Fakultas Bahasa dan Seni

Strive for Excellence

Selamat Datang di Website Resmi Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang

FBS, Selenggarakan UNP World Ritual Music Festival 2016

Jurusan Seni, Drama, Tari dan Musik (Sendratasik) Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Padang menggelar festival musik ritual tingkat internasional. Festival musik ritual ini merupakan festival pertama kali yang pernah di adakan di Indonesia. Pernyataan tersebut disampaikan oleh kurator seni musik, Irwansyah Harahap lewat pernyataan Drs. Wibrayadi, M.Sn., ketua pelaksana dalam jumpa pers yang diadakan di Ruang Sidang FBS. Drs. Wimbrayadi, M.Sn., menambahkan bahwa sepanjang sejarah dan penjelasan dari kurator, belum pernah di Indonesia diadakan festival musik, UNP pertama kali mengadakan festival musik ritual.  Musik ritual yang diangkat pada festival ini merupakan ritual berbasis islami, sesuai dengan adat minangkabau yaitu adat basandi syarak syarak basandi kitabullah. Untuk itu kami membatasi ritual yang dipentaskan yaitu ritual Islam. “Berdasarkan email yang masuk, sangat banyak sekali kelompok seni di luar sana baik dalam negara maupun di luar negara  yang berminat untuk mengikuti kegiatan, tetapi kami hanya membatasi ritual yang berbau budaya Islam”, jelas Wimbrayadi. Selasa (30/8).

Sebanyak 3 negara berpartisipasi dalam festival musik ritual ini, kelompok Penjman Jahanara dari negara Iran, kelompok Hulubale dari negara Malaysia, sedangkan Indonesia menampilkan kelompok Suarasama (Indonesia), Jivaraga (Bali), Mirah Delima (Universitas Almuslim Bireun Aceh), Tabiek (Unimed), Flame Percussion (ISI Padang Panjang), Artcrebencoeleen Percussion (Universitas Bengkulu), Sakeco (Sumbawa), Djailani (UNPAS Bandung), Areca Ansamble Musik (UIR Riau), Linsay (Herlinda Mansyur UNP), Kelompok Kreatif FBS (UNP), ISBI (Aceh), Dody Kholid (UPI Bandung), UNNES (Semarang).

Festival musik ritual berlangsung mulai tanggal 1 s.d. 3 September 2016 pada malam hari di Medan nan Balinduang Pendopo FBS UNP Air Tawar Barat. Gubernur Sumatera Barat, Prof. Dr. Irwan Prayitno, P.Si., M.Sc., mndukung dan sangat apresiatif sekali dengan diadakannya Festival Musik Ritual tingkat Internasional oleh UNP. Hal ini lewat tuturan yang disampaikan oleh Dekan FBS, Prof. Dr. M. Zaim, M.Hum., saat jumpa pers di Ruang Sidang FBS UNP. Untuk itu acara diawali dengan makan malam di Aula Gubernur Sumatera Barat yang diundang oleh Gubernur Prof. Dr. Irwan Prayitno. Pembukaan dimulai pukul 20.00 WIB dengan grand opening oleh Gubernur Sumatera Barat, Prof. Dr. Irwan Prayitno, P.Si., M.Sc., dan dilanjutkan penampilan peserta dari macanegara.

Dekan FBS UNP, Prof. Dr. M. Zaim, M.Hum., menyampaikan bahwa acara festival ini merupakan salah satu program FBS yang mengelola bidang bahasa dan seni. Adanya festival ini merupakan wujud dan dukungan nyata dari fakultas untuk universitas menuju World Class University. Lebih lanjut Dekan FBS mengatakan bahwa kita menginginkan perguruan tinggi di daerah-daerah ini tidak hanya dikenal di tingkat nasional saja, hendaknya dikenal di tingkat Asia Tenggra dan juga Dunia Internasional. “Apabila festival ini berjalan dengan baik, ke depannya kita akan jadikan festival ini menjadi kegiatan tahunan fakultas, seperti kegiatan ISLA yang sudah masuk tahun ke lima dan ISELT sudah masuk tahun ke empat. (Jaya Nasa Perta)