Fakultas Bahasa dan Seni

Strive for Excellence

Selamat Datang di Website Resmi Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang

Prof. Dr. M. Zaim Tampil sebagai Pembicara Utama dalam The 3rd AILA East-Asia and 2016 ALAK-GETA Joint International Conference

The Third AILA East-Asia and 2016 LAK-GETA Joint International Conference yang berlangsung di Honam University Gwangju Korea mengundang perwakilan persatuan guru-guru bahasa Inggris dari masing-masing negara wilayah ASIA-EAST. Prof. Dr. M. Zaim, M.Hum., sebagai Koordinator The Association of Teachers of English as a Foreigh Language in Indonesia (TEFLIN) wilayah Sumbar, Riau, dan Jambi, mewakili Indonesia diundang sebagai pembicara utama menjadi suatu kebanggan bagi Universitas Negeri Padang (UNP) khususnya Fakultas Bahasa dan Seni (FBS), karena selain sebagai dosen, Prof. Dr. M. Zaim juga sedang menjabat sebagai Dekan FBS UNP bisa tampil menyajikan makalah dalam konferensi yang bergengsi tersebut.

Selain kebanggan bagi universitas dan fakultas, Prof. Zaim sendiri juga merasa senang dengan diundangnya sebagai pembicara utama dalam kegiatan kajian perkembangan ilmu pengetahuan yang bergensi di Korea tersebut. “Saya merasa senang bisa mewakili Indonesia pada konferensi yang dihadiri oleh para ahli bahasa Inggris dari berbagai negara termasuk guru-guru bahasa Inggris di Korea, Cina, dan Jepang”, ungkap Prof. Zaim.

Selama 3 hari dimulai tanggal 9-11 September 2016. Pemakalah dan peserta disibukkan dengan kegiatan school visit, workshop, and symposium. “Sangat menarik sekali seminar dan konferensi yang dilaksanakan selama 3 hari di Korea kemarin, kami diberi kesempatan untuk melihat langsung di lapangan kondisi pembelajaran Bahasa Inggris di SD, SMP, dan SMA di Korea. Dengan hal itu, kita bisa membandingkan dengan kondisi pembelajaran bahasa Inggris di negara masing-masing”, terang Prof. Zaim. 

Lebih lanjut Prof. Zaim juga menjelaskan bahwa workshop yang dilaksanakan disana dimulai dengan penyajian materi oleh narasumber, dan peserta diminta untuk mengembangkan terkait materi apa yang disajikan sesuai dengan kondisi pembelajaran masing-masing negara. Konferensi ini menghadirkan narasumber dari berbagai negara seperti Dr. Daniel Perrin dari Zurich University of Applied Sciences, Vice President of AILA, Dr. Gabriele Kasper dari University of Hawaii at Manoa, Dr. Hyukseung Kwon dari Seoul National University, and Fomer President of ALAK.

Dalam konferensi yang bertemakan “ELT and Applied Linguistics in a Cobalizing Asia: Opprtunities and Challenges”, Prof. Zaim menyajikan makalah yang berjudul “An Integrated Model of Intensive and Extensive Reading Strategies Teaching Reading for EFL University Students: Current Practice and Future Possibilities”.  (Jaya Nasa Perta)