ISLA-5; FBS Konsisten Selenggarakan Seminar Internasioanl Bahasa dan Seni

Konsisten menyelenggarakan seminar internasional semenjak tahun 2012, Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) sudah mengagendakan seminar yang bertaraf internasional tersebut menjadi kegiatan tahunan dari Kampus Selatan tersebut. Hal ini dijelaskan oleh Dekan FBS UNP, Prof. Dr. M. Zaim, M.Hum., dalam jumpa pers kemarin. “Sejak tahun 2012 FBS mencoba melaksanakan seminar internasional dengan mengusung tema yang sesuai dengan isu-isu yang berkaitan dengan persoalan bahasa dan seni untuk dibicarakan secara bersama. Tahun ini ISLA-5 mengusung tema "Positioning Technology and Theories in Studies and Pedagogical Aplication of Language, Art, and Cultur". Tema ini akan mendiskusikan bagaimana mengajarkan pembelajaran bahasa dan seni dengan era kemajuan teknologi. "Sebagai fakultas yang membidangi ilmu bahasa dan seni, kami akan siap melaksanakan perkembangan kajian ilmu pengetahuan baik dalam bentuk kegiatan akademik dan non-akademik. Tentunya hal ini perlu dukungan dari Rektor untuk mewujudkan cita-cita UNP menuju menuju world class university" jelas Prof. M. Zaim.

Sejalan dengan hal tersebut, Rektor UNP, Prof. Drs. Ganefri, M.Pd., Ph.D., mengapresiasi dan mendukung terlaksananya International Seminar Language and Art ke-5 ini. Hal ini sesuai dengan paparannya ketika jumpa pers yang diadakan di Ruang Sidang Rektor Universitas Negeri Padang. Prof. Ganefri menyampaikan bahwa kebanggaanya terhadap FBS yang selalu menyongkong universitas dengan melaksanakan kegiatan akademik dan non-akademik dalam membantu mewujudkan UNP menuju world class university. ISLA yang sudah dilaksanakan secara berkelanjutan ini, ke depannya kita berharap outpun kegiatan tersebut akan kita terbitkan pada penerbit jurnal yang terakreditasi. "Dengan banyaknya publikasi ilmiah UNP, akan memberikan dampak yang baik untuk kemajuan UNP, sehingga UNP akan lebih dikenal di mata masyarakat" harap Prof. Ganefri.

ISLA-5 tahun ini akan dilaksanakan di Hotel Pangeran pada tanggal 19 s.d. 20 Oktober 2016. Dengan menghadirkan pemakalah utama yaitu: (1) Prof. Dr. Irwan Prayitno, Psi., M.Sc., Gubernur Sumatera Barat (2) Prof. Balakrishnan Muniandy, Ph.D., dari Universiti Sains Malaysia (3) Dr. Anwar M. Radiamoda, M.A., dari Mindanao University of Science and Technology Philipina (4) Prof. Dr. Naoshi Uda, M.Eng., dari Waseda University Jepang (5) Prof. Pudentia MPSS., M.A., dari Universitas Indonesia (6) Prof. Manneke Budiman, Ph.D., dari Universitas Indonesia (7) Prof. Puad Abdul Hamied, Ph.D., dari Universitas Pendidikan Indonesia (8) Prof. Dr. Bambang Sugiarto., dari Universitas Parahyangan Bandung (9) Prof. Tengku Silvana Sinar, M.A., Ph.D., dari Universitas Sumatera Utara (10) Prof. Dr. Jufrizal, M.Hum. dari Universitas Negeri Padang. Peserta yang diikuti oleh akademisi dosen, guru, mahasiswa (S1), (S2), (S3) dan pemerhati pendidikan lainnya umasih bisa mendaftar langsung ke Sekretariat ISLA-5 di Lantai 2 Gedung FBS UNP. (Jaya Nasa Perta)