menimbulkan kesan baik dan tidak bosan saat mendengarkan penyampaian materi sehingga kami peserta termotivasi untuk sukses dan berhasil. "Dengan mengikuti kegiatan ini, saya pribadi menyadari bahwa saya harus menjadi pribadi yang baik dengan memberikan kontribusi dan berprestasi untuk negara tercinta, kampus UNP, dan khususnya FBS"¬Ě. tutup perempuan yang kerap disapa Hanum itu. (Jaya Nasa Perta)